Wednesday 29 January 2020

Autumn Momiji

 

Selama ini kalo jalan ke LN cuma berani ke negara yang gak pake visa, karena udah ditakut-takutin duluan kalo ngurus visa itu ribet bin mahal bin lama bin gak selalu di-approve. Jadi aja taun lalu 6x ke LN, 5x nya ke Sepur, 1x iseng ke KeiEl. Tahun ini aja 2x ke Sepur, sekali ngajak Madam, sekalinya sekalian nyebrang ke Johour.



Gak bosen ke Sepur terus? Sebenernya agak sih, karena pasti ke Ion Orchard lagi, pasti ke IMM atau ke Ikea lagi. Kalo iseng mau ngerasain desak-desakan paling ke Mustafa. Tapi, sebagai orang yang udah sehari-hari tinggal di “desa”, saba kota itu emang selalu menarik sih. Liat skyscraper aja udah amazed. Apalagi tertibnya Sepur yang terkenal di seluruh dunia. Udah gitu, perjalanan ke sana gak lama2 banget. Cocok buat libur iseng pas wiken doang.

Pengen juga ke Thai atau Filipin, tapi takut sama bahasa dan “semrawut” nya. Wong KeiEl aja sama ribetnya sama Jakarta. Trus kan Bangkok sama Manila itu flight-nya 2-3 jam, dan gak ada pilihan lain semacam naik ferry kayak ke Sepur.

Dan juga menurut gw enaknya kalo ke suatu negara baru sih ikut tur dulu, trus besok-besoknya kalo mau sendiri backpacking sih hayu.

Taun lalu kayaknya punya to do list 2019 yaitu ke Kroya. Karena kesel aja, semua orang yang sekitar gw baik yang ngefans sama drama atau musiknya, atau bahkan orang-orang yang terlalu rock and roll buat suka sesuatu tentang Kroya, udah pernah ke sana. Gw yang udah ampir 8 taun suka Kroya malah belom pernah. Sebenernya pengen lebih dari sekedar tur doang, pengen aja tinggal di sana. Sampe apply beasiswa maunya ke sana tapi gak lolos, huks.

Tapi ya itu, Kroya tuh kan kudu pake visa... (pernah denger kalo ke Jeju Island doang gak perlu, bener apa gaknya, gatau) dan pernah denger lagi kalo agak sadis juga nolak-nolakin aplikasi visanya. Dan syaratnya kok banyak bangeeeet… Katanya sempet naek pula biaya ngurus visanya. Jadi bagi gw yang mau cuti aja ribet (dan makin ribet kalo alasannya mau ke LN) makin males.

23 Agustus 2019, Madam ngeforward poster ini:

 
udah itinerary ke sekian dan udah sempet naek pula harganya dr sebelumnya

Wah. Japang ya? Gak pernah kepikiran sih pengen ke Japang. Karena hasrat ke Kroya lebih besar. Madam juga suka nyuruh belajar bahasa Japang karena lebih applicable kayaknya dari Kroya, tapi gw males karena cara nulis aja ada 2 macem. Gak seribet Mandarin atau Kanton mungkin, tapi tetep aja jauh lebih mudah bahasa dan aksara Kroya. Meskipun Japang dan Kroya asalnya sama aja dari aksara Chinese yang belibet itu...

Karena tur dan ada event-nya, yaitu ada temen seangkatan Madam yang anaknya kuliah di sana dan mau bikin acara nikahan, yaudah deh ikut aja. Tanggalnya juga agak pas sih karena tugas udah selesai.

Trus urus-urus lah persyaratannya. Kudu ada surat sponsor kantor. IH MALES BANGET. Tau kan orang kantor jadinya kalo kita mau halan-halan. Trus karena atasan langsung agak-agak ember masalah gini (soalnya kmrn temen ke Bromo aja malah dibilang ke LN, apalagi gw yang emang bener ke LN…?), akhirnya ke SDM aja. Tau lah itu Bos SDM sama satu stafnya kalo gw mau ke Japang. Tapi karena di suratnya gak bilang kapan dan menghindar terus kalo gak perlu ketemu, sampe saat ini kayaknya belom nyadar kalo gw udah pergi dan balik lagi. LOL!

Trus besok-besoknya pas ada reuni SMA Madam, gw pulang ke Bandung ikutan acara reuni untuk sekalian ngumpulin syarat-syarat visanya. Duh, temen-temennya Madam nih mentang-mentang udah sering kesana kemari, request-nya banyaaaaaak amat deh. Gw yang ke luar gak sering apalagi Madam yang paling setaun sekali-2kali yaudahlahya ikut-ikut aja ngangguk-ngangguk aja. Apalagi temen Madam yang anaknya tinggal di Japang. “IH MAHAL SAKITU MAH, kalo gw yang urus gak sampe 10jt!” iya tapi taun depan meureun perginya -____-“ ini kan ada event nikahan, masa mau diundur gitu nikahnya…?


