Thursday 11 January 2018

Idols Survival Show?



Di Kroya sana, salah satu jenis acara yang masih banyak pemirsanya yaitu acara singing competition
survival show. Seringnya mereka bikin konsep sendiri, gak cuman beli lisensi macam American Idol. Udah ada dari 2011-2012 sih yang gw tau dan gw ikutin (season 1 nya doang), yaitu acara yang namanya K-Pop Star. Cuman si K-Pop Star ini menurut gw pamornya malah makin turun temurun sampe bikin season keenam dan katanya terakhir di tahun 2016-2017.








nemunya logo season 4..
Ada saingannya juga namanya Superstar-K yang malah lebih dulu mulai (maap soalnya niat nulis dulu baru riset) dari 2009 dan menghasilkan solois yang keren-keren macam Seo In-guk, Huh Gak, John Park, dan grup macam Ulala Session dan Busker Busker. Ada juga yang buat cari rapper namanya Show Me The Money (versi unisex tapi mainly cowok), atau Unpretty Rapstar (versi khusus cewek), yang cukup sukses, menelurkan artis baru dan dibuat sampe beberapa season, tapi gak ngikutin juga karena kebanyakan drama kayaknya... hehe peace! Oh iya satu lagi yang suka bikin males nonton  kalo acara singing competition gini adalah kalo lagunya gak begitu kenal, apalagi yang cari rapper tadi karena semua nulis lirik sendiri. Dari zaman American Idol aja yang gw suka cuman season di mana ada episod Mariah Carey sama Bon Jovi doang yang inget banget karena ampir semua lagunya tau.



 


















K-Pop Star ini malah kontestannya ada yang belom debut jadi penyanyi loh, padahal udah sampe 4 taun yang lalu juara 2 macam Bang Yedam yang sekarang masih trainee aja di YG. Iya sih saat ini masih umur 15 juga international age-nya. Kalo menurut gw, YG jarang juga sih nge-debut-in trainee yang kemudaan. Paling Dek Suhyun yang debut umur 15 dan terakhir Dek Bobby (yang tanggal lahirnya persis gw!) debut umur 19an internationally. Kemaren juga baru baca artikel yang menang Superstar-K setaun-dua taun lalu baru mau debut karena baru cukup umur(?).

Yang lebih ngetren saat ini tuh idol survival show, jadi sekian besar yang bertahan sampe episod terakhir bakal jadi satu grup. Seinget gw sih konsep kayak gini mulai dari WIN tahun 2013, yang dibuat sama YG Entertainment. Kalo gak salah sih konsep survival-nya Tim A vs Tim B, yang pada akhirnya Tim A menang, dan debut dengan nama boy group “Winner”. Sementara Tim B dimasukin acara selanjutnya di 2015 yaitu Mix & Match trus survived 7 member dan debut dengan nama “iKon”.

JYP Entertainment juga gak mau kalah dengan bikin acara SIXTEEN, dimana 16 kontestan dites segalamacem yang konsep awalnya girlgroup bermember 7 orang, tapi akhirnya jadi bermember 9 orang yang debut dengan nama “Twice”. Twice ini jadi salah satu girlgroup terpopuler di Kroya sono pada saat ini.. Sekarang baru aja selesai buat versi boygroup dengan judul acaranya Stray Kids.

Yang paling banyak penontonnya dan kalo kata gw paling sukses ya tidak lain dan tidak bukan adalah Produce 101 (karena males ngetik, setelahnya bakal disingkat jadi P101 ya..) dong. Dari jumlah peserta yang lulus audisi awal aja scale-nya udah gede banget. Set-nya juga harus cukup buat masukin 101 orang ke TV. Ceritanya dari 101 peserta ini yang bisa jadi girlgroup (season 1, 2015-2016) dan boygroup (season 2, 2017) cuman 11 orang. Sebenarnya awal season 1 nya mulai, gw rada males ikutin karena pasti english sub-nya lama dan kalo ngikutin beritanya di website K-entertainment, isinya drama mulu.


