Monday 28 September 2020

pandemic stress

 Lagi “banyak duit” ceritanya tapi gatau mau beli apa.

Iya masih kelanjutan dari gaji yang alhamdulillah tiba2 jadi almost 2x lipat beberapa abad silam. Biasanya ku bisa foya-foya dengan pergi ke Jakarta, nginep di kamar 800rb semalem, cuma buat staycation+ngemall aja. Atau iseng ke negara tetangga dengan tujuan yang sama plus nyape-nyapein kaki. Tapi karena Karona, mau ke Jakarta aja parno.

 

Late August:

Ku kan punya cicilan apartemen yang sebenarnya tak seberapa juga sebulan, tapi udah bosen bayarnya dan masih 6 taun lagi. Muncullah ide untuk nyicil besar >5x lipat dari cicilan biasa. Dulu udah pernah sekali dan hasilnya masa cicilan berkurang sekitar 3 taun. Nanya lah ke bank yang bersangkutan. Eh sekarang kebijakannya hanya mengurangi nilai cicilan doang, gak bisa milih mengurangi waktu cicilan.

Konsultasi sama Madam, dan beliau punya ide untuk melunasi aja sekalian dengan patungan sama beliau. Bisa hemat sekitar 30juta lah dibanding nyicil terus sampe 6 tahun. Biar jelas dan gak terhambat sama watsap call yang delaynya bisa 5 detik sendiri, ke Bandung lah gw demi ngurus kredit. Parno sih, tapi gw tingkat parnonya mungkin gak setinggi orang2 kali ya. Asal gak nongkrong dan ke tempat rame insyaAllah gak apa2... Ceritanya sih cuti, karena di kantor kalo gw gak tugas itu sangat2 gak ngerti mau ngapain.

Ke bank bersangkutan lah ya sama Madam. Eh ternyata ngurus cicilan >5x dan pelunasan cuma bisa dilayani tanggal 1-15 kecuali 7 dan 8, di luar sabtu minggu. Dan ini udah tanggal 24, dan gw hanya berencana di Bandung sampe tanggal 30. Hemmmmm lelah deh. Entahlah ini kelanjutannya, kata orang bank disuruh balik lagi tanggal 9 September.

Trus kan di explore page IG gw sekarang isinya nambah 1 macem lagi, yaitu yang pada jualan sneakers hypebeast. Sebenernya gak ngerti lah sama dunia per-sneakers-an ini. Cuman emang banyak banget yang lucu2. Dari sekian post ternyata ada yang punya toko offline di Bandung, yaitu di PVJ. Dari foto2 di IG nya sih gede, makanya penasaran. Trus setelah pake nyasar di Sukajadi, Cipaganti, Jurang dan sekitarnya, ketemu lah itu toko. Kecil banget sih ternyata, dan yang dipajang kebanyakan Air Jordan 1 dengan range warna pelangi.

Kalo Air Jordan 1 ini sumpah gak ngerti apa sih hype-nya. Modelnya mirip banget sama Nike SB Dunk Hi yang gw pake di post sebelumnya ke Thai dan gw bilang Naiki Erjorden. Sekian abad silam, gw beli sepatu itu cuma <700rb di Nike Outlet. Sementara Air Jordan 1 itu mulai 2 jutaan. Duh apalagi yang versi collab2 gitu, kemaren yang namanya Air Dior aja kalo kalian suka nonton yutubnya Uya Kuya tuh sepatu bisa sampe 200juta apa ya sepasang? For the same damn thing as a 700rb shoe, beda warna, beda model sedikit, merek, dan embel2 Dior-nya aja. Bukannya jelek, gak ngerti brand, bahan, dan/atau kelangkaan suatu barang sih, dan bukan juga mendukung beli KW nya aja, tapi kalo gw kayaknya gak begitu kepengen punya tas atau sepatu yang sama-persis-cuma-beda-warna-doang kali ya. Dan gw juga paling males bayar ekstra hanya untuk “kelangkaan” suatu barang, karena nilainya itu “suka2 yang jual” banget.

