Monday 23 October 2023

Ceritanya udah setahun punya mobil dari baru

Subtitle blognya “K-Pop, Cars, K-Varieties, Fashion, Gadget, Foods, Travelling” tapi kayaknya baru pertama kali ini bikin post tentang mobil. LOL. Ceritanya udah setaun punya mobil, dan udah bosen pengen aja bikin semacam new car buying guide sesuai dengan selera gw. Mungkin bisa jadi ide buat klean yg baca #halah dan pengingat buat gw kalo ada rezeki upgrade mobil >5tahun lagi aamiin.

 

Oh iya, selera gw basicnya mobil kecil kompak irit mewah. Gw sebenernya gak hobi2 amat nyetir juga sih. Bisa dibilang jauh lah sama model2 Fitra Eri atau Ridwan Hanif yg emang petrol head (?). Jadi ada beberapa sih yang gw agak wajibin kalo buat beli mobil baru:

  1.       Ku lebih pilih mobil matic, karena gak bisa bawa manual hahaha. Tapi realistically punya mobil harus bisa dibawa macet deh bagi yg tinggal di kota. Matic aja lumayan pegel kalo dibawa maju pelan2 banget terus2an mah, kayak “setengah kopling” tapi di rem (bitis kanan pegel kalo matic, bitis kiri pegel kalo manual pas macet mah LOL). Tapi mending kan daripada setengah kopling dan gas terus2an, yang kalo gak biasa bisa metong mesinnya. Kmrn liat Moladin yang reviu Subaru BRZ
    Subaru BRZ

    sama Mazda Miata
    yaitu mobil yg enak dibawa meliuk2 di jalan pegunungan yang mulus, dan transmisi manual biar kita yang “in control” kayak gak relate. Seru sih bagi yg emang hobi nyetir, adrenalin gitu kan. Tapi paling kan cuma wiken aja, itupun gak akan tiap wiken dikerjain. Belom jalan yang selalu mulus di mana sih kalo di Indo? Belom gw yang mageran. Kecuali kalo emang orang makin kaya dan makin punya waktu luang buat hobi mah beda cerita ya...
  2. Mazda Miata MX5
    Kalo satu mobil punya beberapa tipe (kayak kalo Toyota punya tipe E, G, S, V, Q; Mitsubishi punya GLS, Exceed, Ultimate; dan sebagainya), gw selalu lebih milih tipe yang paling tinggi. Gak bisa hidup tanpa fitur2 opsional. Kalo di tiktok bule ada yg bilang “Poverty Button” karena gak mampu beli fitur2 tambahan, gw sih sebisa mungkin full isi semua. Walopun kalo di Indo sih beda ceritanya ah, mobil gw saat ini yang tipe termahal (Toyota Raize GR Turbo S with TSS Two Tone Color) (selanjutnya sebutlah dia Neng Iceu) aja masih banyak “Poverty Button”-nya karena opsinya cuma ada buat JDM (Japanese Domestic Market, mobil yang eksklusif dijual di Jepang dari brand resmi tersebutnya mah) ato tipe yang dijual di Sing/Malay/Thai aja kali huks. Dan sebenernya bisa aja sih beli tipe di bawahnya tapi pasang aksesoris after market biar fiturnya sama dan jaminan lebih murah, tapi gwnya yang mager.
  3. Gw belom terlalu percaya pake mobil listrik, karena, kayak ribet aja ngecasnya. Walopun kalo di Jakarta yang “kota” mungkin udah mudah (sering liat yutub bisa ngecas di SPKLU yang deket sama mini market/dalem mall), dan mungkin instalasi colokan di rumah yang klo gasalah 7.700 VA itu mudah2 aja dan beneran lebih murah bayarnya dari beli bensin, tapi, masih ragu aja sih jatohnya, termasuk range anxiety-nya. Kalo masalah kerendem banjir yg tak seberapa mah gak ya, udah pasti dibuat anti air dong untuk ketinggian air tertentu mah, yang sama aja kayak mobil biasa. Soalnya sama gadget aja gw kayak sering asal ngecas (udah 0% lah baru nyolok, atau udah 100% lupa dicabut) jadinya baterenya cepet soak (uhuklaptopbarangmiliknegarauhuk). Kayaknya sama aja kali untuk batere mobil. Lagian barusan liat2 website motor listrik, si rumah tempat ngecharge minimal 1.300 VA. Apakabar kalo mobil? Minimal 2.200 VA kaliya. Dan rumah gw walopun udah 2.200 VA tapi jalurnya dibagi 2. Kalopun gak, lucu amat cas mobil harus matiin semua peralatan daput kulkas lah dispenser lah dll. Kalo kurang wattage-nya juga kan selain ngechargenya tambah lama, malah bisa bikin batre jadi cepet rusak kan yaaa.
  4. Gw mikir mobil buat dipake ya, bukan buat dijual lagi. Kayak, “hah?” kalo mikirin harga jual kembali bahkan sebelom mobilnya dibeli. Kayaknya super jarang juga mobil yg dijual kembali bisa sama atau lebih mahal daripada harga kita beli (beda cerita kalo mobil ghoib macem Suzuki Jimny kali ya). Well gak ngejudge juga sih sama orang yg bener2 punya duit pas-pasan, perlu mobil, trus tiba2 perlu uang cash jadi mobilnya dijual. Kalo kayak gitu mending beli mobil second aja kali ya, rasio keluar duitnya belinya sama dapet duit kalo perlu dijual laginya gak beda jauh (gaksih?) dibanding beli mobil baru trus tiba2 BU dan dijual. Jadinya kalo mau beli bekas gak cocok baca rekomendasi gw ini LOL.
  5. Gw kerja di tempat yang tiap ibu kota provinsi ada kantor cabang, dan ada kemungkinan pindah ke ibu kota itu seluruh Indonesia. Makanya sama merek agak2 sensitif juga sih (walopun kalo budgetnya udah lewat angka tertentu tetep nakal nyaranin/pengen yg after sales service-nya susah/jauh banget LOL).