Setelah grand final season 1, mereka persiapan untuk debut dengan nama IOI. Trus gw nemu acara reality show (yang udah engsub tentu) tentang cerita mereka persiapan debut, mulai dari dorm life, photoshoot, recording, and all that’s in between. Penasaran deh sama perjuangan 11 member (dan 90 peserta lainnya) ini jadi girlgroup buatan produser se-Korea raya (karena ini emang 100% popularity contest, kayaknya beda sama WIN dan SIXTEEN yang gak mainly popularity contest). Download lah P101 season 1. Telat banget sih emang lha IOI nya udah mau bubar (karena kontrak 11 member ini cuman setahun sebagai girlgroup IOI sampe awal 2017) malah baru nonton waktu bikinnya. Isinya yaaa, standar lah. Banyak nangis, banyak drama sana sini, banyak yang ambisius dan sukses ataupun malah gagal. Tapi emang kalo reality show di Korea gak kayak sinetronnya yang makin drama makin bagus. Preview-nya aja yang lebay, jeng-jeng-jengggg, tapi pas benerannya cuman gitu doang. Terkadang, gw yang males nonton kalo segala didramatisir aja, geregetan sama cast-nya yang ceritanya kesel sama cast lain, selalu diikuti dengan kabur dan nangis. Mbok ya jambak-jambakan dulu kek baru maaf-maafan (loh???).

tulisan yang atas itu hangul yang literally dibaca aioai
Yang agak lucu, trainee JYP yang pas di SIXTEEN tereliminasi di episod akhir, menang ranking 1 di P101 season 1. Again karena beda konsep penilaian kali ya, kalo di SIXTEEN pake popularity banget mungkin Nak Somi udah masuk grup Twice daripada IOI yang cuman proyek setaun doang. Sebenarnya udah banyak banget gosip kalo Nak Somi bakal dimasukin ke Twice jadi member ke-10. Tapi sampe Twice ngeluarin berapa album tetap aja ber-9 sampe sekarang. Sementara Nak Somi setelah IOI bubar sampe saat ini cuman gabung beberapa project group, nyanyi featuring, sama modelling aja, belum debut lagi jadi member girlgroup. Padahal ada satu member IOI namanya Nak Yeonjung, sebelum IOI nya bubar udah dimasukin ke group yang udah debut ampir setaun sebagai member ke-13 yaitu Cosmic Girls sama agensi dia.

 

Awal 2017, P101 ini ada season 2 nya, yang khusus trainee cowok. Di season 2 ini, selain trainee banyak juga yang udah debut jadi boygroup (26 dari 101 loh), salah satunya 4 dari 5 Nu’est yang malah debut dari 2012 dan dari agensi yang bisa dibilang medium sized (kalo gak malah big sized), Pledis Entertainment. Kalo dari agensi yang kecil-kecil sih ya masuk akal kalo mereka gak bisa promote banyak-banyak sehingga fanbase mereka pun gak besar.





Kemarin ada artikel yang bilang kalo income dari music show cuman sekitar US$500 per tampil, sementara pengeluarannya mulai dari makan, transport, kostum, make up & hair do, bayar stafnya juga, bisa sampe US$1,000-3,000. Gak kebayang buat grup-grup yang kecil ke sedang harus gimana kalo mau survive.


Khusus untuk Nu’est, gw seperti peserta laen yang masih trainee waktu syutingnya juga mikir kok kesannya curang banget, mereka kan udah punya fanbase, punya hit songs, udah debut di China dan Jepang, apalagi termasuk salah satu boygroup yang gw suka juga karena 4 dari 5 membernya lahir tahun 1995. Alasannya gak penting sih tapi kalo ada yang pernah baca post gw sebelumnya tentang Kroya, I have a thing about 1995 kids karena yang namanya Aulia (Ade) Tri Nufizano kalo diizinkan ada ya lahir tahun itu.. Hiks..


But, well back to the topic, pas ditayangin alesannya si Nu’est ini ikutan Produce 101 season 2, emang masuk akal sih. Diceritain kalo pas jadi trainee itu mikir kapan debut dan pengen cepet2 jadi artis, eh pas debut kalo gak sukses ya udah deh bisa-bisa bubar jalan jugak.


