Saturday 28 April 2018

Another Long Weekend Getaway


Kembali lagi di Solo Traveling Diary nya Jaja Apeja!

Hari terakhir di bulan Maret mengisyaratkan kepada pekerja dengan jadwal kerja yang “normal” Senin-Jumat 08.00-17.00 untuk merencanakan kejahatan. Termasuk gw yang sebenarnya Senin berikutnya akan bertugas kembali ke desa. Sebenarnya salah satu alasan gw adalah rasa iri dan dengki kepada temen gw yang sudah merencanakan kejahatan dari akhir Februari-awal Maret bahwa akhir Maret tersebut mau ke Bali sama temen kuliahnya, dan rasa pelit gw gak mau pinjemin kamera mahal gw ke dia makanya harus ada alasan gw juga pake buat jalan-jalan. LOL.



Sekitar dua minggu sebelum long wiken akhir Maret ini sebenarnya gw udah cek-cek harga pesawat, especially Singapore Airlines rute Jakarta-Singapur. Ternyata kalo beli PP CGK-SIN-CGK, bisa diskon sampe 80%-an jika dibanding beli tiket sekali jalan doang. Bayangin kalo beli sekali jalan rata-rata 7juta sekian, trus kalo beli PP dengan jadwal tertentu bisa cuman kena 3,2 juta. PP LOH INI SI 3,2 JUTA! Adalah satu bucket list gw nyobain naek Singapore Airlines karena alasan yang gak guna: “Apaan sih harga tiket ekonominya doang bisa sampe 10x tiket pesawat low budget atau +- 5x tiket Garuda yang udah lumayan mewah buat gw yang kalo punya Lion Miles dan perlakuannya kayak Garuda Miles, udah bisa dapet free trip entah berapa kali.”

Kenapa Singapur lagi??? Gak bosen??? Ya karena intinya sih gatau lagi mau kemana, yang enak buat “glambackpacking” (this is a term that I made up, but don’t know if someone had already made them, LOL) yang tujuannya 60% buat belanja, 30% makan-makan, dan 10% foto-foto di landmark yang oke dan instagrammable, dengan syarat nginep di hotel (karena nginep di hostel itu gak nyaman buat gw ternyata). Trus udah punya kartu transportasinya jadi gampang mau naek bis atau MRT, google maps yang sangat update jadi reliable buat kemanapun di sekitar Singapur, jalan kemana-mana aman, dan punya tujuan belanja ke satu mall factory outlet yang harga barangnya lebih murah daripada mall biasa. Udah pernah kesitu sih tapi gak puas kelilingnya jadi masih penasaran.

Terus karena jadwal kantor gw yang suka gak jelas, gw gak berani booking si Singapore Airlines, mengakibatkan harga tiket yang sempet cuman 3,2 juta PP jadi 6 juta PP. KZL!! Mikir lah gw belom hotelnya, belom belanjanya, trus cc gw yang limitnya cuman 7 juta dan utangnya udah 4 juta sendiri, masa harus dilunasin dulu semua-muanya?

Akhirnya muncul ide ke Kuala Lumpur. Di pikiran gw, sama lah advanced-nya sama Singapur, belanja juga banyak tempatnya, ada Youtuber yang gw subscribe baru ke sana jadi punya bayangan, trus ada temen kuliah yang jadi TKW di sana. TKW tapi S2 bo’! Bayarannya pasti mahal gila. Kebetulan si kawan ini adalah kecengan gw waktu kuliah. Hahaha gak ada niat sih ngedeketin lagi, kebetulan aza. Kali aja bisa ketemuan buat sekedar lunch atau dinner. Trus tanya-tanya lah ke dia mengenai naik apa kalo ke kota KL nya (karena bandaranya jauh banget dari kota, mungkin lebih jauh daripada Jakarta kota ke Cengkareng). Huh susah emang komunikasi sama ibuk pejabat, balesnya minimal 3 jam kemudian.

Mengingat Singapore Airlines yang gak turun juga dari 6 juta, yaudahlah gw beli tiket ke KL. Awalnya rencana Jumat pagi ke KL, trus Senin subuh ke Jakarta dan dilanjutkan ke Bengkeles. Jadinya mau naek Malindo jam 6 pagi biar banyak waktu jalan-jalan. Tapi harga tiketnya juga gak turun-turun dari 2,3 juta sekali jalan. Mengingat fasilitas yang (gak) ada, gw mengurungkan niat tersebut. Ada Garuda agak siang, 1,7an, tapi kudu beli PP dan rencana gw naek pesawat super subuh Senin tidak terakomodir. Dan akhirnya gw memutuskan untuk naik Batik Air yang sampe KL jam 5 sore waktu sana dan balik ke Jakarta Senin subuh sampe jam 7 WIB agar bisa ngejar Sriwijaya jam 9 ke Bengkeles. Harga tiketnya cukup reasonable kena 2,5 juta PP, tapi harusnya kalo satu kode booking bisa diskon lebih gede lagi... huhuhu...

Selanjutnya adalah masalah hotelnya. Karena Youtuber yang gw subscribe kemaren pas pergi ke KL
kamar yg diinepin Neng Joan Keem di KL
dapet kamar hotel yang viewnya langsung ke Petronas Tower (kayaknya sih Traders Hotel by Shangri-La), gw mendapatkan ide untuk sewa kamar deket si Petronas ini, dari ide awal untuk nginep di Bukit Bintang tempat gw nginep waktu pertama kali ke KL study tour sama mahasiswa padahal gw masih SMA (apa SMP ya lupa).


