Wednesday 4 July 2018

seharusnya bikin motivation letter elpidipi malah ngetik ginian


Sebenarnya gak penting sih, (emang kapan pernah penting?) tapi pengen aja nulis ini.


Disclaimer: gw dalam per-keipop-an gak pernah sangat memihak atau ngefans banget kepada satu grup tertentu. Gw menganggap kalo gw sangat-sangat multi-fandom, walaupun tetep aja sih ada satu atau beberapa grup yang nomer satu di hati gw dalam satu periode tertentu, dan itu tuh cukup sering berubah-ubah. Makanya gw gak ngerti sama oknum fans-nya Blackpink atau Red Velvet yang benciiiiiiii banget sama Twice, atau sebaliknya atau sebaliknya lagi. Pokoknya salah satu dari kombinasi itu deh. Wong 18 orang itu akur-akur aja bahkan ada yang sobatan antar grup kok.


Kalo dibaca lagi, disclaimer di atas kok nggak nyambung sama inti tulisan gw di bawah ya?


Tapi gw merasa terganggu aja sama agency yang promoting grup keipop mereka tapi gak full team kecuali kalo emang konsepnya sub unit. Dan itu seriiiiiiing banget terjadi mau di grup yang famous ataupun gak, grup dari agency 3 besar ataupun agency yang bikin MV aja hanya bisa seadanya. Emang sih alasannya terkadang kesehatan si member, atau satu dan lain hal yang kalo dipaksain terkadang malah keliatan tega sama si member yang gak ikut promoting. Tapi kalo gw sih ngeliatnya kasian aja si member yang kena “setrap” gak bisa ikut promosi, apalagi kalo grupnya grup baru dan belum banyak solo activities. Trus lebih suka kalo mereka tetep muncul bareng grup mereka walaupun sambil duduk doang gak ikut dance (kalo alasannya karena injury). Soalnya kalo menurut gw, si member yang harus hiatus udah mah sakit badan karena injury, trus jadi kesel sama diri sendiri dan setres karena gak bisa ikut promoting, dobel deh sakitnya fisik dan pikiran.



Beberapa contoh yang gw inget dan bisa angkat topi banget itu:

1.       Shinhwa jaman promosi Venus. Om Shin Hyesung cedera kakinya gara-gara pas konser
om ketiga dari kiri kita itu dancer pake topeng yang harusnya Om Hyesung
(apa showcase ya?) lagu barunya itu salah posisi mendarat pas loncat dari panggung yang emang model nge-spring gitu. Di promosi music shows, part dia nge-dance diganti sama dancer yang bajunya disamain konsepnya sama member lain, tapi pake topeng mata ala phantom of the opera gitu karena dancer lain juga sama ditopengin. Trus pas solo part-nya, Om Hyesung nyanyi sambil pose berdiri aja, jadi kayak featuring gitu. Tapi akhir-akhir mau makbang (majimak bangsong/
마지막 방송 = minggu terakhir promosi lagu tersebut di music shows), Om Hyesung ikut dance lagi karena injury-nya udah (dianggap) sembuh. Keren deh pokoknya. 

2.       Ailee jaman promosi Mind Your Own Business (Neona Jalhae/너나 잘해). Kalo gak salah
ouch! but, make it fashion!
Ceu Ailee ada tulang di kaki apa jari kakinya yang retak atau patah pas syuting video musiknya. Ckckck kasian banget kebayang. Trus si Eceu kan Solo Singer pula. Kelanjutannya adalah, Ceu Ailee promosi di music shows dengan heels di kaki yang satu dan gips di kaki yang patah/retak. Nyanyi sambil duduk di stool dikelilingi dancer. Tetep keren karena suara Ceu Ailee yang malah makin cetar membahana karena gak secape ngos-ngosan duluan sama koreo.










3.       Ze:A jaman Aftermath dan Phoenix. Aa Junyoung cedera ankle-nya. Tapi dia
dance nya cuman ber-8

masih muncul di 2 music video itu, dan di lagunya juga masih ada suara dia. Udah gak ikut koreo sama sekali sih di music video-nya, dia cuman duduk-duduk dan berdiri pose ganteng aja. Kalo gw jadi dia sih seneng karena masih merasa dilibatkan. Walaupun setelah promosinya selesai, si Aa malah ngambek sama agency-nya, kalo gak salah karena gak dikasih job sama sekali.

 
tapi promo pic nya ber-9

 
trus kalo si Aa Junyoung muncul ya duduk-duduk ganteng gini aja







Contoh yang menurut gw jatohnya tega sama member yang kena “setrap”:

1.       Hello Venus waktu debut. Membernya kan berenam, tapi karena satu member (yang sekarang udah eks-member) Neng Yoonjo cedera, gak ikutan promo debut single, sampe baru single ketiga ikut promosi lagi. Kesel sama diri sendiri gak sih kalo gitu, udah cape latihan, eh cedera dan pada akhirnya gak bisa ikut promosi. Kalo kelamaan bisa dilupakan aja gitu sebenarnya membernya berenam. Di debut reality show-nya sih Neng Yoonjo ada ikutan beberapa corner, salah satu yang gw inget waktu belajar bahasa inggris, tapi ya cuman sekelebat duakelebat doang dari sekian episod.