11 November 2019:

Setelah sekian lama dan sekian kali perubahan itinerary, akhirnya dapet WA dari Madam visanya udah di-approve. YAY!
 
visa kedua seumur idup setelah pernah ke Arab..
Acara kan dari 15-20 November. 15 November tuh jumat, jadi gw posting cuti 18-22 November. EH TERNYATA udah mulai tugas luar kota lagi tanggal 20 lah KZL. Gak boleh mundur pulak tanggal tugasnya. Huhuhuhu. Akhirnya izin aja sama tim baru ikut ke luar kota tanggal 25. Alasan cuti sama izinnya? Nemenin Madam ngurus persiapan mau operasi abis katanya kalo cuti tujuan LN harus izin sampe Eselon I RIBEDH! .

Yes, Madam harus operasi.

Besar.

Bakal bius total.

Di RSHS.

Bikin deg-degan aja harus operasi deket-deket mau halan-halan. Awalnya kirain bakal sebelum pergi, tapi ternyata nunggu jadwal dulu jadi setelah pegi. Tapi abis pulang dari sana saat masih ijin ke tim, hari kamis-jumat itu bener-bener bulak-balik di dalem RSHS untuk ngurusin persiapan operasi. Pas operasinya tanggal 6 Desember malah gak bisa nemenin karena masih tugas dan si bos dateng. Huf. Untung si Abang masih bisa nemenin dan istrinya dateng ke Bandung pas udah wikennya.


15 November 2019:

Karena udah tau bakal ke Jakarta tanggal segitu dan pas banget ada miles yang mau expired, redeem deh miles-nya buat tiket Siti Ling dari tanggal 29 Agustus. Ini pun udah deg-degan karena expired 31 Agustus sekian ribu miles, tapi miles dari flight Sriwi (waktu itu masih sobatan) dan Siti yang kemaren biar genap 6.000 miles agar cukup untuk dituker BKS-CGK naek Siti, gak masuk-masuk juga. Niatnya kalo sampe tgl 31 gak masuk juga, mau redeem BKS-PLM 4.000 miles aja trus bayar PLM-CGK sejutaan pake Garudes. Tuhan baik sama aku, jadinya cuman bayar IDR214.000 buat flight BKS-CGK Siti termasuk dapet seat 2A (yang biasanya nambah lagi IDR60-120rb buat pilih seat kalo check-in online)... Alhamdulillah…
lebih mahal pilih seat daripada administrasi tuker miles-nya. LOL!

 
Trus janjian di Terminal 3 depan Sate Senayan kan ya. Laper jadi ke Shaburi Express dulu deh, yang ternyata sebelahnya. Trus ketemu sama rombongan, bagi-bagi paspor, kumpulin bagasi, dan ngantri imigrasi. Pas ngantri imigrasi, di depan ada yang rame teriak-teriak. Wew kirain apa, taunya nampaknya ada Afgan lagi mau konser ke Kroya gitu. Flight-nya duluan dia, tapi pas dia boarding, kita udah pada nangkring di depan gate kita yang paling ujung seujung-ujungnya buat international flight, Gate 1D. Tebih ih Ceu! Dia di gate 4 apa 10 gitu lupa. Gak liat deh.

Si Oom mau fan meet di Kroya pas gw ke Japang... (antaranews.com)

Trus udah dalem pesawat. Ini rombongan pada mau duduk deket pasangannya masing-masing jadi ribet deh atur2nya karena pas check in seat-nya acak. Flight international sih, gak bisa pilih seat dan gak bisa check-in online juga. Udah stgh11 malem juga udah pada teler eh ribet sama seat geser sana sini. Kesel deh. Udah gitu akhirnya dapet tengah di formasi 2-4-2 jadi gak bebas mau ngapa-ngapain. Awalnya sebelah gw kosong eh adeknya CPW mau duduk situ, beuki heurin tapi da gw kan gak beli seat sebelah gw ini, jadi gak berhak nolak juga.

Flight 7 jam dan orang yang duduk belakang gw gak berenti-berenti nendang kursi. Astagfirullahhhhhhhhhhhhhh. Mau komplen da gak kenal tapi serombongan. Jadi ini ada rombongan temen bapaknya penganten cowo (di mana Madam dan gw termasuk situ), juga rombongan keluarga penganten cowo dan penganten cewe. Jadi gw dan Madam yang kenal cuman temen-temennya Madam doang. Flight 7 jam itu total cuman merem gak sampe sejam kali, sisanya gak bisa. Orangnya lebih tinggi dikit dari gw sih emang, kalo ini Liong sih pasti mepet. Garudes loh masih nendang-nendang aja.