Langsung penelitian hotel yang deket sama Petronas Tower dan yang view-nya dapet. Agak kaget pas ngeliat harga kamarnya karena banyak juga hotel yang lumayan dengan harga dibawah sejuta. Bahkan hotel tempat nginep waktu pertama ke KL namanya Capitol Hotel aja cuman 800an, padahal lumayan oke, agak lega, view ke Petronas sama KL Tower juga dapet walopun keliatan kecil karena jauh. Kalo dibandingin sama Indonesia mungkin sekelas Ibis atau Santika non-Premiere kali ya. Si Traders tadi aja pas gw cek barusan (28 April 2018, 17:00) cuman USD 120an. Tapi gatau sih view nya dapet apa atau kamar yang di atas itu tipenya apa. Pasti yang mahallll.

Trus galau kan pilih hotel apa. Akhirnya memutuskan untuk nginep di Renaissance Hotel karena ada pilihan kamar Tower View. Di Agoda sih katanya hotel bintang lima, giella apalah gw pesen hotel bintang 5? Tapi udah pilih Tower View, breakfast included, cuman kena IDR 1,4juta semalam. Awalnya mikir ini apalah, rate-nya salah, hotelnya ternyata alay bin jelek atau gimana gatau. Di Singapur harga segini cuman dapet sekelas Amaris kali atau hotel lumayan tapi jadul dan wi-fi nya cuman free 300mb doang tanpa breakfast (been there, done that).



Kamis, 29 Maret 2018:
Tiba hari Kamis yang ditunggu-tunggu. Kamis ini dijadwalkan bahwa banyakkkkkk banget tamu yang dateng ke kantor termasuk tamu dari tempat yang tim gw periksa. Trus ternyata tim gw udah pada ngilang kecuali gw dan satu senior yang akhirnya ngilang juga saat tamunya dijadwalkan dateng. Hari itu juga pesawat ke Jakarta dijadwalkan maju sejam dari biasanya. Rencana mau kabur jam 3 demi beberes dan absen pulang saat sekalian ke bandara pupus sudah, akhirnya dikantor sampe jam setengah 5, absen, balik kosan dan buru-buru beberes demi ngejar pesawat. Sampe bandara, eh ternyata pesawatnya delay juga. Malah setengah jam dari jadwal awal 18.20 baru mau take off. Huffff. Delay sih sudah biasa, tapi kzl-nya adalah udah diburu-buru karena jadwalnya maju, eh ternyata tetep mundur sejam jadi kayak nunggu jadwal normal. Terus mungkin sepertiga dari pesawat yg gw tumpangi isinya dari kantor gw semua (lebay).

Karena nginep di hotel deket bandara, gw memutuskan untuk naek ojol. Wih jalan ke parkirannya jauh dan gelap, serem juga. Tapi cuman bayar 20rb kalo gak salah. Nginep semalem di Zest Hotel. Cita-cita nginep di sini karena tiap lewat ke arah bandara keliatan kalo ni hotel nyambung sama mall dan ada Starbucks-nya kesampaian, karena Pop! Hotel langganan yang lebih deket harganya lebih mahal 50rb.

Sampe hotel jam 8-an, sebenernya udah mager liat kasur, tapi pengen liat mall-nya. Akhirnya turun dan liat ada yang jual cumi goreng ala Shihlin gitu. Trus ada KFC. Yang dibeli burger KFC yang sold out di Bengkeles, si cumi goreng, sama green tea frap nya Starbucks. Udah di kamar, kok belanjaan dinner gw rasanya kurang oke ya? Cumi nya asin banget gitu, burgernya gitu doang padahal “made for you” karena nunggu dulu, green tea frap nya ya gitu deh.

Di hotel ini masih mikir kalo pesawat besok ke KL tuh pagi. Trus pada satu titik, gw nyadar kalo pesawat besok tuh jam 14.40 take-off nya, jadi masih bisa nyantai pagi-paginya. Dan gw lupa juga kalo blm tuker duit ringgit buat pegangan. Beruntung di mall bawah ada money changer tapi gatau Jumat libur apa kagak.



Jumat, 30 Maret 2018:
Paginya gw nungguin jam 8 demi sarapan Starbucks. Kayaknya udah sebulan selalu bangun jam 6-6.30 bikin kebiasaan udah sadar jam segitu walopun sebelumnya tidur malem banget. Trus beli hot cappuccino sama oreo cheesecake. Kenyang? Ya enggak lah! Selanjutnya beli semacam bento dan onigiri di Indomaret Poins. Jam 10 turun lagi ngeliat money changer dan ternyata buka. Yang punya orang India gitu nampaknya, dan katanya sih cuman punya RM160 buat ditukerin. Yaudah gw ambil semua. Rate nya RM 1 = Rp3.750,-. Tiap belanja gw buletin aja RM 1 = Rp4.000,- biar gampang.
Cek aut jam 12 dan ikut shuttle ke bandara. Ampir aja gak kebagian tempat duduk karena penuh, ternyata ada neneng-neneng berhak 15 centi naro tas di kursi, dan akhirnya mau diangkat. Kenapa harus ada orang senyebelin itu sih. Hotelnya juga nyebelin gak ngasih kuota per jam per shuttle. Gak kebayang kan kalo gw kudu di bandara jam segitu tapi mesti nunggu shuttle jam 13.00? Bisa2 ditolak cek in karena ini international flight.

