Thursday 9 July 2020

sebelum Mbak Karona lewat


Karena kemaren udah ke Japang, tetep kan penasaran pengen ke Kroya juga yang notabene cuman 2 jam pesawat dari Japang, dan sama aja jauhnya dari Jakarta sih. Trus gw punya temen yang ngebet ingin lihat salju juga. Jadilah kita berencana jahat ke Kroya antara Desember atau Januari. Bulak-balik bandingin harga, fasilitas, persyaratan, dsb, dst, dari tiap travel yang menyediakan paket jalan ke Kroya, akhirnya kita mantap menentukan satu travel. Apalagi setelah katanya ngurus visa cuman pake Kartu Keluarga doang. Ada jalur ngurus visa baru gitu lah pas kita teliti lebih lanjut, e-visa apa ya namanya... Udah lah kita kirim KK dan biaya turnya sebulan sebelum jadwal tripnya sambil H2C nunggu approve cuti.


Eh beberapa hari kemudian mereka dengan semena-mena membatalkan trip karena katanya kurang peminat.


OH MY GOD...!


Chanda.


Tapi travelnya gak aneh-aneh sih, beberapa hari kemudian langsung dibalikin si biaya turnya.


Uangnya balik tapi malah gak lega. Hufffffffffffffffffffffffff...


Trus dengan sisa waktu 3 minggu ini, kita pusing cari-cari travel lain yang persyaratannya semudah travel awal ini, dan gak nemu. Semuanya mempersyaratkan full sesuai sama permintaan Kedubes-nya. Mulai dari izin dan sponsor kantor sampe rekomendasi bank kalo duit kita banyak.


Akhirnya, nyerah deh. Diundur aja sampe akhir tahun 2020 lagi. (terus ada Mbak Rona lewat. Hmmm.)


Tapi udah kepalang izin cuti... Dan alasan lebih jahatnya lagi adalah karena mau menghindari acara family (baca: employee) gathering kantor yang tak seberapa itu tapi diwajibkan sama bos-bos kantor udah kayak sholat.


Akhirnya kami memindahkan rencana jahat ke negara yang deket non-visa yang kayaknya seru yaitu Thailand. Kata Si Kawan awalnya: “Yaudah lah numpang tidur di Thailand juga gak apa-apa...”


Trus gw coba cari hotel dan pesawat yang oke. Tanggalnya tetep menyesuaikan acara kantor tak seberapa itu yang katanya bakal diadakan 16-17 Januari. Nginep, di desa, 5 jam dari kota, acara utamanya arung jeram. Hufff males banget. Yaudah akhirnya pesen pesawat CGK-BKK tanggal 15 Januari dan pulang tanggal 18 Januari. Pesen hotel juga 3 malam. Gak ngerti neighborhood di Baengkhak sama sekali untuk pesen hotel, trus searching-searching dikit akhirnya pesen di daerah namanya Sukhumvit, dan pesen Hotel Ibis yang franchise-nya di mana-mana sehingga gak merasa beli kucing dalam karung. Hotel ini juga emang yang paling atas pas buka Agodes sih.


Lalu, seminggu sebelum rencana jahat kami terlaksana dan telah finalisasi, orang-orang kantor mengumumkan kalo acara kantor malah diundur ke tanggal 20-21 Januari. Trus gw WA si kawan: “kalo acaranya diundur berarti tetep harus ikut acara kantornya dong???” HUAAAA bete...


Tapi yaudahlah ya yang penting jalan-jalan ke tempat baru...

BTW kalo penasaran, ya kami terpaxa ikut si employee gathering itu. tapi di sana cuman gogoleran aja karena gw parno ikut arung jeram. Si Kawan sih ikut aja, namanya banci beneran, eh, banci foto. Waktu ke Green Canyon aja gw gak berani berenang apalagi loncat dari batu-batu tinggi itu. Jadinya nangkring aja di kapal sampe jemput lagi yang pada loncat. Aman sih pake pelampung juga. Tapi takut keram aja kaki, bisa berabe dan nyusahin orang...
acara utama selain arung jeram dan karaoke bikin sakit kuping karena keras banget:
bakar jagung


fotografer males in action
Balik lagi ke cerita utama, kan cuti Senin-Jumat, tapi baru berangkat ke Bhaengkhak Rabu. Gak seperti kisah sedih waktu mau ke Japang, cutinya gak kena potong tiba-tiba sebelum cutinya mulai... Alhamdulillah... Akhirnya ku pulang ke Jakarte pagi-pagi tanggal 11 Januari bertemu, menjalani kisah cinta ini, naluri... eh... kebawa-bawa. Kebetulan malemnya ada sepupu nikahan juga di Jakarte jadinya cocok lah tanggalnya.