Di Korea (dan kayaknya dimanapun juga sih..) musik bagus belum tentu menarik dan menghasilkan. Nu’est ini gw pikir padahal musiknya beda dan bagus tapi ternyata gak menarik bagi target market mereka yaitu standar remaja Korea. Trus juga karena mereka kelibas sukses sama grup adek mereka yaitu Seventeen, yang mungkin karena membernya aja ada 13 jadi lebih banyak menarik fans.


Pas muncul teaser-teaser buat season 2 ini, gw berniat aktif ikut vote dan ngikutin per-episod segera setelah ada engsubnya, bahkan karena keburu gatel sempet download versi raw-nya. Tapi belom sempet ketonton, banyak berita di website k-entertainment kalo season ini lebih banyak lagi dramanya daripada season 1. Ih padahal kan pesertanya cowo semua, harusnya drama sama nangisnya agak lebih kurang dong daripada season 1. Drama nya bahkan bukan dari pesertanya aja tapi sampe bagaimana stafnya diskriminasi peserta berdasarkan ranking. Zzz.


ini yang namanya Jang Moonbok. ceuuuu eta buuk.. :)
Masih niat vote sih, malah udah buat rencana bakal vote semua member Nu’est, satu member ToppDogg, satu peserta yang famous banget namanya Jang Moonbok dengan rambut syalalala ala bintang shampo (ingat, season ini cari boy group, dan Moonbok ini cowo.) dan semua trainee independen yang gak punya agency. Eh ternyata gak bisa ikut milih karena ekslusif warga negara Korea, harus punya email domain CJ (salah satu perusahaan konglomerat yang usahanya mulai dari makanan sampe stasiun TV sendiri kalo gasalah) dengan syarat punya alamat rumah di Korea. Yaelah.


Akhirnya ya cuman ikutin di website k-entertainment aja, itupun gak mau baca kalo yang jelas-jelas spoiler. Beberapa bulan kemudian gatel juga sih download yang tentunya udah ada engsub. Paling seneng kalo acara ada tim subbing yang loyal banget udah gitu kualitas subbing-nya juga bagus. Thank you @101_subs ! Kalo acaranya gak continuous banget kayak ini emang agak gampang punya tim yang solid buat subbing, gak kayak kalo udah sampe berpuluh2 atau beratus2 episod semacam vlog boy/girlgroup gitu yang sering banget ada di yutub atau vlaiv.. Kalo tim subbing-nya udah gak ngefans lagi ya,, sedih deh..


Back to the show review (I feel like my blog post is always ngalor ngidul ), benar adanya drama dan nangisnya sama banyaknya sama season 1. Malah lebih parah. Di dunia k-entertainment kalo ada rumor atau berita jelek jaman dulu yang tergali sama orang (mainly anti-fans), atau ketauan melakukan hal gak senonoh, drunk-driving, drug abuse, judi, dsb oleh satu seleb, seleb itu biasanya harus menghilang dari spotlight selama beberapa saat sebagai reflection time-out gitu deh. Gak kayak entertainment Indonesia atau Western yang always make stupid people famous.


Di season 2 P101 ini pun gak kebal dari “laws of k-entertainment”. Jadi ada 1 episod dimana dari
keliatan kan sensornya.. (source: brandnewboys.wordpress.com)
sekian peserta yang tersisa, dibuat grup-grup untuk perform dance, rap, atau vokal. Salah satu dari grup rap ini sebenarnya terdiri dari 4 orang. Tapi pas ditayangin mulai dari latihan sampe perform, yang keliatan cuman 3. Trus ada beberapa part yang jelassss banget orang keempat ini mukanya disensor. Like savage censored! Trus gw penasaran, ternyata si trainee ini ada yang nuduh melakukan sexual harassment via chat ke perempuan di bawah umur dengan bukti screenshot chat-nya. Padahal sebenarnya dia termasuk yang super-talented dan fans-nya banyak, malah dari 4 orang di grup dia, dia menang vote terbanyak.
lol hi guise! (source: tumblr)


Untung aja dari seluruh trainee rap position bukan dia yang nomer 1, kalo gak tambah pusing ngedit ni orang gimana. Ckckckck. Setelah itu agensinya bilang kalo si trainee bermasalah ini mengundurkan diri dari P101 season 2. Walopun cerita tentang sexual harassment-nya gak ada di episod tersebut, kurang drama gimana coba ni acara? LOL!