Sampe tempat cek in ternyata belum buka buat flight gw. Ditinggal cari tempat duduk bentar eh si layar udah ganti dari flight sebelumnya ke flight gw. Seperti biasa dari 3 jalur, gw kebagian yang paling lama antrinya. Jadilah dapetnya lumayan belakang. Mungkin karena rekues jendela juga kali ya. FYI kayaknya gak boleh cek in onlain Batik nih kalo internasional. Makanya gak bisa milih sendiri seat-nya.

Di pesawat sebenernya gw berharap dapet hot meal kayak Garuda. Eh dapetnya cuman semacam risol dan potongan cake doang, plus milih minum teh kopi atau mineral. IH PELIT! Trus sepanjang perjalanan gw nonton tapi lupa apaan.

KLIA -sumpah aslinya berasa agak sumpek, gak seluas ini

Sampe KLIA sekitar magrib lah ya. Dari pesawat trus masuk bandara sih oke, tapi udah masuk ke area toko-tokonya, kok kayak pasar sih? Rame sesak sempit gak jelas gitu deh, padahal langit-langitnya tinggi juga. Apa karena ada bunderan outdoor gitu kayak butterfly garden di Changi? Pokoknya intinya sesak deh, ruang terbukanya gak luas. Kalo abis turun pesawat di Changi kan bikin nafsu belanja. Ini bikin nafsunya ilang sih.. Tokonya gak high-end, tapi gak low end juga, kalo dibandingin sih kayak Plaza Semanggi kali ya termasuk penuh gak jelasnya.

Mau ke imigrasi kudu naek sky train dulu karena pindah terminal. Agak ribet ya. Trus setelah imigrasi mau langsung ke hotel aja karena udh mulai gelap. Disaranin sama si kawan naik KLIA Express atau bus ke KL Sentral. Gw pikir KLIA Express tuh masih semacam MRT gitu, taunya kayak kereta antar kota, ya mungkin bisa disamain kyk KA Soetta-BNI Sudirman. Eh, kaget lah harganya ternyata RM55 atau sekitar Rp220rb. Barusan nge-gugling emang sih sekitar 60 km-an, 2x nya lah Soetta ke Jakarta Kota. Sempet ngecek tarif Grab sekitar RM65, tapi lupa cuman ke KL sentral apa ke hotel. Intinya sih emang masih lebih murah si KLIA express ini. Ada paket kartu transport dalam kota+KLIA, tapi harganya RM160. Bujug, mahal amat sih? Singapur aja gak segitunya deh. Beli kartu cuman SGD 12 udah ada isi SGD 5, bisa seharian bulak-balik MRT dan bus kotanya.

Trus naek deh KLIA Express nya setelah nunggu karena yang ke arah kota baru aja jalan setelah gw
my feet in KLIA Express
balik badan dari konter tiket. Bener kayak kereta antar kota sih, cukup nyaman, ada free wi-fi juga (walopun gak kepake amat karena perjalanannya cuma setengah jam. Sempet ngeliat keluar macet juga di jalan, untung gak milih naek Grab.

Sampe di KL sentral, astaga membingungkan banget. Pertama, keretanya ada beberapa macem: MRT, LRT, Monorail, Komuter. Sebagai contoh, Komuter aja ada 6 jalur yang berarti 3 line. Trus petunjuk arahnya saking banyaknya juga bikin keder. Sebenarnya warna dari 4 jenis itu dibedain sih, MRT klo gasalah orange, LRT merah, Monorail ijo, Komuter biru. Liat di Google Maps gak jelas kalo ini MRT, LRT, Monorail, apa Komuter. Singkatnya, mau naek MRT karena Google Maps nya cuman ngasih pilihan itu. Trus salah liat arah di KL sentral nya, trus jalan jauh banget, udah beli tiket, eh ternyata salah stasiun. Balik lagi, naik MRT dari stasiun yang benar, ternyata setelah turun jalannya jauh. Padahal dari KL sentral itu hanya perlu naek Monorail dan jalan gak sampe 200 meter ke hotel. Hufffffff. Itulah pertanda pertama si Google Maps KL gak update.




wih cantik banget kalo malem..
my jalan-jalan malem view..
Sampai di stasiun Dang Wangi kalo gak salah. Keluar stasiun langsung ketemu KL Tower di kanan jalan menjulang, trus liat ke depan udah ada si Petronas. Wiiiih Kwala Lumpo: nih ya! Senyum-senyum sendiri sambil jalan ke hotel. Trus kan ngelewatin beberapa perempatan dan ngeliat beberapa orang nyebrang aja seenaknya walaupun lampu pejalan kakinya merah. Setelah diperhatikan lampu pejalan kakinya SUMPAH LAMA BANGET dan gak ngerti kapan nyala ijo secara: liat kiri kanan gak jalan, liat yang lawan arah kita juga gak ada yang belok kanan, TAPI MASIH MERAH UNTUK PEJALAN KAKINYA. Awalnya gw pikir oh paling malem doang nih kayak gini, bisa nyebrang seenaknya. Eh di 2 hari berikutnya bahkan bule-bule pun udah fasih nyebrang pas masih merah... yang kagok adalah turis Indo yang mungkin sering ke Singapur macem gw jadi tertib, kena KL malah begitu... LOL!