Gw males sih mau bilang ke abang dan kakak mau ke Thai, jadi bilang sama Madam doang biar minggu malem langsung pulang ke Bandung aja, karena gw gak bawa baju lain selain yang mau dipake di Bhaengkhak. Trus tujuan utama mau ke Bandung adalah mau ngurus rekening yang error, juga mau ganti kartu debit yang udah kadaluarsa.


kok ini lumayan keren? waktu itu ke mol di bdg gak ada hiks (mapemall.com)
Ada 2 hari di Bandung nih sebelum kudu ke Cengkareng hari rabu pagi. Selain ngurus bank, sebenernya mau beli sepatu (HAH??? SEPATU LAGI??? TOLONG LAH JA!!!) buat jalan. Karena dari Bengkulu ke Jakarta pake celana bahan dan sepatu formal, mengingat tujuannya mau ke kawinan dan gw gak bisa bawa koper jadi gak bisa bawa macem2 baju. Di Bandung gak ada sepatu yang nyaman buat jalan jauh, adanya Naiki model Erjorden yang kegedean karena disumpel insole 3 senti ( malah kalo mau lebih bisa sih...), sepatu Kives yang dari sananya udah berhak 7 senti, sepatu Klarks ala-ala yang sebenernya terlalu ngepas karena bikin sama orang dan ngasih ukurannya underestimate kaki sendiri, sama sendal Birkenstak yang solnya keras banget.


Kepikiran mau beli Skecer karena ya lucu aja dan bisa kalo mau dipake tugas, tapi, kok, ya, modelnya gak ada yang menarik hati. Yang kepengen malah yang model dad-shoes-nya, tapi warnanya kurang menarik dan sole-nya kurang tebel (HALAH). Pada akhirnya berhasil menahan khilaf beli sepatu baru dan pake Naiki Erjorden aja buat ke Bhaengkhak.






15 Januari 2020:

Pesawat kan jam setengah 2 siang, berarti dari Bandung pagi. Pesen travel gak tau enaknya jam berapa, trus pesen ke travelnya katanya masih estimasi 5 jam, dan orang travelnya nyaranin naik travel yang jam 5 pagi. Duh PR. Yaudah bangun jam 3, berangkat setengah 5. Berharap macet karena ikutin arus bekasi ke jakarte, eh, sampe jam 8 juga kzl. Udah gitu si kawan gak jelas lagi mau berangkat jam berapa dari rumahnya karena merasa dekat ke bandara dari Jakbar. Akhirnya beliau sampe jam 11.45. Langsung check-in dan masuk boarding room deh.


Di boarding room bareng sama yang ke Sepur. Ada tante-tante yang gayanya wuih, tas Berkin, sepatu Lubutang, jas Gentong, tapi agak alay sih jadinya terlihatnya. Etapi keluarin HP iPun 11 dan lipstik Shyenell. Nampaknya nungguin flight ke Sepur naek Batique juga, bukan ke Bhaengkhak naik Thailiong kayak kami. Oh, gak jadi julid karena kayaknya asli semua deh... LOL!


Kami duduk deket pintu darurat yang belakang, trus si kawan hadep-hadepan sama satu pramugarinya saat take-off dan landing. Agak bingung tiap mereka ngomong karena pramugarinya semua orang Thai, pengumuman pake bahasa Thai dulu baru Inggris. Tiap liat cewe cantik orang Thai pasti kita pada ghibah, ini asli cewe atau bukan. YaTuhan... penting banget. LOL. Dan pramugari yang duduk depan kita ini gak luput dari ghibah, abis idungnya mancung tapi lobang idungnya gede banget. Gw belain dengan bilang “kalo operasi idung yang ada lobangnya jadi kecil kalee...”


Sampe di Bhaengkhak udah jam 7an malem. Sebelum pergi, kami sempet tanya temen
liong group mampirnya di sini semua.. (agoda.com)
yang udah pernah ke sana, rekomendasinya (loh kondisi kriteria akibat sebabnya kemana? #halah) enaknya dari bandara naik shuttle bus ke BTS station, trus naik BTS itu ke stasiun deket hotel. Sengaja juga pesen hotel yang deket stasiun biar ke mana-mana gampang. Sebelum berangkat kemaren sempet liat gugelmaps katanya dari bandara kudu naek taksi/Greb ke stasiun BTS trus baru naik BTS itu, tapi mahal banget dah. Rate nya THB 250, tapi kata satu blog belum termasuk charge bandara dan biaya tol. Mungkin sekitar THB 500 lah ya total, baru worthed kalo jalan berempat. Shuttle bandara ke BTS dan BTS ke hotel cuman THB 74 aja, walopun emang cape kalo bawa-bawa koper secara naik-turun ke stasiun BTS-nya gak ada eskalator.