Seperti yang gw bilang di awal kalo acara idol survival show lagi ngetren, buanyaaaak banget acara lain yang mirip bahkan setelah P101 season 1, yang diikutin juga sama eks-peserta season 1 itu. Selain itu juga banyak project group yang dibuat oleh non-11-besar eks P101 kayak IBI, Rainz, atau JBJ.


Ada juga acara judulnya Girls Spirit yang tayang setelah P101 season 1 (beda channel tapi), di mana pesertanya ada 2 member yang pada akhirnya jadi 2 grup dengan cabutan IOI juga. Selain itu peserta lainnya adalah satu member dari 7 girlgroup udah debut tapi gak meledak.


Ini acara sumpah gak lucu. Talent pesertanya bagus semua, tapi yang juara 1 namanya Kim Bohyung, grup dia namanya SPICA malah bubar. Ada juga peserta yang cabut dari grupnya, ada peserta yang salah satu member di grup-nya cabut (gosipnya udah hamil dan udah tunangan), ada peserta yang member di grup-nya pindah agensi trus gak jelas masih member atau gak dan apa masih bisa promote sebagai grup itu apa gak, dan sisanya? Tetep gak meledak kayak P101 season 1 setelah acaranya selesai September 2016.


Girl Spirit ini termasuk popularity contest juga tapi voters-nya nampaknya inklusif untuk penonton di dalem studio doang, dan emang bukan di channel nasional juga sih. Kalo pemirsa TV-nya bisa vote juga kali bisa lebih sukses acaranya. Alumni Girl Spirit yang sekarang agak sukses paling Lovelyz, baru pertama kali dapet No. 1 di music show akhir 2017 kemarin. Trus yang pesertanya segrup sama cabutan dari IOI namanya Pristin, yang dapet piala Best New Artist 2017 di beberapa award show. Tapi ya, itu, gak meledak amat. In fact, semua cabutan IOI gak ada yang meledak banget sama group baru atau solo karir barunya masing-masing. Paling si juara 2 yang namanya Dek Sejeong yang pernah dapet No. 1 di music show tapi sebelum IOI-nya bubar..


Acara lain yang mirip sama P101 adalah The Unit dan Mix Nine. The Unit dibuat sama salah satu
channel TV Korea nasional, KBS. Marketingnya sih memberikan kesempatan kedua bagi idol yang udah pernah debut tapi gak mendapatkan sukses, ya mungkin idenya dari 2 member girlgroup DIA yang udah debut beberapa bulan sebelum ikut P101 season 1, juga Nu’est dan 22 debuted trainee lain yang ikut P101 season 2. Saat post ini dibuat, yang udah ada engsub sampe episod 10, tapi gw baru nonton episod 1-2, itupun banyak di-fast-forward. Hahahaha. Gw gak suka nonton trus bersambung trus mesti nunggu episod selanjutnya minggu depan, apalagi k-show yang engsubnya gak pasti munculnya kapan. Tapi gini-gini juga gw ngikutin beritanya jadi at least tau sedikit lah dan bisa ngomentarin.


https://www.youtube.com/.../UC4sQelfHFRVDQoiFYRyUFZA
Menurut satu artikel, marketingnya gak sesuai sama kenyataannya, bahkan ada yang belum debut atau baru debut sebulan dan “belum makan asam garam idol life” malah dilulusin. Ada yang kayaknya bukan idol trainee dari agensi yang isinya rata-rata aktor juga dilulusin sampe diajarin nge-dance di tempat sama Oom Rain. Salah satu vlogger/idol yang gw subscribe di yutub Rillacoco juga ikutan audisinya. Dia termasuk idol kata gw sih talented, plays guitar, dan udah debut dari 2011 yaitu girlgroup namanya Blady, trus keluar, trus dibuatin grup duet Cocosori, trus udah debut solo juga. Di vlog nya diceritain kalo dia gak lulus audisi.. So sorry for you Coco..