BTW, gw sebenernya ngidam punya sepatu Adidas, karena, ya, belom pernah punya aja sih. Eh, sebenernya punya 1, cuman karena itu sepatu futsal yang awalnya kupikir bisa buat lari ternyata gak enak, buat jalan terlihat gak keren, jadinya males pake. Ku pengen punya yg hype lah, trus jadinya ngidam Yeezy 380. Harga toko aslinya sebenernya (retail) 3,6 jutaan. Tapi karena limited-nya itu loh, jadi udah gak ada yang jual segitu. Yang jual adanya reseller gitu. Awalnya nemu online shop yang jual 4 juta, oke menarik, tapi setelah liat koleksi sepatu gw sendiri (yang udah kebanyakan sebenernya) kok mirip sama warna NB gw ya abu, coklat, krem gitu. Mikir lagi. Liat lagi website resellernya, eh ternyata yang 4 juta itu ukuran anak TK-SD astagaaaa... Trus liat yang ukuran adult-nya di 5-6 jut. Duh untung pake mikir dulu.

Trus kayaknya gw belom punya sepatu yang shade-nya ijo gitu. Yeezy punya tapi di type 350 versi 2 nya, nama shade-nya yg gw pengen Flax dan/atau Butter. Niat ke toko offline tadi sebenernya pengen nyobain fitting gitu ke sepatunya, tapi kok ni toko jualnya warna-warna yang mahal banget, dan warna yang gw pengen gak ada. Gak berani deh gw mau nyobain pake. Trus setelah tanya mbaknya dan liat plus pegang (sepatunya, bukan mbaknya ya), si 350 v2 ini ngambil ukuran lebih gede dari yang biasa pake. Jadinya gw cukup yakin kalo ukuran gw di 9,5 US atau 43 1/3. Gak ngerti sih kenapa, biasanya 40 atau 41 udah cukup, tapi Adidas yg futsal dulu gw juga 43 ukurannya. Warna yg gw pengen tadi udah ada sih di wishlist tokped, ukurannya pas pula 9,5 tadi. Harganya juga cocok. Tapi masih mikir perlu gak sih nambah (lagi) sepatu di masa yang gak bisa ke mana2 ini? Dan sebenernya sebulan yang lalu juga baru beli sepatu Puma yang ada warna ijo neon-nya gitu... HAHAHA

Mumpung ke Bandung, gw mencoba untuk semaksimal mungkin belanja online baik tokped maupun gograbfood. Duh belanja online kalo alamat lo di Bandung dan toko di Jakarta doang, pilih free ongkir ternyata nyampenya tetep besoknya loh...! Ya asal masih sebelum jam last shipment si tokonya pada hari itu sih. Dan kalo gak mau ribet, gw bisa pilih yang tokonya di Bandung juga, bisa instant deh! Kalo di Bengkeles, pilih free ongkir minimal baru sampe 4 hari kemudian, kan kezel. Instant kalopun ada paling yang jual cuma makanan/bahannya aja.

Trus gograb juga kan di Bengkeles paling mekdi, ricis, sederhana, keyefsi. Di sini ada Hokben lah, Wingz, Janji Toast, Stabaks, dll. Udah gitu kesampean juga nyobain Eskalasi Kopi jualan temen seangkatan kuliah, dan Oza Tea jualan kakak tingkat kuliah... Unch happy! Tapi sekarang gw bingung mau beli apa lagi ya mumpung di Bandung?

Gw seneng sama parfum, sesuai dengan motto hidup gw “Biar gak mandi yang penting wangi! -Si Juki”. ‪Tapi yg gw tau mengenai parfum hanya urutan bagus ke encer: EDP, EDT, cologne. Dulu taunya juga, EDP cuma ada buat wangi cewe. Setelah tau cowo juga ada EDP, langsung pengen coba punya yg asli deh setelah selama ini cuma beli isi ulang doang. Apalagi punya temen kerja jadi manager department store yang stories IG nya sering banget promosiin parfum yg kantornya jual bikin mupeng. ‪Tapi kok ya belum juga tega beli parfum doang 1,5jut buat 50 ml.