Renaissance Hotel -duh terlalu mevvah sebenernya buat gw LOL
(pic: google)
Ampir sekilo jalan, ketemu juga hotelnya. Renaissance Hotel, dari namanya aja udah mewah. Wah pegawai resepsionisnya banyak yang Caucasian! Perasaan di Singapur kalo gak Melayu, Chinese, ya India. Baru nyadar pas nulis ini post, mungkin karena chain hotel seluruh dunia gitu, makanya banyak bule yang penempatan KL. Pas check in biasa lah ditanya paspor segala dan deposit. Kebiasaan di Singapur deposit paling SGD 50, eh disini RM 400 lah! Buset seharga yang gw bayar semalem! Dia mau open cc gw, ya gabisa lah wong limitnya abis buat pesen ni hotel! Akhirnya dia memberikan pilihan untuk bayar RM 20 non-refundable. Gw pastiin lagi kalo gw gak perlu deposit RM 400, dan dia bilang iya. Yaudah alhamdulillah bisa nginep. Dapet kamar di lantai 16, mungkin lantai hotel tertinggi yang gw pernah inepin seumur hidup. Pas masuk kamar, wih mewah klasik gitu, dan pas buka jendelanya... JENGJENGGGG VIEWNYA MASYA ALLAH! Gak salah deh pesen yang Tower View! Awalnya gw parno Tower View itu view ke KL Tower bukan ke Petronas Tower. Ya sama aja sih bagusnya, cuman Petronas Tower kan lebih ikonik gitu.

Sejam pertama gw di kamar adalah sampe bosen atur-atur kamera sampe dapet angle dan view yang
kayak foto dari gugel,
tapi percayalah dari hp gw
dan di kamar gw nginep! 
bagus buat gw post (dan kayaknya gak ada 100% Instagram worthy, LOL!). Eh laper lah. Tapi udah mager banget mau cari makan di luar. Akhirnya pesen room service. Yang paling murah adalah sate 6 tusuk pake lontong, itupun Rp120rb. Si mas-masnya memastikan kalo dia cuman input harga makanannya di mesin gesekan, gak sama tip. Jujur gw adalah orang yang paling gak mau, gak ngerti, gak tau gimana dan berapa harus ngasih tip ke orang, jadi ya gw biarin aja dia keluar kamar tanpa tip. Gatau mau ngasih berapa dan I’m on a very tight budget pula kan. Sama aja kayak beli gadget, beli gadget yang Rp10juta mampu tapi beli casingnya Rp150rb mikir 30x, millennials banget lah pokoknya. LOL! Satenya lumayan sih, daging semua gak pake lemak. Kalo dipikir-pikir kayak gepuk. Saosnya lekoh dan banyak, gak kayak sate yang biasa gw makan kudu sampe dijilatin piringnya saking satenya kurang tenggelem dalam saos.










Sempet nge-line si kawan mantan kecengan kalo gw udah sampe KL, tapi gak bales2. Mulai curiga kalo dia males nemuin gw. Hey mungkin aja dia gak percaya juga kalo gw lagi di KL karena apalah gw hanya peenes *suudzon ala auditor*    *oh wait, salah satu temen dia yang se-geng sampe saat ini masih mikir kalo gw masih kerja di mekdi padahal sering liat story gw di IG, mungkin bisa dibuat “apalah gw hanya kru restoran cepat saji..”*   Eh udah gw certain belom sih kalo gw follow IG dia yang di-locked, trus di-approve tapi gak follback? Sedih. Sempet ngestalk stories-nya bahwa dia sibuk yoga, trus sibuk ngafe. Again nampaknya terlalu sibuk senang-senang lah buat nemuin gw.



Sabtu, 31 Maret 2018:

ronde pertama..
Esok paginya, gw turun untuk breakfast. Kebiasaan sebulan disediain breakfast di kosan mahal membuat gw pilih untuk bayar hotel dengan free breakfast (sombong abis). Pas dateng ke counter depan kaget, kok ada charge RM 60 something harus ditandatangan. Waiternya bilang kayak semacam bukti aja kok. Yaudah trus si mbak jangkung nganterin gw ke satu meja, dan masang tanda reserved buat si meja gw itu. Wah begini toh servis hotel bintang lima..
ronde ke... berapa ya..? LOL
Restonya ruammmeee. Yaiyalah lantainya aja 20 something dengan 2 tower east dan west, resto breakfast nya cuman 1. Tapi makanannya gak abis-abis, refill teroussss. Yang berkesan adalah sliced smoked salmon nya. YATUHAN ENAK BANGET! NYESEL CUMAN AMBIL DIKIT! Sebagai orang yang jarang banget ngerasain western breakfast buffet, gw gak ngerti sebenarnya si sliced salmon yang disandingkan dengan sliced smoked turkey dan kawan-kawan ini makannya gimana dan pake apa, dan sekaligus merasa gagal karena cuman ambil dikit. Gw nongkrong di resto sampe ampir tutup lah buat breakfast. Yang gak makan cuman egg stationnya aja karena sama aja kayak di Santika dan ngantrenya Subhanallah. Oh iya sama bubur dan mie kuah karena bosen, serta Indian food karena takut kaget sama bumbunya.




woke up to this view..
Ampir bisa dibilang staycation lah ini ke KL tuh. Karena hotelnya mewah bikin mager walopun karena udah agak jadul, beberapa switch lampu gak nyala dan keran aer deres banget susah ngaturnya. But, did I tell you that my room has a bathtub?? Iya selaen pilih view, gw juga pilih ni kamar karena kata Agoda ada bathtub-nya. Tapi mau foto2 lagi berenang dalem bathtub-nya kok porno banget sih, selain gak dapet angle-nya, ni hotel gak nyediain bath foam apalagi bath bomb. Jernih aja gitu di bathtubnya mau difoto??? AAAWWW PERVERT! Langsung googling ada Lush gak ya di KL? Dan ternyata gak ada. Hiks..