16 November 2019:

Untung paginya gak ngantuk parah walaupun di pesawat gak bisa tidur. Turun pesawat seperti biasa ke WC, masuk imigrasi, dan ngumpul nunggu semuanya, foto-foto, dsb. Flight-nya ke Nagoya, nama bandaranya Centrair Chubu Airport, jadi gak se-rame kalo di Haneda atau Narita kali ya. Bandaranya kalo gak salah dibangun di pantai reklamasi gitu. Kalo Osaka yang internasional malah katanya terapung. Woh gak kebayang kayak mana...
Central Chubu International Airport in Nagoya

Salah satu yang katanya bikin impress bule yang baru pertama kali ke Japang adalah WC-nya yang seru banyak tombol-tombol. Tapi setelah gw peratiin, yang aneh cuman ada pemutar musik aja untuk agar saru pas doing number 2. Gak sempet gw cobain juga karena belom kepengen. Sisanya cuman bidet aja tuh. (kebetulan) gak ada sampe pemanas apalagi yang bisa mijit. LOL! Ya karena bidet bagi bule kaukasian aja udah mewah... Di Indo mah biyasa banget deh kalo di mall.
karena di bandara kali ya bagus, kalo umum banget malah cuman jongkok+flush+tisu doang sih


Pas keluar bandara menuju bis, seperti biasa Madam suka telat sendiri. Entah ngapain, wong yang lain udah nunggu di bus, kita baru mau turun bareng panitia nikahan (which is sodara-sodara CPP) yang notabene bawaannya lebih banyak da ada seserahan, beras, rice cooker, sagala we aya jiga rek pindahan, dan orang travel. Trus karena ngejar2 mereka, kaki Madam keram.

Haduhhhhhhh mau marah karena telat tapi gak enak. Mau bantuin bingung kudu diapain. Disuruh lurusin kaki gak bisa karena bilangnya sakit. Udah dibilang kalo gak dilurusin kakinya malah tambah sakit, malah ngeyel. Akhirnya ibu-ibu yang punya travel yang bantuin ngelemesin.

Yang punya travel ini orang Indo yang udah tinggal di Japang 24 tahun, tapi katanya sih masih betah jadi warga negara Indo. Selain punya usaha travel, usaha makanan dan jual daging wagyu halal juga di Fukuoka. Jemput ke Nagoya 10 jam aja naek mobil katanya.

Setelah sampe ke parkir bus, masih ngatur2 bagasi jadi gak telat banget deh. Jadi kan pake 2 bus, ada yang di daftarnya harusnya di bus gw belum keliatan. Udah sampe bulak-balik nyari ke dalem bandara eh ternyata duduk di bus sebelah. Udah PW karena duduk paling depan jadinya seharian itu gak pindah. Hahaha...

Trus jalan-jalan di Nagoya. Tujuan pertama ke Osu Kannon Temple yang ternyata nyambung sama semacam ruko2 gitu. Pas mau turun dari bis, gw liat tas, dan PASPOR GW GAK ADA. ANJIRRRRRRRR LAH!!!11!!!!!!!11111 

Turun bis pura-pura nyantai no problem, tapi sambil ngubek-ngubek tas dan kursi gw. Trus sambil jalan inisiatif pegang-pegang dan liat isi tas tenteng Madam. Ternyata dalem tas dia.

HUUUUUUFFFFFFFFFFFFHHHHHH. Gw ngamuk “Ih paspor av kok di ibu sih aku cariin tau gak?!?!” dibales “Gatau tadi pas kamu ke WC kayaknya ibu masukin tas ibu…” (>____<”)


happy banget ditemplokin merpati di kepala LOL
  
Di sini, Madam beli outer-nya kimono gitu. Murah banget Cuma JPY500 atau kurleb IDR75rb. Pas ke dalem tokonya ada yang diitung JPY 1 per gram, 1 baju kayaknya gak sampe IDR 100rb lah. Udah mau kalap, tapi gw suruh buru-buru. Udah balik deh ke bus.

“Okedeh gak usah yang paling dulu balik ke bis, tapi setidaknya patuh lah sama timing yang dikasih guide, dan jangan yang paling akhir naek bis” pikir gw. Jadi alarm deh pas tiap nyokap mau kalap belanja atau jalan.

Lalu lanjut ke Nagoya Castle. Seminggu sebelum jalan, gw udah membuat mapping mau pake baju apa gimana dan berapa lapis etc. Tapi pas dikirim foto visa udah approved, dikasitau bakal kudu pake scarf kotak-kotak merah item. Buyarlah rencana, sehingga hari pertama ini bajunya aneh banget. Dari Bengkeles kan pake kaos biru tosca trus kemeja garis kotak merah biru tua (ini aja udah aneh). 

pardon our tired belom mandi belom touch-up face (and my 38 month pregnant belly)... hihihi

Soalnya gw pengen pake kemeja, tapi kemeja santai cuman punya 1-2 bijik doang yang masih muat. Karena ini garis kotak gitu jadi mungkin agak bisa dibilang casual lah ya... Di bus pas mau ke Nagoya Castle, gw ganti kemejanya doang pake kaos maroon yang ternyata lehernya agak bledeh jadi daleman biru tosca gw keliatan. Ditutupin pake scarf kotak itu, jadi makin aneh karena gak biasa pake scarf. Dimasukin baju jadi stuffy alias (tambah) gendats, dikeluarin panjang scarf-nya nanggung. Huff...