BTS station paling deket sama Bandara Don Mueang. Kayaknya bakal lanjut
sampe deket bandara sih si BTS ini, tapi blm jadi...(wikipedia.org)




Kami kan nuker uang dulu sebelum naek pesawat ke Thai. Tapi adanya cuman THB 1.000 di Bandung dan Jakarte. Sebelum cari-cari shuttle gw berinisiatif tuker uang ke Sevel beli makan malem dan cemilan. Pas bayar di Sevel, mbak-mbaknya baek banget ngasih kembalian pecahan THB 100 semua padahal belanjanya gak sampe THB 100 juga. Ngerti kali ya turis ke Sevel demi tuker uang. LOL!


shuttle dari bandara ke BTS Mo Chit (thaiest.com)
Oh iya, shuttle bus nya nyaman sih, ada AC. Tapi ada yang berdiri juga kmrn. Pas kami duduk ke bangku paling belakang, ada bule cowo Asian-American gitu kayaknya. Gak meratiin banget sih dia ngomong apa tapi kayak, tersesat gitu,,, gatau mau apa, mau kemana, gak punya paket internet di hp-nya pula. Maksudnya gimana sih? Apa ditinggal rombongan, apa emang iseng aja mau ber-khe-la-na (ngomongnya harus kayak Oom Rhoma).







Entahlah. Gw males aja takutnya dia ternyata semodel beg-packer gitu. Tapi duit sih kayaknya punya. Buktinya bisa bayar shuttle. Shuttle ini lumayan jauh juga walopun pas liat maps cuman luruuuuuuuuuuuus aja. Trus turun semua kayaknya di Stasiun Mo Chit, nama stasiun BTS-nya. Si bule ini juga turun, trus ada duduk depan dia sepanjang jalan, bule cowo Amerika gitu kali, kayak khawatir gitu sama si bule Asian-American ini, “lo jadinya mau kemana?” trus kayak dijawab: “yaudahlah gampang, gak apa-apa, gak usah khawatir” LOH…??? KZL.


kemaren turun di sini (thai2siam.com)
Setelahnya kan jalan sedikit menuju stasiun BTS Mo Chit. Stasiun yang kami tuju namanya Phrom Pong. Persahabatan bagai ke-Phrom-Pong... LOL. Simpel sih ada mesinnya, tapi benarlah inisiatif gw tuker duit di Sevel tadi. Di BTS gak semua stasiun ada mesin yang nerima uang kertas. Sekalinya si mesin nerima uang kertas maksimal pecahan THB 100. Well, ada loket sih kalo duitnya pecahan gede. Trus ada juga sih kartu semacam EZlink nya Sepur namanya Rabbit Card. Sempet baca-baca di internet juga, mau isi ulangnya ribet kudu antri di loket sambil tunjukin paspor. Belinya malah gatau di mana. Juga kata temen yang udah pengalaman ke sini, dia beli tiket sekali jalan aja terus, gak beli one day pass atau Rabbit Card tadi. Ternyata bener-bener butuh cash banget ya di Thai, gak se-cashless Sepur.


kemaren nginep sini.. (all.accor.com)
Setelah sampe Stasiun Phrom Pong, buka gugelmaps. Tinggal turun, belok kiri, jalan dikit, nyampe hotel. Setelah cek in, kami rapi-rapi dikit trus keluar lagi, tapi cuman cari makan malem aja. Daerahnya emang rame dan ada dua mall, Emporium dan EmQuartier. Kami cari yang simpel aja buat makan malem trus di EmQuartier ketemu foodcourt yang berjejer Rajaburger, Kentacky, dan Mekdi.







view hotel pas breakfast ke mall ini..(wikipedia.org)
Akhirnya pilih Mekdi aja (bukan karena gw mantan menejer Mekdi ya). Si Kawan katanya mau makan nasi. Duh mana ada Mekdi pake nasi di luar Indo... Yaudah akhirnyaa dia pesen paket ayam, filet, dan kentang. Gw pesen burger. Pas dateng kita bingung, kok pesenan Si Kawan dikit amat. Gw burger kentang minum, dia kayak cuman nuget/filet isi 4 biji, kentang, sama minum. Gw tanya ke mbak menejernya minta bill trus dia bilang bakal dianter. Taunya setelah 10an menit, dianterlah ayam buat Si Kawan. Oh iya tadi pesennya emang ayam 2 biji, filet gitu, kentang sama minum. Wah banyak banget jadinya. Sementara gw tetep burger doang. Udah gitu lebih mahal lagi, beda ampir THB 100. Nyesel deh. Mana tadi emang dikasih tau kalo ayamnya masih nunggu goreng jadinya bener-bener fresh from fryer. Etapi bill-nya tetep gak dianter sama mas-masnya. Gw minta lagi ke si mas-mas, baru dikasiin. Kan biar jelas SPJnya nanti, soalnya Si Kawan pake uang gw dulu biar gak ribet itungannya nanti katanya.


foto depan monumen raja gini boleh kan ya? heuheu, maap kalo gak sopan
Setelah makan, ampir jam 10. Mallnya udah mau tutup. Ya udah lah kami keluar dan muterin dikit daerah situ. Bener-bener ya di sini Raja dipuja banget. Fotonya di mana-mana. Trus ternyata deket situ ada juga dipajang kayak di altar gitu. Ternyata belakangnya semacam taman kota gitu namanya Benchasiri Park. Tapi karena udah malem cuman foto-foto depannya aja. Trus balik ke hotel deh...