Siangnya gw antara mau ke Suria KLCC atau ke Pavillion. Dan gw akhirnya memilih ke Pavillion.
stuck here for almost two hours. KZL
Mau cobain naek Monorail nya. Widih lama banget ampir setengah jam sekali lewatnya. Trus udah gitu karena gw searah sama yang ke KL sentral yang notabene dari situ bisa kemana-mana, udah penuh banget juga sebelum berenti di Stasiun Bukit Nanas tempat gw nunggu, jadinya kalah mulu mau masuk si monorail-nya, dan. Akhirnya gw naek kaki aja deh, karena ngecek di maps gak nyampe 2 kilo, saking udah abis kesabaran gw nungguin monorail ampir 2 jam.




dumpling soup-nya hambar, makan pake ayam gule jadi enak
Di Pavillion gak inget sebenarnya ngapain aja, mall nya agak boring sih karena saking brand mahal semua sampe gak berani masuk. Sampe gw browsing di hp moto apa aja cuman ada satu, my lunch. Makan di Madam Kwan, pesen Dumpling Soup dan Kare Ayam. Waiternya jutek ih, trus makanan gw belakangan datengnya dibanding pasutri India Bule (apa latin ya?) yang dateng setelah gw. Spend Rp166.179,93 for those plus a glass of mojito.





yaampun, yg resmiin SPAO KL Uda Leeteuk!
Baru liat bank statement, I did buy something at Parkson Pavillion! Which is, beli baju di toko SPAO, kayaknya asli Korea. Mungkin style-nya mirip-mirip Topshop, ada baju trendy-nya, ada baju resminya sampe setelan jas gitu, tapi bernafaskan Korea. Beli t-shirt yang gw lagi suka banget modelnya, boxy oversize-fit, sama kemeja putih. Kebetulan lagi diskon sehingga masuk budget. Sisanya either mahal or out of budget (sama aja kali Ja!).




Selanjutnya, biasa, nyasar dalem mall itu karena mau pilih exit mall ke jalan Bukit Bintang. Udah bener arahnya tapi gak yakin, tawaf dulu sekali baru kembali ke tempat yang semula gw pikir bukan exit mall Bukit Bintang. Bukit Bintang ini bisa dibilang Orchard-nya KL kali ya, tapi macetnya gak ketulungan. Jalan mobilnya sempit, trus seperti yang gw bilang di atas kalo penyebrangan di KL tuh seenaknya banget karena lampunya gak jelas, makin macet lah itu. Trus banyak massage parlor juga, mungkin Orchard+Red Light District apa ya? Haha gatau deng, Orchard tapi gak fancy shmancy gitu keliatannya.

Di Jalan Bukit Bintang tempat gw keluar Pavillion Mall itu ada beberapa mall lagi. Gw masuk Sephora, Uniqlo, trus liat mall tempat si Uniqlo ini yang agak low end kayaknya, trus nyebrang ke Mekdi. Tapi belom laper jadinya cuman beli eskrimnya doang. Lanjut naek Monorail ke arah hotel lagi karena udah sore dan berencana freshen up dulu sebelum lanjut jalan-jalan.
Sampe hotel baru inget mau beli bath bomb, dan setelah searching ternyata Sephora jual. Huh barusan gatau dan gak liat, lagian Sephora yang di Bukit Bintang udah kayak pasar juga penuhnya. Dan mall selanjutnya yaitu Suria KLCC ada kok Sephora-nya.


pretty and magical deh!
Setelah magrib buru-buru jalan ke Suria KLCC, sekitar 500 meter lah. Banyak pohon rindang trus dililit lampu. Wih cantik banget deh. Kayak dekor christmas tapi lampunya lebih rapet dan nyala terus. Daripada cuman dililit kaen kayak di Bandung. Tapi gw cukup yakin sih bohlam2nya bakal ilang kalo di Bandung ada gituan.. LOL!

Makin dekat dengan mall yang berlokasi tepat dibawah Menara Petronas ini, menaranya makin serem karena makin tinggi dan makin gede. Excited lah ya dibuatnya. Trus masuk mallnya. Kok gak ada mewah-mewahnya sih? Perasaan dulu waktu pertama kesini kalo gasalah 2005 (I know I’m modafookin old), ini mall paling keren yang pernah gw tau. Tadi ke Pavillion aja masih lebih bagus. Trus kebelet kan pengen pipis. Astagfirullah WC nyaaaaaa.. Udah kayak WC terminal. Kalo mau dibandingin sih kayak WC di Mustafa yang gak kena sentuhan janitor. Ini mall mewah deh perasaan, tapi WC kayak gitu. ITC di Jakarta aja gak gitu-gitu amat. Ada sih tulisan arah ke Executive Toilet. Overheard orang mau ke WC juga tapi gak mau masuk situ. Asumsi gw langsung ke “harus bayar” atau harus punya semacam KLCC membership gitu. HUFFFF!
asal huruf "a" yang ujung
gak diganti "e" ya gapapa lah