Setelah dari Nagoya Castle, lanjut ke Nara. Di sini ke Nara Park yang banyak rusa berkeliaran, dan katanya sopan karena suka ngangguk-ngangguk kalo dikasih makan. Tapi kalo gak pegang makanan, mereka gak mau ngedeketin acan. Huh dasar rusa pamrih! Di sini juga ada kayak danau (apa empang ya) tapi cantik, dan pohon-pohon yang udah mulai memerah daunnya sebelum gugur. Kalo dapet momentnya, si danau ini jadi cermin buat si pohon-pohon yang udah menguning dan memerah itu. 

dalam lakon "Kau dan Aku Sudah Tak Saling Peduli"
 
Setelahnya makan malam di restoran udon gitu, tapi menunya cuman boleh udon+1 tempura doang. Hratis sih termasuk biaya tur, tapi jadi we seubeuh teu puguh. BTW ini udon+tempura cumi. Ih aneh bentuknya.
paket mar*game paling mure ini sih... hahahaha

Abis makan udon, langsung ke hotel di Osaka. GILA IH kecil banget kamarnya. Paling cuma 3m x 3m udah termasuk WC yang pake bath tub kecil. Bagi gw dan madam yang senengnya berantakan, ya, ribet. Buka koper 1 langsung gak bisa gerak. Mana malemnya dititipin seserahan buat acara besok lagi. Oh iya, AC-nya hanya fix suhu heater. Ih sebel. Karena bagi makhluk tropis macam kami ini, sedingin apapun di luar, kalo di kamar yang gak ada ventilasi dan sirkulasi mah gak bisa idup tanpa AC minimal 24 derajat selsius. Udah gitu jendelanya dikunci pulak. Baru belajar di malam kedua dan ketiga kalo mau adem malah jangan nyalain AC-nya. Tapi ya itu tidurnya jadi gak pake selimut karena gak ada sirkulasi acan.

HEURIN HAREUDANG HARAMJADAH


17 November 2019:

Pagi ini acara nikahan anaknya temennya madam di Kyoto. Kemarin bayangannya masjid tempat nikahnya Syahrini. Tapi baru nyadar kalo Syahrini nikahnya di Tokyo, sementara ini acaranya di Kyoto. Huf. Ternyata sih kayaknya anaknya ini kuliah di Kyoto, trus udah mau kerja gitu kali ya atau magang-magang gitu, trus dinikahin aja mumpung masih pada di Japang.

Ke Kyoto dari Osaka mulai sekitar jam 7.30. lumayan perjalanannya jauh juga. Trus setelah sampai, ternyata bentukannya jauh dari mesjid. Jadi berupa apartemen aja, trus di bawahnya ada ruang serbaguna yang jadi tempat sholat. Bisa dibilang musholla lah kalo di Indo mah. Jadi katanya, pemerintah Japang itu gak mau ngurusin atau gak mengizinkan penduduknya bikin semacam tempat ibadah gitu. Gak muslim atau kristiani dsb. Kalo cuman sebagai perkumpulan aja sih boleh, hence the name bukan mesjid tapi Islamic Cultural Center gitu. Kecuali kalo emang gedungnya udah ada dari jaman dulu, kalo gini jatohnya mungkin jadi cagar budaya aja. Tapi tetep sih kalo ada jum’atan atau semacam misa gitu, bahasanya/izin bikin acaranya berupa perkumpulan, bukan acara ibadah.

bener-bener cuma gini doang mesjidnya... (muncity.blogspot.com)
 
Setelah acara akad, lanjut untuk sewa dan pake baju Kimono. Mungkin jatohnya bukan Kimono kali ya, tapi Yukata, karena lebih casual gitu. Buat cewe, bantal di punggungnya gak tebel. Trus foto-foto di Ryozen Kannon dan depan Hotel Park Hyatt Kyoto, sebelum ke Arashiyama.
konnichiwa... :D

Di Arashiyama karena emang waktunya early autumn gitu, jadi pemandangannya sih mirip-mirip, semacam hutan pohon gitu yang hijau namun mulai memerah. Puncaknya katanya 1-2 minggu setelahnya di mana daun mulai merah tapi belom sampe gugur. Di sini tante-tante dan om-om ngambek sama panitia karena gak boleh ke hutan bambu karena takut kelamaan. Travelnya agak kurang strict juga sih, harusnya kalo gak ada di itinerary ya gak boleh. Dan harusnya udah kasih spare waktu dong kalo dilewat karena alasannya kelamaan di tempat sebelumnya.
kalo perginya minggu depannya/2 minggu dari ini, pasti lebih cantik karena tuh ijo udah campur merah lebih banyak...