2.       Lovelyz juga waktu debut. Membernya berdelapan, tapi karena Neng Seo Jisoo kena gosip (yang udah proven wrong sih katanya, tapi tetep aja bikin drop si Neng..), dia gak ikut promosi lagu debut dan single kedua. Baru join di single ketiga. Yang gw inget banget adalah, di reality show mereka pas promosi single ketiga, si Neng Jisoo bilang “Saya gak nganut agama apa-apa, tapi rasanya saya harus terima kasih sama “tuhan” karena bisa melalui masalah ini dan bisa promosi lagi sama Lovelyz.”

another "sebelah heels, sebelah gips" LOL, but cool!
Trus di single keenam “Wow”, Neng Jung Yein cedera ankle setelah syuting music video jadi mereka promosi di music shows cuman bertujuh. Tapi Neng Yein ikut pas acara-acara non perform kayak semacam fan meet dan talk show. Kayak gini masih gw hargai karena si member masih bisa ikut promo dan gak ngejugruk aja di dorm sendirian terus-terusan.






Di single ke-10 yang baru aja rilis, Neng Myungeun gak ikutan dari music video sampe promosi karena gosipnya mobil mereka kecelakaan. Sementara member lain gak apa-apa, Neng Myungeun yang parah sendiri. Hufff... mudah-mudahan cepet sembuh. Tapi rada males aja mau masukin lagu barunya ke playlist gw karena gak full team walopun kejadian ini bukan maunya siapapun.


4.       EXID mulai dari Night Rather Than Day, DDD, sampe Lady. Sebelum comeback Night Rather Than Day, mereka ngumumin kalo Teh Solji hiatus karena sakit hipertiroid. Jadinya promosi cuman berempat. Okey lah gak apa-apa karena sakitnya gak biasa dan mempengaruhi banget fisik karena kalo gasalah bikin mata bengkak dan muka bloated abis sehingga sampe harus dioperasi.

Teh Solji yang kedua dari kiri kita, pas DDD
    Trus pas DDD sebenarnya Teh Solji udah ikut rekaman dan ikut foto di CD covernya, walaupun di music video dan music shows si Teteh gak ikut.
ini scene di music video-nya DDD, bener-bener cuman ber-4



     Tapi udah ampir 2 taun Teh Solji hiatus trus tiba-tiba di medsos ngehapus foto-foto member dia lah. Duh ieu mah curiga hiatus trus keluar dari grup, udah mah awal taun depan kontraknya abis (7 years jinx tea..) Hufff yaudah lah gak usah berharap banyak sama manusia. #ehhhh #lohhhh


5.       My favorite boygroup since last year, KNK. Buset mereka udah hiatus setaun, tumben banget buat grup yang masih kinyis-kinyis. Setelah promosi Rain, mereka ikut Mixnine, ehh tereliminasi, trus proyek Mixnine nya malah batal. Haduh Papa YG kumaha ateuh yeuh merasa yang asli YG masih laku banget kali ya makanya yang pinjeman dari agency lain mah bodoamat.

Trus kemaren diumumin kalo Akang Youjin hiatus karena panic disorder ... Huhuhuhu...

Tapi sampe saat ini mereka belum ada tanda-tanda bakal comeback cuman berempat sih.. mudah-mudahan aja comebacknya tetep berlima. Karena artis YNB kan tinggal mereka sama sisa-sisa Bestie yang gatau apa masih dibawah YNB apa udah keluar juga.. Noel aja udah pindah agency. Hiks.. 



Di luar itu, ada yang paling gw gak suka, yaitu mereka yang seharusnya bisa promosi full team jadi gak bisa, kasarnya sih karena agency yang “maruk” deal-deal yang ada diambil semua. Contohnya:

1.       Cosmic Girls waktu promosi I Wish dan Dreams Come True. Waktu I Wish, Cosmic Girls yang seharusnya ber-13 cuman promosi ber-12 karena Cece Meiqi dapet deal drama (apa film ya?) di China.

Trus Promosi Dreams Come True yang baru selesai sekitar 2 bulan lalu juga ribet. Awal-
dari kiri Cece Jieqiong dan Cece Chengxiao. dan gw baru sadar ada Gēgē Lay sama Gēgē Wang Jackson
awal full 13, trus jadi
12 karena Cece Chengxiao punya solo activity, kayaknya waktu jadi mentor dance Idol Producer si saingan Produce 101 China tapi kontestan cowo. Trus jadi 11 karena Cece Chengxiao ada, tapi Cece Meiqi dan Cece Xuanyi ikutan Produce 101 China. Setelah selesai promosi di music shows malah jadi 10 tanpa 3 Chinese members yang sibuk di China semua
ini full member ber-13




ini versi ber-12
 
ini versi ber-11


ini versi ber-10, udah selesai promo music shows sih..silahkan bingung cari member yang menghilang ya ;P


Jadi si Cosmic Girls ini di music shows tuh, beda minggu, jumlah membernya beda. Kasian aja karena beda jumlah orang berarti formasi saat dance kan beda juga. Ada pula yang biasanya di menit itu di belakang tiba-tiba harus di depan karena ngambil part orang yang gak ikut promoting. Pokoknya nge-blank dikit bisa berabe.