Trus kelas toko-tokonya kayak di BIP kali ya, bukan TSM apalagi PVJ. Luas sih, tapi pokoknya DROP sama si Suria KLCC ini. Akhirnya disitu cuman makan mekdi doang sama ke Sephora. Di Mekdi ada rombongan keluarga Arab-ish (kayaknya sih Iranian) ber-10 ada. Nongkrong di Mekdi yang penuh sesak tapi cuman pesen paket burger satu, sisanya buka jagung bakar yang dibeli depan Petronas. Sumpah bener-bener DROP sama ini mall hahahaha. Dan ternyata bukan orang Indo aja yang gatau malu kayak gitu. LOL!








a failed boomerang pic, LOL
Di jalan pulang ke hotel lagi, banyak banget yang foto2 sampe manjat2 dinding dengan background Menara Petronas. Gw cuman selfie2 gak penting aja karena males juga bawa2 mirrorless gw (jadi gunanya apa sih si mirrorless ini? Gatau juga gw). Terus lanjut jalan, eh si KL Tower lagi genit, lampunya berubah-ubah gitu, nyala semua, terus kedap-kedip lucuuuu.. Sempet bikin Boomerang-nya juga walaupun agak missed timingnya.








Minggu, 1 April 2018:
my hotel!
Huaa the last day of this KL trip. Si kawan sempet bales gak bisa ketemuan Sabtu kemaren. Ya udah sih gw pun kadang males ketemu temen yang berkunjung ke kota di mana gw lagi bermukim, gak sakit hati kok. (Gak sakit hati tapi dibahas di mana-mana LOL). Sebenernya masih bisa sih ketemuan di mall manaaa gitu di hari Minggu nya secara gw pesawat besok Senen pas sahur. Tapi gw belom cerita ya kalo dia gak di KL-nya tapi di Petaling Jaya, mungkin Bodetabek-nya lah kalo Jakarta. Dan juga gw berniat pengen ke Batu Caves karena baru tau ternyata gak jauh-jauh amat dari KL setelah searching, tinggal naek bus atau kereta sekali doang.

Sebenernya agak males juga sih ke Batu Caves nya, karena gw berencana check out juga siang pas jam 12. Tapi kalo dipikir lagi, gw mau taro tas gede gw di hotel, trus ambil jam 10-an malem. Nah ada 10 jam bebas banget masa cuman nge-mall aja, yang ada bosen. Akhirnya nekat ke Batu Caves juga manut sama peta dari Mbah Gugel. Ternyata ada kereta Komuter yang langsung dari KL sentral. Ke sana lah gw berjalan. Eh ternyata dari KL sentral malah harus naek bus shuttle gitu ke salah satu stasiun kereta Komuter, baru dari situ naek kereta lagi ke Stasiun Batu Caves. Untung shuttle busnya haratis. Pas gw naek, shuttle busnya di bagian belakang udah penuh sama bocah-bocah India yang haduh ributtttttt udah mah gatau ngomong bahasa mana. Depan gw ada Ibu-ibu Caucasian yang nempatin dua kursi. Ada orang Melayu yang mau duduk sampe gak jadi, trus ada Mbak-mbak Caucasian abis ngerokok di samping bus, nyamperin tempat duduk dia dan minta geser dengan dadah-dadah depan muka Ibu-ibu tadi. Kirain kenal, tapi kok obrolannya malah kayak baru kenal. Cerita-cerita Batu Caves tuh gimana, arah jalannya segala macem.

Liat arahnya kok kayak mau ngelewatin Menara Petronas lagi ya? Haduh curiga mau ke utara malah ke selatan dulu. Tapi ya gak tau naek apa kalo dari Menara Petronas mau langsung. Di KL, kartu transportasinya gak ada yang universal kayak di EZLink (?)-nya Singapur. Jadi kayaknya sih kudu beli semacam BCA Flazz atau Mandiri e-money. Gatau bisa beli di mana maklum newbie dan takutnya kudu punya tabungannya segala macem ribeddah. Kalo di Singapur sih di tiap stasiun atau convinience store jual kartu travelnya. Jadinya gw gak berani naek bis di KL. Kalo keretanya sih bisa beli cash, kita ntar dapet token kayak koin plastik warna biru yang di-tap pas masuk stasiun dan dimasukin ke lobang koinnya pas keluar stasiun. Tapi kalo Komuter, kita dapet kartu yang bisa diisi ulang, yang cuman bisa digunakan buat Line Komuter doang. Huks gak fleksibel ih.

ckckck, kelakuan..
Beberapa lama kemudian sampe di Stasiun Komuter Sentul yang mengarah ke Batu Caves. Dari shuttle bus itu kita lanjut Kereta Komuter. Mungkin ada perbaikan antara Stasiun Komuter KL sentral sampe Sentul jadinya dari KL sentral dikasih shuttle bus gratis ke Sentul. Nunggu dateng kereta, trus udah dateng malah ngetem dulu. Ckckck. Liat jendela retak mengingatkan gw pada kereta di Indonesia jaman dulu yang sering banget dilemparin sama warga sampe retak atau bener-bener meruluk.


