Thursday 14 March 2019

changed my mind (?)


I know kemaren2 pernah ngetwit atau igstory how ridiculous orang2 yang membelanjakan IDR10juta-MMan hanya demi sebuah fashion item kayak tas atau sepatu. Trus perkara mikir 30x beli dompet kartu IDR800ribu doang tapi kepengen card case Alexander McQueen (bukan pendukung capres Smackqueen Yaqueen ya) karena logo dan hardware tengkoraknya yang edgy bin keren banget, yang jadinya cuman beli si card case Obermain yang IDR800ribu dapet free ID card case yang ada 3 slot kartu dibaliknya.


always put so many unnecessary things on my wallet, LOL
LOVE deh mana card case-nya ada 12 slot cocok banget buat gw yang banknya banyak #ad #iwish #LOL (sumpah punya 5 rekening berasa banyak banget and ribet, tapi kalo gak dibawa semua berasa gak pake CD #lebay), 1 CC (and planning to get another one tapi gak ada yg nge-approve huhuhu), e-money (harus punya mandiri dan bca, tapi kmrn dikasih bni juga) and other necessities like KTP, SIM A dan SIM C, belom member2 yang bejibun (walopun belum tentu semua berguna hahahaseum), etc. 
















Tapi sekarang gw jadi tertarik banget punya luxury brand/designer stuff non-baju, which means tas; pouch, key case/pouch, dll yang masuk kategori SLG (small leather goods); atau sepatu. Kenapa non-baju? Karena kayaknya kalo t-shirt, kemeja, jas, jaket, celana, mending beli merek lokal (Matahari, Yogya, distro murudul nu mirah tur alus Ceuuuu…), high street (macem Zara, Uniqlo, dll) atau disainer lokal sekalian aja sih. Gw punya prinsip mengenai designer stuff: harus ada part yang iconic dan timeless di barang tersebut, misalnya print, model/tipe, atau logo. Barang itu juga harus durable sih, walaupun kalo designer stuff ya harusnya kita rawat seapik mungkin (secara mihil).


I’ve been a fan of this girl since maybe last year. And a few months ago, she opened a new channel just talking about designer goods. Ceu Stella upload this and I’m kinda agree. Sekarang ngetreeeen banget t-shirt doang dengan logo brand, dijual IDR5-10juta. WTF. Mending kalo itu t-shirt dibuat dari kulit buaya kek, atau ada sensasi minty cooling saat dipake (lupikir permen atau body lotion?). Tapi ya hanya kaos, 100% cotton (which you can get a nice one starting from IDR50ribu), terkadang tipiiiiiiis hingga carang, kalo dicuci asal2an tetep bakal melar2 atau ciut2 gak jelas atau sablonannya kekopek gitu. HIH. Gak ada mewah2nya deh selain logo brand-nya.

Yg gw gak setuju sama si Eceu, kalo sepatu sih gw seneng2 aja, gak heran2 amat sama sepatu IDR10-30juta. Karena kan disain, material, ekslusivitas dari sepatu itu “mahal”. Walaupun emang sih dulu udah ditanamin di otak sama Nyokap “beli sepatu jangan yang mahal, bayar segitu diinjek2 juga” jadinya masih agak sayang duit dan mikir 30x beli sepatu kalo udah juta2.

Let me tell you why I begin to have interests in designer/luxury brand stuff. Bukan mau niat sombong ya sama sekali, karena apalah gw dibanding semua youtuber yang gw tonton demi tau dia pake barang apa aja di brand apa aja.

Gw alhamdulillah baru naek gaji, lumayan banget sekarang jadi sekitar 2x lipatnya, dan baru dirapel akhir taun kemaren. Orang lain beli mobil, ambil utang lagi biar bisa bayar cash rumah, nabung di saham, dll.