Satu hal yang cukup menarik juga, pas naik BTS kan tiap berhenti dikasih tau ini stasiun apa, apa bisa transit pake MRT. Dan cara tulis nama stasiunnya cocok sama cara pronounciation-nya orang Indonesia. Jadi gak bakal dikatain kayak waktu gw ke Sepur pertama kali minta anter sama supir taksi ke Ke-ong Sa-ik Road die kagak ngarti karena harusnya bacanya Kong Syak Road. Paling yang beda agak jauh cuman Siam. Orang Indo ngertinya itu dibaca Si-am, tapi si mbak-mbak speaker BTS bacanya Seu-yam klo gak salah.

pertama ke Sepur nginep deket2 sini, Keong Saik Road (timeout.com)














16 Januari 2020:

ini sarapan tgl 17 nya sih...hahaha.
sosis, daging asapnya (kalo gak salah ambil) ayam atau kalkun..
Pagi ini diawali dengan sarapan di hotel, karena gak mau pusing cari-cari makan di luar jadi kemaren pesen kamar+breakfast. Gak nemu sih yang authentic Thai di sarapannya, emang American breakfast kayak roti, sereal, salad. Tapi ada bubur, tumisan juga. Berasa buffet di Indo aja sih, tapi ada yang pork gitu. Alhamdulillahnya tulisannya jelas terpampang nyata, jadi kalo harus dihindari ya gampang.










BTS pake kartu sekali pakai gini
Trus kami siap-siap dan galau sih, mau ke Royal Grand Palace gak, atau ke temple-temple-nya aja. Setelah liat di internet, gw bisa menyimpulkan kalo Royal Palace termasuk salah satu tempat yang wajib dikunjungi, tapi sekali aja cukup walopun ke Thai berkali-kali. Tiket masuknya termasuk mahal, THB 500, IDR250.000 aja. Tapi menurut review orang-orang tempatnya puennnnnuuuhhhhhh kayak pasar kaget, dan gak nyaman sehingga sebenernya tiket masuk itu gak worthed, walopun ada 2 obyek gitu di dalemnya. Ada palace-nya sama ada temple yang ada Emerald Buddha-nya. Palace-nya keren sih lapis emas gitu.










kalo MRT pake koin plastik gini
Tapi karena kami budget-cautious banget jadinya ke Wat Arun aja deh. Masuk cuman THB 50. Tuh kan jauh banget harganya! Wat Arun ini rame juga sih, dan ternyata pinggir sungai Chao Praya juga. Dan sebrangnya si Royal Palace itu. Gak semewah Royal Palace tentunya, dindingnya hanya ditempel-tempel keramik gitu kayak mozaik tapi rapi dan teratur sehingga aestetis...














one of unreleased Bangkok Trip photo,,
Emang agak salah sih ya kayaknya ke sini deket-deket jam 12 siang. Meleleh rasanya. Foto-foto jadinya gak ada yang ganteng karena baju gw sekitar lehernya udah ngerembes keringet semua. Tapi tetep semangat banget sih ambil foto dari semua sisi temple-nya. Trus mendekat ke arah sungai ada lahan pake rumput sintetis gitu. Bagus banget juga buat spot foto dengan background temple-nya.














gini la kira2 kapal murahnya, kalo di jalan
mungkin jatohnya angkot (thesolosightseer.com)
Selanjutnya bingung mau ke mana. Eh ternyata kalo kita mendekat ke arah sungai, kita bisa nyebrang ke temple satu lagi, yaitu Wat Pho. Biayanya cuman THB 4 aja. Iya IDR 2.000 perak. Kapalnya sih emang sederhana banget, tapi muat sekitar 50 orangan lah, dan pake motor juga. Nyebrangnya paling 5 menit doang. (UHUK OSAKA PORT TO USJ di post kemaren UHUK mahal gilak UHUK).






ini yang namanya Wat Pho (bestpricetravel.com)
Setelah sampe sebrang, disambut sama pasar gitu. Jual suvenir, buah, dll gitu deh. Agak jalan dikit baru ketemu Wat Pho. Di dalemnya ada patung Reclining Buddha. Trus saat searching-searching gitu ternyata Reclining Buddha ini ceritanya kalo gak salah pas Sang Buddha sudah mau wafat saat dijenguk umatnya gitu. Awalnya kirain pas Sang Buddha saat santai, kebiasaan, atau agar membumi di antara umatnya gitu. Agak sedih juga ya. BTW mau masuk Wat Pho harganya THB 200. Lumayan mahal juga sih ternyata. Trus kami gak masuk juga. LOL. Jalan aja menyusuri dinding Wat Pho, ternyata luas banget nget (apa itu nyambung sama Royal Palace gatau juga sih).