Neng Bona juga pernah gak ikut tampil jadi cuman nyanyi ber-12 tapi kayaknya setelah promosi di music shows selesai.

2.       Super Junior juga pernah, kalo gak salah Suju-M pas promo Perfection. Kalo diperhatiin banget music video-nya, ada scene mereka dance berdelapan, ada mereka dance bertujuh. Idih banget deh saking Akang Siwon sibuk sama drama apa film waktu itu.
ini dari set music video, sama Neng Leslie Grace
     
     Pas Suju-K (maksudnya full Korean member) comeback Lo Siento kemarin juga di music video ada Om Heechul, tapi di music shows si Om gak ikut karena kalo gak salah kakinya trauma kecelakaan (padahal di Aneun Hyungnim kalo joget udah kayak orang gila -____-" )



 
si Om muncul di depan ama belakang doang



Kalo dipikir-pikir lagi, sepengetahuan gw, biasanya mereka dibayar fix jumlahnya, berapapun member yang ada. Istilahnya 1/n kalo gak salah, jadi mau member lo 2 atau 48 ya dengan standar lo boy/girlgroup kelas A ya tetep IDR100juta untuk 4 lagu (misalnya) (angka-angka dan kelas hanya perumpamaan, mungkin bener mungkin enggak..) Jadi, agency ya cenderung ambil deal sebanyak-banyaknya dong demi pemasukan yang sebanyak-banyaknya juga, dengan konsekuensi yang harusnya perform full member jadi kurang satu apa dua dst karena ada solo activities lain. Tapi menurut gw hal tersebut mengorbankan banyak hal juga sih.

Kayak dari aspek seni. Gw bicara sebagai seorang fans keipop standar ya, yang mungkin gatau banyak soal seni. Gw di sini pake contoh Cosmic Girls deh. (disclaimer: gw seorang Ujeong juga loh.) Koreo udah indah-indah dibuat untuk 13 orang kudu dibuat versi 12 orang (pas Cece Chengxiao gak ada), 11 orang (tanpa Cece Meiqi dan Cece Xuanyi), dan 10 orang (tanpa Chinese members). Keliatan banget di fancam yang gw tonton si panggung keliatan jadi sepi banget saat cuman ada 11 orang apalagi pas 10 doang.

Selain dance, juga dari nyanyi-nya. Yang gw perhatiin sih mereka ngerekam ulang lagu versi ber-11 di mana part Cece Meiqi dibagi ke Neng Eunseo dan Neng Soobin, part Cece Xuanyi dibagi ke Neng Bona dan Teh Seola. Kalo ber-10, part Cece Chengxiao dikasih ke Neng Bona. Gak jelek sih, tapi,, agak menurun aja gitu dan agak nyelekit aja huu ini harusnya part Cece Meiqi, ini harusnya part Cece Xuanyi, ini harusnya part Cece Chengxiao..

Lagi-lagi dari pandangan standar gw dan pendengaran gw yang jauh dari audiophile, jarang lagu re-record dengan less members lebih bagus daripada lagu aslinya yang full members, walaupun part members yang diilangin gak banyak. Gw punya contoh grup lain, Pristin-V pas nyanyi Black Widow. Jauh lebih keren versi aslinya dari mana-mana. 9muses OT4 pas nyanyi lagu waktu masih OT8 atau OT9 aja aneh. Sebaliknya gitu juga. Pernah liat lagu SNSD-TTS dinyanyiin full member, eh lebih seru dan keren.. Hahaha

Hubungan antara member juga bisa termasuk yang dikorbankan menurut gw. Contohnya Cece Chengxiao solo activity di China. Kan member lain juga pengen dong dikenal sama masyarakat China, gak cuman Chengxiao doang. Terjadilah kecemburuan sosial. Walaupun kalo dilihat dari sisi bayaran aja, gak sedikit group members yang diwawancara trus bilang kalo bayaran solo activities mereka tetep dibagi rata ke semua member grup masing-masing. Gatau emang bener, gatau agency mereka aja yang nyuruh bilang gitu, LOL! Apalagi sekarang Cece Meiqi dan Cece Xuanyi lagi sibuk debut sebagai Rocket Girls setelah menang juara 1 dan 2 di Produce 101 China. Antara Rindu tapi Benci gak sih???



Gw di sini cuman bahas grup yang gak ikutan promosi lagu baru mereka mulai dari buat music video sampe acara music shows. Wah kalo bahasnya sampe ke ngisi acara-acara di event macam festival universitas sampe festival panen buah segala gitu sih ampir semua grup kali pernah tampil gak full member, alesannya bisa macem-macem mulai dari kesehatan fisik, mental, sama pengen liburan aja atau malah libur buat oplas.. LOL! Tapi ya sebel aja tiap ada berita “member A hiatus karena anu”, “member c hiatus karena inu” apapun alasannya .

No comments:

Post a Comment