Gw pengen sih punya mobil, udah kebayang mau nyicil Ignis biru yang atep putih trus ganti pelek 16 inch dst dst dst. Tapi belom bisa nyetir. Mau ditaro di Bandung, Nyokap pun gak mau nyetir. Pulang ke Bandung sebulan sekali aja engga. Yang ada mobilnya teronggok aja gitu. Mau dibawa ke Bengkulu ribet. Kalo awal taun gini ditinggal terus pulak.

Terus mau ada rencana S2 ke luar negeri juga. Makin gak ada yang ngurus. Dan juga sayang duitnya kalo jadi ke luar negeri karena gaji bakal kena potong jadi harus punya tabungan dengan jumlah yang aman.

Kalo masalah inves, udah ada yang gw taro di SUN, karena gak perlu diapa-apain bakal dapet bunga lumayan gede tiap bulan.

Betulin rumah Bandung? Nyokap sendiri masih sibuk kerja. Kalo gak ditungguin gak bakal selesai2.

Jalan2? Belom keliatan waktu yang cocok. Jadinya gw pengen deh punya luxury stuff. Tapi karena duitnya gak sampe se-Chanel Classic Bag baru acan, jadinya pilih-pilih banget mau beli barang.


dangerous! (ebay.com)
Diawali dari satu ig account yang jual barang authentic baru atau 2nd. Gw nemu satu passport case merek Louboutin. Warna luarnya item tapi dalemnya merah, trus di satu sisi luarnya ada spike/stud warna item. SUMPAH KEREN. Edgy but understated. Dalemnya juga suka, ada passport sleeve, slot kartu, sama slot yang bisa buatboarding pass panjang karena gak dijait atasnya. Beberapa kali nanya adminnya jawabannya agak jutek gitu huff. Mungkin bosen kali ya sama yang nanya tapi gak ada niat beli, atau niat beli tapi nipu. Rabu minta di-keep karena mau nunggu ada duit cair lagi dia gak mau, akhirnya setelah duit cair Sabtu, nanya lagi eh langsung bilang udah sold. Huhuhu.. 









Sebelum minta di-keep sempet nanya kalo beli LV gitu2 murahan di Singapur apa di Jakarta atau di Hong Kong. Jawabannya juga gantung nyebelin, “harga sama aja” gatau jawab pertanyaan yang mana. Iya sih sempet browsing juga kalo karena tas gitu2 udah gak masuk barang mewah jadinya gak kena pajak barang mewah lagi di Indo. Tapi tetep gw iseng lah ke Singapur.


Udah dibuat list nih mau beli apa aja, termasuk pengen cari toko yang jual barang vintage dan 2nd lux item juga. Trus liat harga apa aja. Eh toko yang jual barang vintage dan 2nd lux item-nya pada tutup semua pas weekend. Mau masuk lux store kok pada ngantri, HIH males. Akhirnya cuman beli toner (yang gw bete sebelumnya mau pake jastip tapi bilang sold out trus gak bales2 lagi pas gw tanya), dan beberapa hal kecil.


Hari Senen-nya kan gw pesawat jam stgh5 sore ke Jakarta. Trus gw niat ah ke mallnya Marina Bay liat apa yang mungkin bisa gw cari. Gw check-out jam 10 trus titip tas dengan rencana ambil lagi jam 1 trus cus ke bandara. Di mallnya kelamaan (karena apalah gw tanpa nyasar dalem mall) trus langsung balik ke hotel dan cus ke bandara naek subway. Sampe bandara, gw mau makan karena belom sempet maksi, mo ambil duit di tas. Dan pouch isi paspor sama duit gak ada dalem tas. DHEG. Terbersit pikiran ah bodo ah duit doang kan, dompet kartunya ada. Trus setengah detik kemudian PASPOR CUUUUY! GIMANA BISA PULANG KALO PASPOR GAK ADA?????



huf pouch swialan

Panik lah gw.