Banyakkk banget bule, depan gw ada orang Brazil, trus ngobrol sama bule Belanda. Sebelah gw bule Amrik. Trus ada bule, cowo, pake tasbih jadi gelang, tato simbol hindu yang pernah dibahas di infotainment ada di gitarnya Dewa Budjana (udah gugling gak nemu namanya apa), tasbihnya dia gantung deket pintu. Agak aneh sih kalo diperhatiin. Eh pas pulang se-kereta lagi, trus dia nyeker dong! Gatau sendal jepit yang dia pake tadi ke mana. Hippie abis gitu deh.


emang gak jelas sih ini burung apa lensa kotor..
Sampe di Batu Caves, gw cuman foto2 depan patung emas yang gede itu doang, sama foto2 sekeliling. Males masuk cave-nya karena menyeramkan dan males kalo bayar lagi. Di situ kan banyak merpati, trus beberapa foto dari mirrorless gw ada kayak sekelebat yang burem. Foto beberapa kali kenapa begitu terus padahal merpatinya gak heboh terbang sana-sini. Eh pas dicek lagi ternyata lensanya yang kotor. Zzzzzzzzzzzzzz.





ini mata udah perih
tapi masih bisa sok kiyut


Di Batu Caves kan ujan tapi berjeda-jeda, gatau kenapa soft lens baru kali ini pake gw berulah, perihhh banget. Awalnya gw cari toko beli tisu. Adanya satu bundel isi 10 apa 15 pieces yang kecil, yaudahlahya. Setelah itu heboh cari-cari kotak soft lens karena takutnya gw simpen di koper yang gw tinggalin di hotel. Ujannya mau deres lagi pulak bikin tambah parno. Setelah dibongkar ternyata ada. Langsung gw buka dan udah kayak orang gila duduk di pinggir jalan nangis-nangis perih buka soft lens.








Setelah drama soft lens perih, pengen ke WC. Carilah WC di stasiun Batu Caves-nya. Kudu bayar 50 sen kalo gak salah sebelum masuk. Gw bayar pake duit gede RM 5 apa 10 karena gak ada receh lagi. Trus gw disuruh masuk dulu abis itu pas keluar dikembaliin. WC-nya lumayan lah setidaknya jauh lebih mending daripada WC di Suria KLCC (teteeep dendam).

Balik ke kota lagi, gw dititipin beli kosmetik merek Inglot sama temen. Iya sih disini cuman Rp300ribu-an sementara katanya di Jakarta ampir Rp600rb. Mall pertama yg gw datengin kok gak meyakinkan ada karena berupa kios tengah jalan dalem mall, gak gw tanya deh. Pas pindah mall yang lebih meyakinkan karena berupa toko, eh malah sold out. Beauty Advisor-nya sih bilang se-Malaysia raya sold out sih, tapi berasa bego aja gak nanya di mall pertama. Abis BA-nya juga sibuk sihh di mall pertama, lagi makan kayaknya malah.

Di mall pertama gw liat lagi ada panggung K-Pop. Trus gw kaget pas ada lagunya CLC yang judulnya Pepe. Awalnya malah gw pikir kalo CLC lagi showcase di KL, trus pas liat gak ada yang rambutnya bob dan gak ada yang putih banget, baru nyadar kalo itu lomba cover dance. Respect deh mereka berani nge-cover lagu CLC yang secara girlgroup mereka gak famous-famous amat. Orang kalo nge-cover biasanya BTS, EXO, G-Friend, Blackpink, itu itu aja yang top tier groups zaman now. Udah gitu, mereka cover lagu jaman CLC masih berlima, sementara mereka perform bertujuh. (walaupun ternyata setelah liat youtube ada video dance practice CLC setelah bertujuh.. hahaha)

kayak matahari sih sekilas, tapi bajunya lumayan trendy!
Mall kedua gw masuk lewat semacam clothing store gede serba ada model-model H&M gitu tapi multi-brand. Nama store-nya Padini. Pas liat bajunya wih lumayan trendy dengan harga yang gak mahal! Seneng banget liatnya ada t-shirt kece diskon cuman Rp80rb, trus paket CD isi 3 cuman Rp100rb. Kalo stay di KL lama, isi lemari gw dari toko itu semua kali! Youtuber lain yang gw follow juga raving about this store karena murmer banggget!





nomor mejanya pake plang jalan di Nyu Yok gitu deh.. 
pepperoni pizza and spaghetti bolognese
Abis itu cari makan. Gatau mau makan apa, Nando’s waiting list, McD udah kayak Pasar Caringin kalo lagi midnight sale (????), lagian agak bosen makan ayam. Trus nemu resto Italian-American gitu namanya New York Pizza. Password wi-fi-nya New York Mets. Trus gw baru nyadar kalo gw pake baju New York Giants. Googling lah, untungnya yang satu baseball, yang satu football. Fuh! (Walaupun gak yakin pegawainya yang ampir semua Indian ngerti ini maksudnya apa. Again, overthink-y me. LOL!)






Trus keliling gak jelas lagi di mall ini, eh inget gw pengen koleksi tumbler Starbucks yang eksklusif di negara tersebut. Sekarang udah punya Singapur (obviously sampe ketinggalan di pesawat jadi beli lagi di next trip-nya), Thailand oleh-oleh mamih (sumpah iri banget gak bisa ikut T______T), dan sekarang punya KL. Etapi pas beli tumblernya kok gak gratis minum sih? Biasanya gratis. KZL. Yaudah nambah aja dan emang butuh asupan kafein walopun udah jam 9 malem karena bakal begadang di bandara kalo gak nemu tempat pewe buat tidur-tiduran.