Terus setelahnya kita sampe di sisi lain Wat Pho dan banyaklah itu Tuktuk ngetem. Dari situ
back light banget, ngeditnya males rapi-rapi, gini aja lah
gw pengen ke Lhong 1919 yang katanya pertokoan yang ngehits banget. Karena bingung mau naek apa juga jadi nawar lah ke si supir Tuktuk. Dia gak mau kurang dari THB 160. Yaudah naek aja deh. Ternyata nyebrang Chao Praya lagi (ini sumpah bikin itinerary di tempat yang gw baru pertama kali ke sana ya gitu) (Di Sepur aja suka gak efisien sama sekali deng, LOL!). Merasakanlah sensasi naik Tuktuk setidaknya, mirip aja sih sama Bajaj kalo di Jakarte, cuman lebih terbuka aja.



waktu kami ke sana sih lebih sepi dari ini (travelawan.com)
Sampe di Lhong 1919, ih sepi. Jadi cuman semacam galeri dengan butik-butik kecil aja kayaknya. Tapi desain gedungnya emang tradisional, perpaduan China dan Thai gitu kali ya. Kami di situ cuman duduk ngeliatin orang aja. Trus di tengah-tengahnya ada altar dengan dupa gede banget. Ada yang foto-foto tapi keliatan bukan cuman buat feed IG tapi buat kerja. Atau semacam influencer bikin paid post gitu kali ya.. Kameranya sih SLR apa mirrorless sih bukan hp doang.. Ada juga yang baju tradisional lengkap ya tetep buat kerja sih kayaknya, bukan feed IG pribadi.



Trus dari situ ada kapal juga. Jadi sepanjang Chao Praya ada lah kayak angkot, ada shuttle juga. Dari Wat Arun itu kita bisa juga naek kapal ke poin-poin tertentu, apa Mall Icon Siam, stasiun BTS Saphan Taksin, Lhong 1919, dll. Tapi beda harganya sama nyebrang dari Wat Arun ke Wat Pho tadi. Kalo gak salah THB 60, 12x lipatnya lah. Wah parah ya?! LOL!

Dari Lhong 1919 kita ke Mall Icon Siam aja deh sekalian ngadem dan cari makan siang (entah super late lunch atau early dinner judulnya sih). Ternyata dari Lhong 1919 itu ada shuttle ke Mall Icon Siam, yang katanya mall paling keren paling hits paling lega saat ini. Dari Lhong 1919 itu, dia berhenti narik penumpang sekali di mana ya gak tau. Tapi setelah itu berhenti di Mall Icon Siam. Dan GRATIS! Untung lah, kalo dari Wat Arun tadi ya THB 60 klo gak salah...



di bonchon kami makan ini..
Pas sampe, kita cari makan dulu. Akhirnya ke Bonchon aja, karena yang lain gatau dan gak yakin juga ke-halal-annya. Si Kawan sih pemakan segala gak mikir. Lah gw? Lagian di Jakarte juga udah gak ada kan Bonchon kalo gak salah. Yang gw tau sih di Bandung udah tutup dan jadi Kunafe.








entah air mancur entah shower mandi.. LOL
Selanjutnya kita keliling-keliling mall. Trus nemu air mancur gitu dari lantai atap lantai 7 ke lantai 6. Keren lah...! Trus Si Kawan pengen keluar lagi foto pemandangan dari balkonnya mall. Kalo yang di lantai 6 harus pesen karena wilayah kafe gitu. Akhirnya ke lantai bawah-bawahnya, dan masuk Apple Store. Loh? Dan bener aja dari Apple Store bisa keluar ke taman yang view-nya Chao Praya. Foto-foto lah di situ sampe sunset.










balkon outdoor di depan Apple Store





















Fountain Show pas magrib..


Gw kan sebenernya mau keliling-keliling, mungkin khilaf belanja. Tapi si kawan ngeburu-buru ke lantai paling dasar tempat kita tadi turun kapal masuk ke mall. Rupanya karena ada fountain show yang disorot lampu gitu. Karena sempet nyasar jadi aja udah penuh sama orang. Seru sih, tapi akhirnya gantung, kayak sempet mati lampu gitu, tapi pas nyala lagi udahan shownya. Sebel. Akhirnya masuk mall sebentar karena gw pengen liat baju Champion dan sepatu MLB. Di Champion gak ada yang lucu, MLB cuman selewat doang. Huaaaa kalo gak ada Mbak Rona, udah balik lagi situ dan punya lah itu sepatu hak tebel MLB…(SEPATU LAGI???) huhuhu










Selanjutnya ke Asiatique. Naik shuttle ke Sathorn Pier yang koneksi dengan stasiun BTS
Saphan Taksin tadi, trus naik shuttle boat lagi ke Asiatique-nya. Kalo gak salah, GRATIS LAGIII...! Wihiw! Trus turun dan foto dengan background bianglala-nya. Si Kawan udah lelah kali ya, dia mau foto dari sisi yang sepi dan kosong deket tempat parkir. Tapi setelah liat fotonya, kok gini doang? Gw jawab, ya karena gini doang makanya gak ada yang mau foto dari sini. Setelahnya foto dari pertokoannya, karena lebih terang jadi ya lebih bagus lah ya...