Mo naek subway lama.
Oh iya ada keajaiban transportasi bernama Taksi.
Lari2 cari atm karena pernah supir taksi nyaranin bayar cash aja, kalo pake non-NETS kena charge mahal.
Trus ambil taksi dan sampe, bayar SGD22.
Ke Sephora karena itu doang (?) toko yang gw masukin, gak ada.
Trus ke staf di luar concierge.
Gatau.
Disuruh ke pos security.
Dimarahin.
Disuruh ke concierge staff yang di dalem.
Bikin laporan pouch gw ilang.
Lamaaaaaaaaaa.
Trus dibilang ada.
Tapi gw harus ke concierge satu lagi.
Lari2 ke sana.
Lapor.
Concierge staff-nya telpon lamaaaaaaa lagi.
Bilang entar security ke sini bawa pouch gw.
Nunggu 10 menit.
Kebelet.
Cari WC.
Udah selesai pipis masih nunggu.
Akhirnya dateng.
Suruh isi segala macem dan suruh email pelayanan si security gimana.
Mana gw peduli.
Trus cari taksi lagi.
Ngantrinya ternyata gila.
Pesen grab.
Dapetnya taksi biasa kayak Go-Bluebird gitu.
Disuruh agak ngebut supirnya bilang gak bisa karena ada speed camera.
Sampe bandara.
Bayar SGD24.
Ke isle Batik buat check in.
Udah boarding.
MAU NANGIS.



Gimana gak mau nangis, ini adalah pertama kalinya seumur2 gw naek pesawat (mungkin pertama kali naek pesawat taun 2004, tapi mulai sering sih 2015) ketinggalan. Pernah ampir ketinggalan tapi pesawatnya delay jadi tetep pake pesawat itu juga. Trus si mbak2nya nawarin naek Lion terdekat jam 17.15 dan kena charge Rp400rb. Yaudah naek itu aja.
 

key holder impian saat itu (hk.louisvuitton.com)
Trus check-in barang lama banget karena gw bawa toner 500mL tadi takutnya kena sita pas mau naek pesawat kan sayang. Abis imigrasi kan ada outlet LV. Masuk bentar cuman mau nanya key pouch yang gw udah incer banget, harganya SGD317 (kalo gak salah denger). Trus buru2 ke gate karena bentar lagi mau boarding juga. Sepanjang perjalanan pesawat BETEEEE karena turun kelas tapi tambah bayar. Mana kelaperan lagi kan kalo Batik masih dapet snack.








model baru ngikutin trend agak ke-daddy shoes-an (westsideclothing.co.uk)
Sampe jakarta gw mau langsung ke mall aja cari makan abis itu baru cari Nike Airmax 270 atau Airmax 90 klasik yang gw incer juga di Singapur ada tapi kayaknya mahal dan gw pikir di Jakarta juga banyak. Lagian ribet juga bawanya kalo dari Singapur kan. Eh udah keliling store resmi dan sneakers shop gitu di GI ternyata warna yang gw mau yaitu triple black gak ada. Emang udah ngidam kets all black gitu. Yang laen berasa alay gitu kombinasi warnanya. Oh iya udah sempet cek website resmi sih, harganya cuman Rp1,9juta. Coba check out cart, eh pajak segala macem Rp800rb jadi total Rp2,7juta gak bisa coba dulu pula. Huaaaaa KZL tau gitu beli aja di Singapur cuman SGD230.

atau yang ini sih, modelnya gak kemakan zaman (footshop.eu)
















Besoknya ke PI mau ke LV Store yang kayaknya flagship. Key holder yang gw mau gak ada lah. Dia bilang ada di PS atau di PP. Trus gw nyebrang ke GI lagi karena kemarennya mau beli sesuatu di Uniqlo tapi udah tutup (baca: ngusir), gak jadi deh. Terburu2, gw lupa mau liat toko Louboutin di PI. Nyesel deh gatau harga kalo mau bandingin sama Singapur.

iseng banget deh kalo dipikir ngidam ginian..