Sebelum dibolehin ke hutan bambu di situ, dikasih makan dulu di resto yang Japang banget taste-nya, tapi halal-friendly. Makanannya sih bento gitu, tapi penyajiannya aneh aja buat kita yang gak pernah semacam fine-dining. Ada sop tahu bening tiada berasa, tapi ditaro di atas kertas jadi kayak panci gitu, dimasak di atas api tapi si kertasnya gak gosong... Trus ada mangkok kecil juga di meja, kupikir buat ngambil si sop tahu itu, taunya buat air minum hahaha... Udik... Abis kalo nyendok dari “panci” tadi panas banget.
gini bentuk nasi bento-nya...


Karena abis makan ke toilet dulu, jadi aja ketinggalan sama rombongan yang mau ke hutan bambu. Telpon-telponan watsap sama temennya madam tapi ngasih arahnya salah. Seharusnya kalo liat ada jembatan belok kiri, kita ke kanan. Tapi dikasih taunya “ada jembatan belok kiri”, jadi aja nangkepnya nyebrang jembatan dulu baru belok kiri. BTW jembatan ini gila banget ngantrinya, namanya Togetsuko Bridge. Saking ngantrinya sampe dilarang untuk berhenti di tengah jembatan buat foto-foto. Seram ambruk juga sih...

aslinya penuh sama orang, mobil, dan motor... (thegate12.com)


Akhirnya muter balik dan foto-foto sedikit di jembatan kedua, trus pas mau “ke jalan yang benar” ke arah hutan, udah ada yang mau balik ke bis. BTW, ini rammmmmmmmmmme banget loh yang mau ke hutan itu. Emang lagi peak season sampe puncak autumn lah kayaknya. Kita jadi ikut muter balik setelah pada bilang “ya gitu aja sih hutan bambunya”. Sebelum balik ke bus, coba beli eskrim softserve gitu. Pas udah deket bus, si supir langsung wanti-wanti pake bahasa Japang yang intinya “eskrimnya abisin dulu baru boleh masuk bus”. Yang ngerti bahasa Japang cuma “Haik” aja juga pasti ngerti sih si supir marah-marah kenapa... LOL!



gw nya aneh jadi di-crop aja biar cover girl majalah gadis tahun '74 bersinar... ;D

Setelah itu, balik ke tempat sewa Kimono tadi. Karena lama di Arashiyama, jadinya parkir yang di atas udah tutup, jadi bus cuman bisa parkir di bawah (baca: kaki bukit), ke atasnya jalan. Lagi-lagi rombongan berulah. Udah ditawarin supaya bajunya dikumpulin dan panitia travel yang balikin, eh tetep kepecah dua sama yang mau balikin sendiri. Gw jadi kebawa yang mau balikin sendiri. Jalannya lumayan jauuuh juga, ada 2 km PP sih. Udah gitu karena beda jalan kan bingung, mana udah mau magrib. Tapi jadinya tenang karena gak ninggalin apa-apa. Yang mau ikut dikumpulin sama travel malah sampe hotel malem baru dibalikin baju dan sepatunya.

Setelah balikin Kimono, ke Fushimi Inari namanya kalo gak salah. Jadi ada semacam temple juga, tapi sepanjang jalan ke temple itu ada semacam gapura warna oranye berjejer. Karena udah malem juga, jadi cuman masuk 100-150 meter aja. Sebenernya ya ini temple jalannya kelilingin bukit gitu juga sih, gak akan kekejar juga kalo gak seharian. BTW ternyata saat orang-orang udah pada balikin Kimono, si PP PW masih semangat foto-foto post wed pake Kimono. Gak tau dibalikinnya kapan sih, tapi pulang dari situ, Bapaknya PP copot Kimono di toilet pas gw mau peppy...
udah gelap jadi mau foto yang bener susyah...

Sampe hotel masih sekitar jam 7, tapi udah gelap banget. Gw iseng jalan ke mall deket hotel, tapi cuman mampir Stabaks doang. Yah, tumblernya gak ada yang versi jepang, gak seru. Yaudah beli minum sama roti doang deh. Dan ke Sevel juga, beli makanan yang bisa dipanasin microwave gitu, karena di hotel ada semacam dapur walaupun cuma ada itu doang. Mau beli instant rice juga sih awalnya, tapi gak nemu di Sevel... Oh iya. Kirain yang namanya zebra cross melintang tuh cuman ada di Shibuya doang. Ternyata di sini juga ada. Jadi pas yang melintang ini bisa nyebrang lampunya ijo, lampu pejalan kaki semua arah juga ijo, dan mobil semua arah merah semua. Lucu deh. Tapi kayaknya cuma applicable di jalan yang lebarnya 20 meter sendiri kali ya.
kalo mau ke mall-nya tinggal nyebrang diagonal aja, gak perlu 2 kali...