Karena gerah banget, kita nyari toko es krim gitu. Awalnya mau beli jus-jus aja, tapi Si Kawan nemu toko gelato gitu. Yaudah deh sekalian nangkring dan karena kafe juga jadi ada AC-nya. Gelatonya lumayan lah, cuman salah pilih rasa aja sih gw. Gatau salah mulu pesen makanan dari kemaren di Mekdi.


lelah banget panas-panasan, terlihat juga dari mata merah pake soflen seharian
Selanjutnya karena seharian liat orang-orang pada pake celana gombrang dengan gambar gajah dari siang ke sore, kepingin lah kami. Di Asiatique itu banyak juga yang jualan celana gitu. Harganya THB 150 udah gak mau ditawar lagi. Huf. Di pergelangan kakinya kayak jogger pants gitu ada karetnya. Terus keliling-keliling, iseng masuk drug store ala Japang gitu. Si Kawan dititipin beli shampo MatahariSutra yang varian kelapa, dan juga beli sheet mask, selain beli minum. Di Asiatique itu padahal ada cabaret show juga, yang biasanya pemainnya transgender gitu. Tapi gak liat juga karena pasti mahal. Eh besok-besoknya malah penasaran... Huf...


Setelahnya langsung balik hotel aja deh. Kita naek free shuttle, berhenti di Sathorn Pier lagi dan lanjut naik BTS ke Phrom Pong. Pas ngantri di pier Asiatique, deket2 kita ada rombongan Oom-oom Tante-tante kulit putih pada pake bros yang sama. Trus ada Mas-mas yg muda nempel sama cewe (?) Asian gitu ya kayaknya asli Thai. Kayaknya sih baru nikah di Thai trus Oom-Tante itu keluarganya si Mas tadi. BTW, kenapa Cewe-nya pake (?) karena again, curiga. Tingginya sama kayak Mas Kaukasian, dan feature wajahnya tajem-tajem banget buat cewe (standar kami lah ya) (bukan maksud mendiskreditkan kaum transgender loh, tapi interesting aja. Jarang2 kan di Indo mah)


Sampe hotel. Kan sebelah pintu masuk hotel tuh Sevel. Iseng lah masuk lagi. Kayaknya gw beli Lays yang rasanya buat Thai market only sih, sama almond milk karena penasaran. Trus masuk kamar deh. Kalo kata Gugel timeline, sampe hotel udah 22.47, jadi kayaknya kami udah gak sanggup jalan sih.. Hahahaha






17 Januari 2020:

OOTD di Pratunam Market
Besoknya, seperti biasa, gatau mau kemana. Hahahaha. Akhirnya hari ini jadi hari belanja deh. Kami couple-an gitu pake celana gajah yang kemaren beli di Asiatique #halah . Awalnya mau ke satu mall deket2 Erawan Shrine, cari apa ya? Lupa. Oh iya, ada temen jaman menejer mekdi juga lagi acara ke Thailand dan mampir di mall ini (Big C kah ya namanya?) Oh mungkin karena di mall itu ada store mekdi nya. Lanjutnya ke pasar gitu, namanya Pratunam Market. Duhhh market2 outdoor di Bhaengkak, panasnya fuh. Rame pula kan. Di sini kami beli apa ya lupa. (Mohon maklum niat melanjutkan nulis blog baru ada setelah 5 bulan pulang dari jalan-jalannya). Oh iya, yg inget sih beli tempelan kulkas buat oleh2 temen. Dan Bos. Lainnya paling si kawan beli celana pendek gitu. Oh iyaaaa... gw tuh niat pengen cari sendal slide macem adidas nike gitu, tapi yang KW aja... Atau kalo ada malah semacam gucci princeton intinya yang KW. Gak nemu huhuhu.





biasa banget ya, rasanya juga biasa sih..
Selanjutnya karena berasa ampir kena heatwave, kami masuk ke mall namanya Platinum Fashion Mall. Masih dalam niat cari slide atau mules yang tadi, karena ternyata sepatu Naiki Erjorden gw sama sekali gak nyaman dipake jalan lama-lama. Huf. Trus sambil ngadem kita ambil duit ke ATM, karena udah mau abis aja cash Baht-nya lah. Kepake buat transport dan bela-beli di pasar yang tentunya gak nerima card. Setelah, eh sebelumnya deng, cari makan dulu karena udah late lunch banget waktunya ternyata ya... Gw pesen Pad Thai karena salah satu menu yang wajib banget dicobain. Sebenernya katanya lebih enak kalo belinya di pasar yang tradisional banget dibanding foodcourt mall. Cuman, yaudalahya...