Lanjut ke PS. Tralala, beli deh. Louis Vuitton 6 Key Holder in Damier Graphite (kedua dari kanan kita). Sebenernya mau yang Damier Ebene kayak foto yang atas (paling kiri kalo foto di sebelah), cuman adanya 4 Key dan itupun di Pacific Place. Juga sebenernya agak bete sih karena hardware-nya ada goresan gitu, tapi si SA-nya bilang dari Perancis emang gitu gak ada plastik pelapis lagi, dan itu satu-satunya. HUF. Ada sih di print Damier Azure (paling kanan) tapi putih? Cepet dekil. Dan terlalu wanita buat gw. Saat nanya harganya, Rp3,7juta. Hua tau gitu beli di Changi aja. Kalopun rate-nya Rp11rb, tetep masih lebih murah Rp200rb dibanding di Jakarta.






my first ever luxury brand purchase!!!
Kenapa gw ngidam ini, karena awalnya gw pikir butuh tempat buat 5 kunci: kunci mess, kunci motor, dan kunci rumah Bandung yang ada 3 macem. TMI, gw abis dari PS balik ke hotel untuk ambil titipan tas, trus ke bandara karena dapet pesawat jam 16:25. Ke hotel naek apa? Gojek. Kayak, aneh banget sumpah bawa tas belanja orange yang "silau" ini tapi naek ojol. LOL! Jadi inget meme yang pernah heboh driver ojol masuk toko LV, masa sih ada yang go-send ginian? Ah kayaknya ada orang store-nya aja yang nge-gofood (gatau ini suudzon apa khusnudzon ya hahahaha!)



Ternyata setelah gw pikir lagi, ngapain juga gw bawa2 kunci rumah kalo cuman di Bengkulu2 aja. Akhirnya gw ngidam lagi untuk beli key pouch khusus kunci kamar mess dan motor, yang bisa gw taro SIM, STNK, dan duit atau kartu secukupnya, biar kalo mau jalan cari makan doang atau apapun sekitaran "kota" Bengkulu tinggal bawa itu dan HP. Yes ada alesan buat belanja ke Singapur lagi!! #eh?

SUKAK! (matchesfashion.com)

Browsing2, nemu yang masuk kategori cuman Louboutin Panettone Key Pouch, sama Fendi Bad Bugs Key Pouch. Louboutin ini sama persis feature-nya sama passport holder CL yang dibilang sold sama seller jutek kemaren. Bagus lah karena kayaknya gw gak kepengen punya warna yang sama persis buat lux SLGs or bag gw (setelah punya 6 key ring LV, gw yang awalnya pengen punya Dayton Reporter MM jadi males karena print-nya yang sama. Lagian kemahalan). Nah, belom ada kesempatan lagi sampe saat ini untuk ngecek harganya di Jakarta karena Ketua Tim saat ini rajin amat pulang baru Sabtu sore. Sekalinya pulang Sabtu pagi, pesawat udah Rp1,5 semua pp Rp3juta ke Jakarta doang. Sumpahnya ih ini tiket pesawat kenapa bikin setres.
 






Fendi key pouch di model Bad Bugs atau Monster lucu banget, jadi ada bentuk mata galak segitiga ala anime-ish gitu. Kalo dapet yang season2 sebelumnya sampe ada bulu mata ala kayak ulet bulu gitu (baru nyadar itu paint doang perasaan kmrn di youtube bulu2 beneran??) Sayang harganya sekitar Rp3juta lebih mahal daripada CL kalo liat webnya.
AAARRRGH (shopstyle.com)