Trus entah kenapa nemu olshop jual share in bottle 5-10ml. Gelap mata lah beli 7 macem parfum 500rb. Gatau lah ini bener share dari botol asli apa refill-an yg dimahalin, tapi store dan reviewnya sih bagus dan harganya lebih mahal dari isi ulang tentunya. Paketnya baru aja nyampe saat tulisan ini dibuat, tapi sayang2 banget karena cuma 5-10 ml jadi gak tega makenya... Beli 7 macem gratis 7 botol mini gitu pula, nampaknya ada sih yg bocor2 dikit, tapi enak wanginya shalala... Astaga tapi gimana ya gw bawa balik Bengkeles besok? *facepalm*

Oh iya saat di Bandung late August kemaren jalan ke outlet Adidas di Bandung sempet beli jaket windbreaker gitu. Ini karena Mbak Ssinnim yang hobi banget pake windbreaker Balenciaga-nya yang lucu banget, tapi kemahalan amat buat gw. 15 jutaan aja dong. Udah liat juga sih ke Adidas yang retail di mol, ada yg lucu dengan logo segede gaban, harganya 1,6 aja. Hemmm masih belom tega.

Ada 2 nih Adidas Outlet. Pertama liat outlet yang di Dago tapi gak ada jaket windbreaker, besoknya ke Outlet yang deket Bubat. Sekali muter nemu, tapi warnanya kuningggggggg banget udah kayak Pisang Sunpride. Trus muter lagi nemu yang biru navy tinggal satu ukuran XL, dan putih banyak tapi S semua. Pas nyoba yang navy, lucu sih, tapi agak biasa aja, kurang “ADIDAS” gitu. Gw lagi suka loose fit top gitu kan (karena TT gw ampun dah huhu), dan emang Mbak Ssinnim juga pake track jacket Balen-nya juga gombrang2 gitu. Akhirnya beli aja deh, kena 840rb udah diskon. Huks.

 

Early September:

Udah balik Bengkeles nih pada akhirnya. Trus karena keseringan buka web Adidas buat coba ikutan raffle, tau deh lagi ada ekstra diskon buat barang yang udah didiskon. Iseng2 lah masukin ke cart. Eh bener dong lumayan banget diskonnya! Jadi gw masukin sepatu yang gak hypebeast tapi tetep famous dan crowned as best lifestyle running shoes sama Abang Seth Fowler. Harganya 1,5 setelah diskon. Trus tambahin kaos, celana 2 biji, dan kaos kaki yang diskon juga, eh pas check out cuma kena 1,6 UNTUK SEMUANYA. Kesel gak tuh? Ekstra diskon 40% kalo beli 4 item or more barang yang udah diskon.

Lumayan bikin kalap sih, tapi ya namanya barang udah diskon, pasti pilihannya gak banyak. Tapi tetep lebih banyak daripada kemaren di Bandung sempet ke outlet Adidas juga. Sempet juga cari windbreaker websitenya, gak nemu yang sama persis sih, tapi kayaknya ada yang murahan dikit dan kalo kena dobel diskon bisa cuma kena 400 kali.. Dan baru inget pas di outlet itu sempet liat kaos kaki 80rb dapet 3 huf lupa diambil, makanya beli dari websitenya juga aja deh walopun lebih mahal. Check out lah ya... Tapi Ya Tuhan... lama banget dikirimnya. 2 minggu aja dong. Udah kayak pesen barang dari Kroya.