18 November 2019:

Paginya ke Osaka Castle. Tempatnya luasssssssssssssssssssssssssssssssss banget, dari tempat parkir sampe masuk castle-nya aja ada jalan kaki 15an menit. Setelah sampe, batas waktunya tinggal dikit. LOL. Ada sih yang niat mau masuk ke castle-nya, isinya semacam musium gitu. Tapi karena bayar lagi jadi males juga. Kalo gw dan beberapa temen madam sih akhirnya foto2 di sekeliling pelataran castle aja. Tetep ada view khas musim gugur yaitu pohon-pohon yang daunnya kuning dan memerah... 
cuacanya emang lagi gerimis manjah gitu


autumn view from Osaka Castle

Lanjutannya ke Kobe Harbourland. Jadi semacam pelabuhan gitu, tapi khusus kapal pesiar (kayaknya). Kita sih cuma foto-foto dan masuk mall aja. Di sini anginnya whoooshh banget karena dekat pantai, dan ujan gerimis gitu, tapi suhunya gak sedingin kemarin. Waktu mau acara akad nikah kan lama banget nunggu di luar gedung. Ih dinginnyaaaaa nusuk tulang padahal udah pake jas, kemeja, dan kaos dalem long john. Di Kobe ini dinginnya biasa aja padahal seinget gw cuman pake kaos heattech yang biasa dan kaos luaran biasa. Di sini sampe selesai jam makan siang, tapi gw makan bekel yang dibuat ibu-ibu rombongan aja. Biasa ibu-ibu rempong mah kan ke luar negeri teh bawa nasi, abon, bawang goreng, sampe rendang. Secara Japang gitu yang agak-agak susah cari yang ada cap halalnya.
waiting for you Anpanmaaaaaan!
 



Setelahnya ke Rinku Premium Outlet. Tapi gak ada luxury brand macem Gentong, Bo’ tega(lo), apalagi Aves Seng Lorang ah. Ada juga Aa’ Pe yang versi murahnya dari Bang APE. Pada akhirnya itu tujuan utama gw. Tapi pas masuk, yah, gak ada yang seru. Gw lagi seneng sama kaos tangan panjang yang di tangannya ada model karet gitu, tapi bukan sweatshirt karena bahannya tebal, sama kaos tangan pendek yang ada kantong dada. Or a mix of both. Yang spesifik kayak gitu gak ada. Akhirnya beli kaos tangan panjang yang ada hoody-nya. Awalnya kupikir tipis ala kaos bahannya, eh ternyata lumayan tebel juga. Soalnya nyobain pake pas pulang ke Bengkulu hari minggu tanggal 24, huff gerahnyaaa...
outlet mall ini terpisah jalan raya jadi ada semacam skywalk gitu ke gedung sebrang...

Setelahnya langsung balik hotel. Nyobain lagi masuk mall terdekat yaitu Keihan City Mall. Karena udah malem jadi cuman masuk Daiso aja. Pas keluar dari Daiso mau liat tempat lain, eh udah mau tutup pintu semua sama security-nya. Duh orang Japang tuh jarang banget ya yang bisa Bahasa Inggris, apalagi yang senior gitu. Si security-nya ngomong (apa ngusir) ya gitu aja kayak marah-marah. Akhirnya keluar mesti ke basement dulu yang kebetulan ada supermarket gitu. Ada sushi lagi sale tapi pilihannya udah gak banyak juga. Beli deh. Dan setelahnya keluar lewat subway yang jauh dari tempat kita masuk, tapi ternyata jadi gak perlu nyebrang lagi sih untuk ke hotelnya.


19 November 2019:

Katanya hari ini bebas, tapi tetep dianterin ke tempat-tempat yang wajib dilihat (menurut panitia turnya). Jadi pertama ke Osaka Aquarium, tapi foto-foto luarnya aja (karena kalo masuk bayar lagi, huf).
niatnya sih mau pamer punggung baju...

Setelahnya nyebrang naik kapal ferry dari Osaka Port ke Universal Studios Osaka. Itupun kapal ferry-nya bayar lagi, jadi awalnya pas di loketnya dibayarin sama panitia biar gak ngantre panjang, tapi pas turun ditagihin satu-satu sekitar JPY700, cuman 10 menit perjalanan doang. IH MAHAL. Etapi ada semacam voucher sih kalo belanja apa di mana gitu, (apa kalo mau masuk USJ nya ya?) di kotak biru tua atas JPY200 sama biru muda bawah JPY100 di kiri tiket di foto ini. Tapi gak kepake juga sih...