Minumnya kelamud... Sebenernya kurang puas karena kurang banyak. Tapi milih ini juga restonya karena halal-friendly gitu sih klo gak salah. Si Kawan pesen kelapa juga cuman kalo gak salah jadi kayak eskrim apa es serut gitu sih. Makanannya lupa apa...



depan Central World ada Erawan Shrine
Selanjutnya pindah mall ke mall sebelahnya yaitu Central World. foto-foto dulu depan Erawan Shrine. semacam altar buat ibadah ke tiga Dewa Hindu (kalo gak salah). Again, maaf ya kalo selfie depan altar gini taunya gak sopan,,, Tujuan ke Central World ini sebenernya karena waktu ke Japang malah gak inget beli tas Anehlo buat Mamih (yang jelas-jelas "made in Japang"), eh ternyata store resmi yang jual di Bhaengkak pabalatak, salah satunya di mall ini. Yaudah cari tokonya deh. Agak susah ya komunikasi sama yang jaga toko di sini walopun pake enggris. Awalnya nemu di stand gitu, yg dijual walaupun diskon kan terbatas barangnya. Trus nanya, tokonya di mana? Sampe keliling2 baru ketemu ternyata dalem department store, bukan free standing store gitu. Huf. Akhirnya beli tasnya, dan Si Kawan juga berhasil diracunin untuk beli juga.





bukti kekhilafan














gini lah nampak tempat pijetnya..
Selanjutnya kita langsung balik ke hotel, karena Si Kawan pengen nyobain pijat di satu dari salon pijat yang pabalatak deket hotel. Trus kita akhirnya pilih satu salon yang harganya reasonable lah ya ada paketnya pijat kaki dan kepala. Sebenernya gw bukan orang yang seneng dipijat, tapi ya, boleh lah sekali-kali. Pelayanannya sih bagus, tapi pada akhirnya si kawan komplen ke gw karena gak berasa apa-apa. Iya gw juga sih efeknya cuman kayak 10 menit dari selesai pijat deh.












Selanjutnya kami cari makan malam. Udah jam 10 lewat juga kayaknya jadi gak bisa juga masuk mall. Trus gw nemu resto ramen gitu deket-deket hotel (gak inget foto sama sekali jadinya lupa nama restonya apa. Huks...). Kayaknya cuman satu itu sih yang representatif. Again, kenapa gw lebih parno makan di sini ya daripada di Singaparna mengenai ke-halal-annya...? Well, mungkin karena they don’t really consume beef kali ya, namanya mayoritas Hindu (apa Buddha ya? kayaknya 22nya sih...)
Singaparna masih gampang cari muslim indian food atau malah padang. Gw waktu itu pesen Tom-yum Seafood Ramen sih pada akhirnya. Tapi gak kepikiran bikin stock-nya pake apa ya? Duh Tuhan maafkan aku kalo emang ternyata tetep pake pork stock *palmface*. Udah deh setelahnya balik hotel untuk our last day in Bhaengkhak.






18 Januari 2020:

harus yaa selfie2 dulu di lobby hotel
Udah last day aja di Bhaengkhak, dan kita masih galau mau ke mana lagi. LOL. Kita pesen pesawat ke Jkt jam 10-an malem jadi itungannya masih ada seharian lagi bisa jalan. Karena Sabtu, kita ke Chatuchak Weekend Market aja pada akhirnya. Dan ternyata pasar ini udah buka dari Jumat malem katanya sih.












entahlah ini pintu masuk mananya
Gw bikin rencana yang sangat-sangat gak efisien sih. Dari hotel ke Chatuchak kan naek BTS, tapi jelas-jelas cuman tinggal naek shuttle sekali lagi udah sampe ke Bandara Don Mueang tapi koper dititip di hotel. Kasarnya, dari Selatan jalan-jalan ke Utara, trus balik ke Selatan dulu baru lanjut lagi ke Utara jauh. Kan Chatuchak itu ternyata deket BTS Mo Chit tempat kita turun waktu sampe kemaren. Tapi ya gak lucu juga ke Chatuchak geret2 koper dan segala macem tentengannya (karena yang dibawa kan backpack beroda sebenarnya bukan koper jadi gak bisa masuk semua ke tas).