 


Selain yang bener-bener baru debut atau bahkan belum debut, banyak juga sih yang super talented tapi underrated seperti Mint eks Tiny-G, member Sonamoo, Feeldog Bigstar yang katanya pacarnya Bora eks-Sistar, Kanto yang sering bangggget jadi featuring di lagu artis yang udah x, member Dalshabet, member Melody Day, dst. Ada juga yang talented tapi (kayaknya) kepilih sebagai bumbu drama (no offense though) macem Jiwon eks-SPICA (yes, the same group as Girl Spirit winner Bohyung) yang katanya jadi semacam driver Go-Food di Kroya sana setelah grupnya bubar dan Donghyun Boyfriend yang debut 2011 tapi kalah sukses sama juniornya Monsta-X.

Setelah nonton, ada juga yang memancing air mata Panelis-nya kayak member Hotshot yang sobatan dari SD sama Taemin SHINee tapi tingkat suksesnya bagai langit dan bumi, Joo yang sempet jadi trainee bareng Hyuna saat JYP Entertainment mau debut-in Wondergirls, dan lupa lagi hahaha.


Kalo Mix Nine, konsepnya sih lebih ke nyari trainee. “Sponsor” utama acara ini adalah YG Entertainment. Jadi intinya yang menang bakal debut di bawah manajemen YG Entertainment, kayaknya sama sih cuman project group yang bakal promote setahun-dua tahun aja karena pesertanya semua udah punya agensi, dan lagian ada yang udah debut juga. Jujur aja gw jarang suka sama lagu-lagu artis yang agensinya YG dari zaman Big Bang dan 2ne1. Alesannya karena konsep fashion & styling-nya suka ajaib dan musiknya sangat cenderung ke rap dan hip hop juga sih. Makanya pas sekalinya 2ne1 dandan cantik di jaman “Falling in Love” sukkkka banget! Winner juga agak model sih tapi kadang “alay” juga dengan rambut yang terlalu ngejreng jadi ilfeel. Nah kalo yang namanya BlackPink, sukkkkkkka karena edgy tapi tetep cantik. 

 
Back to the Mix Nine, gw penasaran sebenarnya cuman karena boygroup favorit gw KNK ikutan audisi juga, dan dari 5 member cuman lolos 3. Saat ini udah keeliminasi 1 padahal face of the group nya huhu. Belum pernah nonton 1 pun episodnya padahal udah 10 episod. Tapi ya again ngikutin dari artikel k-entertainment website aja. Gw mah malah berharap sisa member KNK gak ada yang masuk 9 besar apalagi sampe debut beneran karena males banget kalo mesti bercabang kayak Nu’est-W dan Wanna One sekarang. Udah gitu belum mengingat kembali konsep dan lagu YG yang gak selalu gw suka.

Woo Jinyoung yang rambutnya pink waktu P101s2
Woo Jinyoung @ Mix Nine
Sampe saat ini, sisa 2 member KNK emang gak ada yang masuk 9 besar sih, katanya ranking 20 dan 23. Tapi kalo tiba2 ada reversal kan ngeri juga. Walaupun yang masuk 9 besar gak fluktuasi banyak juga. Dari kemarin-kemarin liat spoiler 9 besar cowo dan cewe nya, yang ranking 1 masih dia dia aja. Yang cowo mantan peserta di P101 season 2, namanya Woo Jinyoung, saingan beratnya peserta yang keluar karena skandal sexual harassment yang gw ceritain di atas, malah segrup waktu censor-vaganza episode-nya tayang. Sementara yang cewe trainee JYP yang udah dari awal seleksi dipuja-puji terus, namanya Shin Ryujin, dan bahkan YG pengen rekrut dia jadi artisnya. Gatau kenapa dia gak ikut SIXTEEN apa belom masuk JYP atau gimana.