Dari cuman pengen punya passport case jadi melebar ke mana-mana eh passport case nya dilupakan. Di luar CL kemaren, ada MCM yang gak semahal “halo brand” kalo kata Teteh Sophie Shohet (tapi tetep mahal), yang gw tertarik juga untuk punya. Print-nya iconic, trus ada boarding pass sleeve, dan malah ada zippered pouch. Agak keramean sih dibanding CL kemaren dalemnya, dan gak gitu kebayang passport gw kalo ditaro di situ kek mana bentuknya. FYI, brand ini dibeli pengusaha Korea, jadinya harga si passport case MCM ini emang agak murah dikit di Korea dibanding US, karena jatohnya udah jadi brand sana dan made in situ juga. Trus kebetulan nemu ada orang yang buka PO hand carry Korea. Bisa kali ya beli di sana. Emang masih agak trauma sih sama 2 seller yang udah gw sebut di atas, cuman ya coba aja lah. Responnya sih bagus, ramah, dan mbaknya penganten baru lagi hamidun. Akhirnya cobain PO album kipop dan passport case itu deh.
lucu sih, tapi aslinya gede banget buat paspor




Tapi kurs kalo cuman browsing sama kurs buat customer biasa emang suka beda jauh ya? Awalnya mikir bisa hemat +- Rp300rb karena menurut gugel KRW 1 = IDR 12,5 , eh kata si mbaknya dia beli kena kurs KRW 1 = 13,4. Keliatannya kecil sih tapi kalo udah beli barang > KRW 100.000 ya berasa lah. Curiga kalo gw besok2 ke store MCM di Jakarta apalagi di Changi bakal berasa rugi karena lebi murah huhuhu. Sekarang masih nunggu dikirim. Seharusnya tgl 21 udah dia kirim tapi katanya delay sampe tgl 23 nungguin bubble wrap. Yaaaaah baru bisa liat barangnya minggu depan deh karena paling baru sampe tgl 25, dan tgl itu udh ke desa lagi. Hiks…



 *update setelah liat si passport case MCM: yah ternyata gede banget ya? bukan cuman passport sleeve doang tapi dompet besar yang bisa dimasukin paspor. agak nyesel deh mana mahils dan ribet belinya.. huhuhu*









what a beauty..
Selain itu gw ngidam banget punya tas selempang Coach namanya Metropolitan Camera Case in Signature Leather. Gak segede Dayton Reporter MM yang bisa muat Macbook Air gw, tapi kayaknya gw gak butuh2 amat sih tas segede gitu (sekarang). Lagian baru inget kemaren dikasih tas messenger Fossil (kayaknya gak asli deh) dari Nyokap yang muat laptop tapi gak cocok buat casual saking gedenya. Padahal udah gw bilang gak usah beli karena belom tentu asli, eh beberapa minggu kemudian Nyokap ngasih liat tas itu ke gw dan beli seharga Rp1,5juta. Hufffffff.



BTW si Coach ini warnanya item dan ada iconic print nya yang uWu, cuman yang ngerti fashun aja yang tau (berasa udah fashun pipel aja gw LOL), gak se-in your face monogram-nya LV (yang banyaaaaaaak banget orang pake KW-nya). Jadi sukakkk. Di twitter gw ada yang karena saking seringnya liat gitu tas di mall2, langsung nganggep semua yang pake tas branded adala KW, sampe dikatain suudzon. HAHAHAHA.


Tapi kok liat review orang-orang tentang tas Coach, pada beli cuman maksimal USD200. Belinya di factory outlet sih yang biasanya barang reject dsb.. sementara tas yang gw mau di website resmi sepur harganya SGD650. Makanya mau liat lagi nih ke sepur soalnya ada factory outletnya, ada gak model yang gw pengen.

tetep suka yang ada mata galak anime ngintip (fendi.com)
Liat merek lain, pengen banget punya Fendi. Agak sedih juga kemaren denger Opa Karl Lagerfeld meninggal. Ku pikir masih 60-an loh umurnya, ternyata udah 80 toh.. Tapi selain mihil bingits, model2 messenger bag-nya kurang cocok sama gw, terlalu futuristik dan gak convenient aja keliatannya. Depannya cuman kunci cetet yang bisa dirogoh, tengahnya ada retsleting tapi gak jelas ukurannya gede apa kecil. Gw gak gitu suka aja tas tanpa retsleting buat kompartemen utamanya.