Muter-muter lah itu isinya Chatuchak sampe pegel, slide Adid atau Naik atau Gentong KW tetep gak nemu. Adanya Adid Naik second yang harganya sama aja kayak beli baru. HIH. Padahal sepatu batu bata Balen ada aja deh... Akhirnya beli sendal Birken2an aja sih yang awalnya pengen yg full plastik aja tapi dapet yang kayak semi kulit gitu dan tali kain. Sama beli dreamcatcher karena inget kakak ipar seneng pake gantungan dreamcatcher di mobil lamanya, jadi buat ole-ole.


masa kecil kurang bahagia
Terlihat kan dari tulisan gw waktu hari pertama gw paling “senang” 3-4 jam sebelum janjian udah sampe...? Dan teman gw ini senengnya pas mengarah ke mepet? Nah, setelah dari Chatuchak kita kan cari makan buat ganjel aja, dan beli semacam otak-otak gitu karena temennya Si Kawan juga minta dibeliin (oleh-oleh dari Thai: otak-otak. Zzzzzz). Abis itu dia sempet dong minta foto-foto di ayunan lah segala macem padahal udah jam 5-stgh6 an dan kita mesti balik hotel trus balik lagi stasiun depan Chatuchak dan naik shuttle yang gatau nangkringnya di mana dan berapa lama sekali bikin gw anxious ketinggalan pesawat. LOL. Trus pada akhirnya mepet-mepet jam 6 sore kita baru jalan dari hotel (setelah foto-foto lagi di lobby hotel sebelah tentunya) (karena hotel sebelah satu grup yaitu Mercure tapi dengan lobby lebih aesthetic, LOL).

galau libur tlah usai...




















azab maksa ingin window seat
Pada akhirnya sampe bandara jam stgh 8 sih, ngantri check-in dan karena pake Batique jadi masukin bagasi ajalah ini belanjaan semua. Pesen window seat, tapi pas di pesawat pas kebagian yang gak ada windownya. KZL. Setelah check-in, gw gak lupa untuk antri refund VAT hasil beli tas Anehlo. Lumayan lebih gede persentasenya dibanding Singaparna, tapi pengembaliannya hanya cash. Beuuu niat ngabis-ngabisin receh, sekali refund VAT malah nambah banyak si receh... Huf.


Oh iya. Pas di pesawat, sejejeran sama 2 cewe 2 cowo segrup, tapi 2 cewe dan 1 cowo itu baru pada oplas dooong! Idungnya masih dipasang splint(?). Lehernya juga, mungkin baru liposuction/lifting. Dan mukanya masih bengep2 bengkak gitu. Lucu amat sih... Mau ngomongin sama Si Kawan tapi temennya yang gak ikutan oplas duduk sebelah gw. HAHAHAseum.







19 Januari 2020:

Sebenernya nanggung gak jelas sih itinerary-nya. Sampe JKT kan jam 12 malem, trus gw mau ngurus suatu poin member di mall jadi maunya naek Batique lagi ke BKS yang jadwalnya jam 16.00. Luntang-lantung lah gw dari tengah malem sampe mall buka jam 10 pagi. Mau nginep di capsule hotel bandara juga ribet karena butuh ke mall jam 10 pagi-nya, lagian mau pindah dari terminal 2 ke 3 kalo udah lewat jam 12 kudu nge-gojekgrab. Ngehubungin temen yang pernah nawarin kalo ke JKT nginep di apartemen dia aja, eh dia lagi nginep di apartemen pacar(???)nya. Akhirnya gw pesen hotel murah aja yang penting ada AC di bilangan Benhil. Deket lah ke mall yg gw mau tuju. Ke hotelnya dijemput temannya Si Kawan tempat Si Kawan bakal nginep sampe pesawat dia yang jam 19.30. Kenapa harus misah? Karena gw butuh bagasi sih, si kawan mah ke jakarta atau balik bengkeles bawa dompet ama hp doang bisa. HAHAHA.


karena di BKS belom ada setabak, tiap ke JKT harus banget mampir.
Setelah ngurus member, balik hotel, langsung ke HLP deh. Again, masih kan ya harusnya bisa nyantai di mall dulu atau gimana. Tapi kebiasaan sih, flight jam 16.00 eh 13.00 udah di HLP. Biar bisa cari makan di HLP juga sih.. Dari awalnya emang seneng early pula kalo mo naek pesawat, trus dua pengalaman yaitu hampir ditinggal pesawat tapi ternyata delay sehingga masih bisa pake pesawat itu, dan pengalaman beneran ditinggal pesawat karena dompet isi passport ketinggalan di mall, bikin makin parno. Is it also because of Capricorn trait? I dunno... My mom nyantai kok kayaknya. Tapi beberapa Capricorn lain yang gw tau emang agak susah nyantai2 gak ber-plan sih. LOL!!! oh iya, Si Kawan tadi tuh kayaknya emang Sagitarius garis keras sih, yg seneng apa-apa spontan... hahaha...

No comments:

Post a Comment