Oh iya ada cerita lucu waktu di mall kedua ini. Kan buru-buru mau ke hotel ambil koper, udah jam 9 lewat lah. Di tengah mall ada booth kartu kredit gitu. Trus ada Cici sales udah emak-emak nyamperin gw. Si sales nawarin pake bahasa Cina (Mandarin kali ya). I'M SHOOK! Di Malaysia aja gw masih dikira Chinese. Sambil gw berlalu dia nanya apa gw Chinese atau Melayu, gw jawab Indonesia dan dia berhenti nempelin gw. LOL! Tau gitu gw pura-pura jadi orang Korea aja.. (emang ada yang bakal percaya ya?)

Setelah itu kembali lagi ke hotel untuk ngambil koper. Pas udah sampe hotel, gw cari kartu buat ngambil koper. Pengalaman beberapa kali naro kartu atau kertas yang ikut keluar pas gw ngeluarin hp atau apapun dari kantong yang sama bikin gw lebih ati-ati kan ya ngeluar-masukin hp atau dompet. Eh ternyata kejadian lagi lah sama si kartu buat ngambil titipan koper ini. Padahal tiga hari kebelakang lancar-lancar aja gak ada yang ilang-ilang, tetep aja kejadian gini. Huhuhuhu. Trus gw melangkah gontai ke tempat nitipin tas. Pas gw bilang kartunya ilang dan nunjuk koper gw, si securitynya langsung ambil koper gw dan minta sign di baggage tag-nya. Udah aja. Haduuuuuuuh untung aja gak perlu apa-apa apalagi bayar segala macem. Padahal tadi di luar hotel udah keringet dingin gimana caranya gw bisa ambil koper gw.

Setelah itu lanjut naek monorail ke KL sentral. Agak parno juga kalo monorailnya udah abis gimana ya secara udah jam 22:30. Katanya sih terakhir monorail jam 23:00, dan KLIA expressnya jam 24:00. Kalo gak kebagian berabe juga mesti naek taksi ke bandara. Sampe jam KL sentral masih ada kereta ke KLIA yang transit dan non-stop. Mengingat pesawat gw masih 6 jam lagi harusnya gw naek yang transit aja lah ya, biar bisa merem bentar atau wi-fi-an sampe puas. Eh gw malah pilih yang non-stop. Pinter banget deh, jadinya sampe tempat check-in baru jam 1 sementara check-in-nya juga baru buka paling cepet jam 4.

Di bandara penuh sama orang yang mau ke Bangladesh dengan bagasi yang gak kira-kira. Nyelundupin orang apa ya di bagasinya saking gedenya? LOL! Trus gw tawaf dulu padahal udah cape dan udah ngelewatin kursi panjang yang kosong bisa dipake tidur ayam. Ada mekdi lagi tapi gw pilih duduk deket KFC karena lebih deket sama counter check-in.

Sekitar jam 4-setengah 5 gw bangun trus siap-siap mau check in. Eh antrian Lion penuh banget lah sama jamaah umroh. Dan gw langsung menyesali pilihan hidup gw kenapa harus pasang alarm jam 4. Aduuuuuuuuuh paling males deh ikut antri sama yang bagasinya gak kira-kira banyaknya. Tapi ternyata itu antri Lion, dan gw naek Batik yang beda antrian. ALHAMDULILLAH!!! Cuman ngantri 5 orang dan udah deh dapet boarding pass. Abis itu gw mau makan KFC tapi duit receh gw tinggan sekitar RM 8, sisanya RM 50 yang gw males banget mau pecahin, jadi beli semacam Breakfast Wrap dan cola aja. Trus baru nyadar kalo udah mau jam 5 berarti udah kudu masuk boarding room. Kan mesti naek sky train lagi pula ke tempat pesawatnya, jadi makan buru-buru dan cola nya gw bawa. Pas mau masuk boarding room, cola yang gw bawa akhirnya kudu dibuang. Huhuhu sayang banget masih ada dua pertiganya. Tapi untung bukan Starbucks. Kalo iya, gw nangis beneran deh.

jarang2 liat pesawat boeing tapi punya TNI..
Sampe CGK, untung naek Sriwijaya Air ke Bengkeles-nya jadi gak perlu pindah terminal. Tapi si Lion yang biasa juga belom berangkat, dan ternyata si Mbak Sri delay sejam. Telat banget lah gw ngantor. Untung gak ada yang curiga. LOL!

Eh iya lupa, sampe Bengkeles ada pesawat ginian. Trus kebetulan kan udah tugas lagi sehingga nginep di hotel. Hotelnya puuuennuuuuh sama bule orang Navy Seal, mungkin latihan bareng sama TNI kali ya..

Abis ini mau kemana? Masih pengen ke Singapur lagi ada yang kepengen dibeli... Kemaren rencana tanggal 10 Mei karena kalo 11 Mei-nya izin (baca: kabur) bisa long wikenan. Eh ada tugas kantor, dan mau puasa juga. Kalo gak nyekar berasa anak durhaka.. LOL. Yaa ditunda lah ke Singapur-nya lagi entah kapan..

:'(

No comments:

Post a Comment