 
Menurut pembelaan gw, apa yang udah dan gw pengen beli udah cukup reasonable lah. Dari youtuber2 yang kontennya lux brand, gw kurang lebih ikut saran2 mereka kalo mau dive in ke lux brand kayak menghindari barang lux brand yang kualitasnya jelek atau rapuh, atau sangat-sangat trendy (kalo terus ada tren baru, barang kita langsung jadul aja gitu), atau save for a better purchase.


algorhythm... is cruel



Ada youtuber juga yang kemaren kesel karena LV Keepall canvas nya bolong padahal (cuman) ketusuk ujung Macbook dia doang. Trus ada youtuber yang juga bilang gak aman kalo itu tas dititip di hotel setelah check out dan hanya ditaro di lobby, gak masuk ruang simpen tas khusus, sehingga mending dilipet dan masuk koper aja. Gw yang awalnya pengen punya lux brand stuff gara2 algorithm IG sering nampilin LV Keepall dan gara2 Dedek2 Wanna One selalu ada yang pake itu tas buat airport fashion-nya, jadi nambah 3000x lagi mikir mau punya ini duffle bag. Starting from Rp22juta di Changi dan Rp27juta di Jakarta, atau 2nd mulai Rp9juta tapi print-nya in your face banget kayak tadi gw bilang, gimana gak mikir 6000x?

















Kalo dibaca lagi, bertolak belakang banget gak sih sama kata2 gw di awal kalo branded itu harus ada logo atau print iconic, LOL. Tapi print iconic juga banyak sih yang settle, kayak seri Damier nya LV, Gucci kalo yang abu2 juga gak se-lebay yang coklat.


Kemaren sempet liat status senior yang bilang kalo kita beli barang trus barang itu ilang kita bete sedih etc, berarti kita belom mampu beli barang itu. Gw gak begitu setuju ah, karena gw langganan ilang barang yang harganya gak seberapa. Tapi isinya, gunanya, atau nilai2 sentimentil-ish dibaliknya gak bisa diganti, jadi bete, kesel, sedih, bego2in diri sendiri, bego2in yang nemuin tapi gak balikin, dst (di post ini aja ampir ilang paspor. Biaya ngurusnya? Gak seberapa mahal. Effortnya? Kemaren karena bikin di Bengkulu gak sebesar kalo bikin di luar Jakarta atau Bandung. Tapi hidup dan mati banget gak sih kalo lagi di luar nagrek? #lebay). Jadi sami mawon.

Intinya sih kita harus jaga semua barang kita mau itu mure mau itu mahal. Masalah mampu-gak mampu, kalo abis beli barang itu kita masih bisa makan, tidur nyenyak tanpa ditelponin debt collector fintech zaman now, beli bensin, bayar kosan, bayar cc, bayar SPP anak, dst kayaknya masih masuk akal dibeli.

dream bag! cuman 60ribu USD aja kok ternyata HAHAHA (1stdibs.com)
Harus lah ada pembagian dari kalo misalkan dapet uang kaget, kayak 5% buat sedekah, 30% buat invest, 30% buat nabung, dsb (persentasenya terserahhhhhhhh). Tapi harus ada juga sebagian dimana kita splurge buat diri sendiri, kayak beli HP balu kek, makan macaron 15ribu 1 biji kek, nginep di hotel yang view-nya langsung ke Petronas Tower kek.
 


Well, iya sih dia udah jadi ortu. Gw suatu hari nanti kalo udah jadi ortu juga mungkin lebih suka splurge buat anak daripada diri sendiri (kayaknya). Atau gw mungkin splurge buat diri sendiri tapi yang bisa diwariskan ke anak..? LOL boleh aja kan jadinya beli tas LV atau Hermes yang asal terawat, makin vintage makin mahal.. Wakakakakakakak.

No comments:

Post a Comment