Setelahnya foto-foto lagi di (depan) Universal Studio. Di air mancur legendaris yang ada di semua cabangnya, sama gerbang-gerbangnya paling. Pas duduk-duduk di situ, ada yang lagi syuting semacam show jalan-jalan gitu kayaknya, tapi cuman liat dari jauh.


Setelahnya lanjut ke daerah Dotonburi naik kereta semacam KRL gitu lah ya. Pas udah masuk ke peron, gw liat ada suami istri lagi jalan bawa stroller, dan si suami kayak gw kenal. Kayaknya temen SMA deh, tapi kelas sebelah. Gw cuman nyeletuk “ih kayak kenal” tapi yang nyahut malah Madam. “Ya sapa atuh!” gw tea, males. BTW perjalanan dari Universal Studio transit sekali. Pernah denger dari youtuber yang pindah dari Kroya ke Japang, bahwa kalo di Japang, transportasi nyambung tapi suka beda pengelola. Jadinya beda dibanding kalo di Sepur, transit pindah jalur seringnya gak nge-tap kartu atau bayar. Di sini pindah jalur kudu bayar lagi.
tiket Osaka Metro...


Sampe Dotonburi udah sekitar jam 3 sore. Eh pas jalan dari kereta ke tempat ngumpul, temen madam namanya Tante Ani kakinya sakit, jadi berenti tengah jalan di toko Onisuka. Oni suka, tapi Ani gak suka. LOL. Gw tetep ikut rombongan karena mereka pada mau makan dan gw udah hangry. Jadinya ke toko yang jual udon tapi temennya gorengan semua, Tempura Tendon Tenya kalo gak salah namanya. Aman lah intinya, halal-friendly karena gorengannya kalo gak udang, cumi, ya semacam terong atau zuchini gitu. Gw dipesenin sama tour leader jadi cuman tunjuk-tunjuk aja, trus dikasih kertas tagihan kecil gitu yang kita kasihin ke kasir pas mau bayar. Setelah selesai makan, gw disusulin sama madam dan temennya setelah ngeborong di Onisuka. Pas mereka pesen, waiter-nya jutek malesin gak ngebantu gitu. Crew yang kerja di kitchen-nya malah bisa bahasa Indonesia tapi ya ribet aja jauh.
kalap cyn, di balik udang tempura itu nasi loh!

Setelah makan, ke DonQuixote. Udah tau sih dalemnya kayak apa, karena pernah nyasar di KW-nya TokyuuHands atau DonqiDonqi di Sepur. Gw mah pusing loh liatnya, dan kalo gak melakukan penelitian sebelumnya mau beli apa aja, pasti akhirnya gak beli apa-apa atau malah kalap. Akhirnya gw cuman beli yang keliatan aja. Nemu pulpen Frixxion tapi Gundam Edition. Lucu juga, akhirnya beli 5 biji. Eh trus si Tante Ani liat, nitip juga. Katanya buat cucu cewek. Yaelah cucu cewek dikasih Gundam gak nyambung lagi, tapi karena warnanya agak-agak ngepink jadi dia bodo amat. Jadilah beli 9 kalo gak salah. Awalnya mau beli skin care juga, tapi bingung saking banyaknya terpajang. Eh, nemu strap epelwoch stainless gitu, udah ngambil tanpa mikir harga. Trus liat lagi, eh mahal deng gitu doang IDR 500.000... Jadilah besok-besoknya pas liat di Toped ada yang cuman IDR150.000 dari merek terkenal buat casing-casing hp langsung check-out.

Setelah pusing di DonQui, tante-tante ini udah pada mau pulang. Yaelah sunset aja belom. Tapi ya kasian kakinya sakit. Yaudah gw jalan sendiri aja. Belom loh foto di Glico Man... Belom juga cari toko yang jual 2nd luxury brand items. Akhirnya gw jalan sendiri di sekitar situ. Panjaaaaaaang banget ruko-ruko gitu jualan macem-macem. Nemu toko yang jual 2nd luxury items itu, tapi jarang banget nemu yang buat cowo. Sekalinya nemu tas impian Fendi x Porter Baguette, harganya masih IDR 20juta aja lah. Iya sih barunya aja IDR 35jutaan.

Bulak-balik, akhirnya beli sabun muka bubuk sama sunscreen yang biasa beli aja. Dan beli eskrim Cremia yang kata Oom Simon Tante Martina wajib coba kalo ke Japang. Gw beli vanila dengan bubuk matcha. Hwah, kental bangetttt..
kalah lah pokonya cone mekdi mah. hahaha

Selanjutnya ngumpul jam 7an malem, ngumpulin orang yang mau naek kereta ke hotel. Eterus gw diculik tante-tante suruh patungan taksi aja biar pas berempat. Yaudah lah ikut aja. Ditunjukin sama tour leader pake bahasa japang ke supir taksinya dan jalan. Liatin gugelmaps jalannya sesuai kok. Trus si supir taksi sekali-dua kali ngajak ngobrol, tapi gatau da bahasa japang (>_<”). Gw jawab “Nee…” eh, kok bahasa kroya...? Harusnya “Haik...” tapi yang keluar di mulut tetep “Nee...”