Eh, padahal kemaren2 sebelum ke Bandung inget pengen nyobain belanja di satu website yang jual merek yang banyaknya di Kroya. Tapi, duh belanja mulu deh. Pas nulis ini post juga lagi nungguin 4 paket tokped, 1 paket sopi yang katanya dikirim jadi 2 paket, paket Adidas tadi, sama paket Kick Avenue hasil kalap pengen dapet raffle ticket bari jeung gak menang apa2. Trus pengen jastip minta beliin kardigan ke Kroya dari yang penjual paket sopi barusan pula...

Nama website-nya The Fepi. Awalnya pengen sepatu MLB tea sih, tapi huduh sepatu mulu. Dan paduan warna yang gw pengen gak ada juga. Trus iseng lah cari kaos. Eh ada kaos tangan panjang yang tangannya ada karetnya, dan berkantong. Mereknya Carhartt, termasuk streetwear yang ngetren lah walopun desainnya simpel banget. Trus ada kaos Champion juga. Udah punya sih merek itu, cuman gak begitu lucu aja ternyata, dan abu-abu yang kalo keringetan dikit langsung nyeplak. Udah sampe shopping cartnya, diskon2 eh masih 2 jeti juga. Gatau deh mau gw check out kapan jadinya...

Trus pertengahan bulan September, gw membulatkan tekad untuk beli juga deh karena ada extra diskon (walopun gak sampe mapuluhrebu acan). Akhirnya yang di-check out kaos Fila long sleeve sama kaos Carhartt model henley yang ada kantongnya. Lumayan abis 1,3 cuma buat 2 kaos itu huff... Dan ternyata baru inget kaos model henley (kerah bulet tapi ada kancingnya di dada 3 biji) warna ijo udah punya dong, walopun yg ada sudah ngetat seksih sih...

 

Late September, pasang alarm gih, bentar lagi September Ends, kali ada yang janji sama yang perlu dibangunin. :

Udah selesai nih tugas di desa sementara. Karena gak bisa ke mana2 (bisa sih, cuman masih parno aja), akhir2 ini jadi makin sering buka apps dan website online shopping.. Padahal gatau butuh apa.. semuanya cuman keinginan.. Kemaren sih headfon patah, earfon blutut dan earfon detachable ilang sebelah belom beli gantinya. Tapi da cuma ingin aja. Gak butuh2 amat karena masih punya earfon blutut 1 lagi. Juga karena gak kmn2 tadi, ngapain juga pake earfon?

Pengen ikutan raffle sepatu (lagi) juga hanya pengen, masih ada 1 sepatu yg belom dipake keluar sekalipun acan. Kalo mau bisa sih dibisnisin, cuma, dapetnya aja susah.. kalo dijual ternyata gak untung banyak ya sayang aja. Mindsetnya juga masih “beli buat pake” bukan “beli buat invest” karena kalo udh dipake kayaknya gak bisa deh dijual lagi dengan untung.. *kecuali beli Air Dior kali ya wic is ya elu aja gih beli sepatu retailnya 15juta tapi kudu gelut dulu, baru setelahnya bisa resell 200juta.

Emang aga salah sih coping with stress gabisa kemana2, dengan belanja.

Cuman banyak aja alesan kalo mau coping wit stresnya dgn sumthin artsy.

Suka nyanyi, gambar, tapi cepet bosennya dan capenya.

Ngobrol? Belom nemu “lawan” yg enak..

Yutuban aja bosen..

Playlist hp banyak skipnya drpd playnya..

Belom lagi liat pemerentah endonesa yang ngadepin pandemi ini terlalu nyantai dan seneng bandingin sama negara yang penduduknya lebih banyak, “gak separah mereka kok...” Haduh. Kalo cuma ngurusin se–kabupaten kayak kemaren tugas gw ke desa itu, nyantai sih yaudahlahya gapapa. Orang pake masker aja kadang malah terlihat aneh kalo di daerah yang “zona hijau” tuh. KU KANGEN KABUR KE SINGAPUR FOYAFOYA PLISSSS huhuhuhu...

No comments:

Post a Comment