mix nine theme song "Just Dance" MV
P101s2 theme song MV
P101s1 theme song MV
Persamaan lain dengan P101 adalah mereka punya theme song yang ceritanya dinyanyiin sama seluruh peserta. Kalo bandingin theme song dan koreo P101 season 1, 2, The Unit, dan Mix Nine, gw ilfeel sama Mix Nine karena géték liat koreo nya yang, hufffffff. Mungkin niatnya imut2 aegyo gitu, tapi gak cocok sama lagunya yang sebenernya cukup keren. Di atasnya sedikit P101 season 1 yang lagunya agak annoying di kuping karena nadanya
the unit theme song "My Turn" MV
itu-itu aja. The Unit di sini menang banget sih buat koreo dan lagu. Keliatan banget niatnya, part cowo dan cewe nya beda, dan part rada rap yang dinyanyiin peserta cewe yang bikin gw meleleh saking kerennya. Pas reff juga koreo cewe sama cowo beda. Sumpah keren! Karena yang bikin juga KBS kali ya jadi gak main2. P101 season 2 keren sih koreonya, tapi nada lagunya agak kurang variatif juga makanya kalo kata gw kalah sama The Unit.


Dari lagu tema ini tetep ada yang namanya center (peserta yang paling banyak dapet waktu tayang di TV). Kalo Mix Nine agak lupa sih ada atau gak yang keliatan banget kalo satu atau dua peserta itu center, karena saking gétéknya koreografinya gw jadi males riset lagi. Hahaha. Kalo P101 kan ada ranking A, B, C, D dan F berdasarkan penilaian mentor atas skill. Semua yang ranking A di-vote sama peserta lain gitu dan yang paling banyak jadi center. Kalo The Unit ada grup-grup, dan centernya satu grup ada 9 cewe dan 9 cowo, tapi dari masing-masing 9 tetep ada 1 yang paling banyak airtime-nya.

fierce bishes!
Setelah theme song, kalo di P101 center tuh dibuat pentiiiiing banget, namun pada akhirnya banyak juga performance yang bikin bingung, ini centernya siapa sih sebenernya? Dan seharusnya itu salah editornya karena kalo masalah koreo dan pembagian part nyanyi, si center udah pasti partnya disesuaikan agar banyak kesempatan bersinar. Kalo dibandingin sama The Unit, kemarin liat salah satu grup cewe perform “Crazy” nya 4Minute. Agak kebanyakan power sih, tapi di sisi laen airtime nya adil banget dan gak kentara centernya. Gw lebih dukung gini sih, jelas ada center tapi ya gak dia mulu aja yang makan kamera. 

Konsep kostum juga The Unit beda sendiri. Sementara yang laen konsepnya anak sekolah, The Unit ini kayak seragam polisi gitu deh cuman serba putih, ala-ala “Genie” nya SNSD zaman zeboth. Dan menang sih di mata gw karena konsep anak sekolah udah mulai membosankan.

Kalo masalah mentor, kayaknya lebih profesional di P101 sih. Gak cuman yang penting seleb yang talented, P101 ngontrak vocal trainer dan koreografer beneran sebagai mentor, yang punya semacam sekolah/studio sendiri gitu. Mentornya bener-bener punya kelas ngajar dance, rap, dan nyanyi buat peserta P101, jadi bener-bener kayak satu agensi sendiri. The Unit mentornya dance-singer 4, ballad singer 1, rapper 1, belum liat juga sih yang ngelatih beneran siapa karena baru nonton sampe part audisi. Ada sih kayaknya koreografer yang siap marah-marahin trainee mah. Hahaha. Kalo Mix Nine belom tau fixed mentornya siapa aja, tapi kayaknya semua penyanyi YG yang udah legend aja dikeluarin.

P101 katanya bakal bikin season 3 taun depan, katanya sih jadi Produce 48, gak tau apa bakal 1 grup isi 48 orang dan promotenya dibikin unit gitu, kayaknya sih agak niru-niru AKB48. Kalo kata gw sih karena ngeliat season 1 dan 2, di luar 11 besar juga ladang uang potensial loh..! Sementara The Unit masih episode 10 dan dari 126 peserta baru ada beberapa yang dieliminasi. Kalo Mix Nine udah masing-masing sisa 25-an peserta cowo dan cewe di episode 10-an saat post ini dibuat. Kalo udah nonton lagi mungkin gw bakal bikin post baru ah.. Tungguin ya! 😊

No comments:

Post a Comment