Trus berhenti di sebrang hotel. Loh kok udah matiin argo dan udah mau diturunin? Ehhhhh ternyata si tour leader tadi nunjukin minta anter ke stasiun kereta, bukan hotelnya. Kita (baca: tante-tante) protes dong, trus bilang “Hotel” sambil nunjukkin kartu hotel. “Ooh, Hoteru? Haik haik haik” akhirnya dianter ke depan hotel yang sebenernya cuman tinggal nyebrang melintang dan jalan 50 meter. Biasa tante-tante yang bawa gembolan belanjaan, males jalan. Supir taksinya baik banget, nganter begitu padahal argonya udah dimatiin, mungkin kena lah itu beberapa puluh yen lagi kalo argonya masih nyala. Tuh kan, memang sulitnya ke Japang tuh sedikit yang bisa bahasa enggris, apalagi yang udah senior-senior. Yang 40-an aja jarang kayaknya.


20 November 2019:

Huf akhirnya mimpi jalan-jalannya selesai juga. Mana pesawatnya pagi lagi jam 10 dan kudu ke Nagoya lagi dari Osaka yang lumayan jauh. Aneh juga sih ini travel, jelas-jelas nginep di Osaka tapi flight harus ke dan dari Nagoya. Alesannya katanya sih tanggal segitu flight Jakarta-Osaka nya udah full book...
gak mampu buat masuk, foto depannya aja lah ya... hihihi

Jadinya kita udah pada bangun jam 3 pagi, beres-beres segala macem, dan jalan dari hotel jam 5an. Trus sampe bandara jam 7an. Karena kepedean ah di Japang cuman 3 jam doang sisanya di jalan dan di Jakarta yang jelas-jelas panas, gw cuman pake kaos dan luaran doang. Pas mau masuk bus kan cuman sebentar walaupun jam 6 pagi, jadi gak berasa dingin. Eeeeeh pas sampe bandara kan turun nungguin koper karena harus check-in sendiri, astagaaaa dinginnyaaaa... Anginnya itu loh ya Tuhan... Sampe menggigil gigi gemeretak. Ada 15 menit nunggu koper trus masuk ruangan bandara. Trus pas check-in sendiri, request di jendela. Pesawatnya sama 2-4-2, jadinya sebangku cuma sama Madam doang deh. Trus Alhamdulillah juga, yang duduk di belakang tante-tante yang gak panjang jadi gak tendang-tendang kursi. Yaudah deh sepanjang jalan tidur. Kebangun cuman pas makan, snack, sama pipis 2x paling.

Kan Madam punya ponakan pramugari Garudes juga. Trus Madam kan emang SKSD. Trus nanya-nanya lah, kenal F*tri gak? Trus dijawab, oh kenal. Bla bla bla, eh curhat katanya dia PP Jakarta-Nagoya-Jakarta tanpa lay over. Buset, flight nya jadi total 15 jam loh. Kemaren sih denger youtuber yang kerjanya flight attendant Mbak Stella kalo udah 15 jam itu gak boleh kerja lagi, harus layover. Termasuk di dalemnya kerja, nunggu boarding, atau kena delay gak ngapa-ngapain di bandara. Yaaa lumayan juga sih. Btw ini sebelum prahara Dirut Garudes kemaren ya, mudah-mudahan setelah ganti dirut, kerja flight attendant-nya gak se-sadis itu lagi deh...

Sampe Jakarta sekitar magrib, langsung kena suhu real feel 36 derajat. Ya gw pake outfitnya emang buat kondisi seperti ini, gak buat angin di Bandara Nagoya yang nusuk tulang itu. Ada tante yang masih dobel-dobel langsung buru-buru cari toilet ganti baju.

Setelahnya naek bus rombongan ke Bandung. Sempet deg-degan juga sih gak kebawa ke Bandung karena udah penuh dan koper orang-orang pada beranak semua. Tapi sebenernya ya kalo gak muat juga bisa aja ke Depok semalem. Tapi akhirnya kebawa sih walopun mau ngapa-ngapain heurin. Sampe bandung jam 12an malem, trus nebeng Tante Lisa (yang kerudungan sebelah Madam) ke rumah. Udah deh kebangun dari mimpi...
 
sebelum bubar ke tujuan masing-masing...






Tuh kan jadi pengen ke Japang lagi, tapi pengen ke Tokyo-nya... Orang biasa ke Japang ke Tokyo dulu, eh ini mampir Tokyo aja gak sama sekali. LOL.

No comments:

Post a Comment