Jadi bikin new car buying guide ini deh. BTW list nya berdasarkan kelas harga. Jadi kalo punya budget segini enaknya beli apa ya? (sambil berimajinasi). Oh ya list ini juga khusus buat mobil yang dijual resmi di Indo, karena mobil impor2 gitu harganya gak masuk akal bangettt. Kayak kedemenan gw Fiat 500e yg lucu banget itu harganya lewat Rp1M aja dong via Importir Umum. Iyuh. Banyak banget mobil laen yang bisa dipilih dengan budget segitu mah. Iya sih harga di Yurep setelah gw cek sekitaran Rp600juta juga. Huf. Dan, mobil yang ada di sini juga exclude mobil niaga gitu ya, lebih ke buat commute biasa single atau family aja, dan mainly buat 1st car bukan buat side car. Mengingat kayaknya gak ada mobil baru under Rp100juta, gw bikin list mulai under Rp200juta aja.

 

Toyota Calya

<200juta

Pilihannya dikit ya kalo mau mobil baru. Tapi kalo hanya sesuai selera gw aja, gw sih bakal beli Toyota Calya. Udah bisa dapet tipe termahal yang lumayan lengkap (kalo gasalah udah sampe ada kamera mundur) dibanding beli Ayla atau Brio Satya yang fiturnya seadanya. Ya paling jeleknya bakal dikira mobil taksi online aja. Kalo gak mau seperti itu ya paling ke mobil bekas sih, karena mobil baru dengan harga under 200juta kayak gak ada yang bagus buat gw selain Calya ini.

 

<250juta

Nah ini baru mulai menarik. Gw saranin untuk pilih Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion

kalo segini. Kalo liat fitur dan reviu orang2 ini mobil jauh lebih menarik daripada Brio RS ato Agya GR yg baru loh, tapi orang2 lebih percaya sama nama Toyota dan Honda sih. Padahal Daihatsu juga cabangnya lumayan tersebar se-Indonesia.


 

 


<300juta

Suzuki Baleno
Sebelum jadi beli Neng Iceu, mobil ini termasuk salah satu yang gw pengen, yaitu Suzuki Baleno. Tapi langsung buru2 dicoret dari list karena sama persis kayak mobil Kakak Ipar LOL. Tapi Baleno udah facelift besar2an sih 2022, cuma dimensinya aja kayaknya yang sama. Mesin sampe interior berubah semua. Dan harganya masih 280an (sebelum kalo dapet sales yang baek ngasih diskon). Fitur banyak menangnya dari mobil yang 100juta lebih mahal (uhukcityhatchbackuhuk). Kalo belom punya mobil (dan gak ada sodara deket yang mobilnya sama LOL) gw rekomen banget ni mobil.

 

Oh ya kalo mau mobil keluarga bisa pilih Toyota Avanza 1.5 (preferably with TSS)

Toyota Avanza TSS

sih. Avanza ini kayaknya punya trim paling tinggi yang paling murah deh di kelasnya, soalnya Xpander udah 315juta, Stargazer udah 317juta (kalo mau saingannya sama Veloz sih iya Veloz yang paling mahal). Paling saingannya Daihatsu Xenia aja yang lebih murah 2jutaan di tipe tertinggi, tapi fitur2 standar yang penting gak penting di Toyota kayak Isofix buat pasang child seat, headrest tengah jok baris 2, di Daihatsu masih gak ada aja deh perasaan.

 

Wuling Alvez EX

Sebenernya mau rekom Wuling Alvez (yang mirip nama gw LOL). Tapi kayak agak kureng aja, ban dan velgnya kekecilan. Mungkin karena konsepnya semacam hatchback aja tapi kenyataannya jadi ala2 SUV yang dibikin tinggi jadi cungkring. Dan kayak sempit banget interiornya dibanding lawan sekelasnya (kalo dibanding kelasnya Neng Iceu sih mungkin sama, tapi kan eksteriornya jauh lebih gede).

 

Satu lagi Wuling AirEV juga lucu dan setelah katanya PPN 1% turun lagi harganya (walopun gatau

Wuling Air ev kalo udah modif makin luchuuu

jadinya dibawah 300 atau gak karena ternyata Price List Agustus di Bandung udah 305juta). Tapi, again belom percaya 100% mobil listrik. Selain itu ada yang reviu katanya kursi depannya terlalu tegak. Kupikir ya karena bodynya juga tinggi cungkring gitu sih makanya kursinya ngikutin. Juga ngechargenya yang gak bisa fast charging jadi kayak, ihhh... Sampe ada yg ngeluh ngecas 85rb cuma nambah 10% (dan kontroversi si yang ngeluh blablabla ah cape). Kebayang gak sih kalo pake mobil batre segitu tapi bisa fast charge, kayaknya Jakarta-Surabaya pun berentinya bisa beneran kayak berenti beli bensin doang deh.

 

<350juta

Neng Gantengnya Akuh

Toyota Raize
masih worth it sih menurut gw, mungil di luar tapi lumayan lega di dalem (karena tinggi). Kalo dikasih diskon sama sales kayaknya masih dapet di bawah 300 deh buat yang TSS. Fitur gak ketinggalan (sebel gak ada Apple Carplay/Android Auto aja sih). Model ganteng, aksesoris banyak. Menurut gw masih lebih oke daripada Honda WR-V (yang seharusnya bisa nyalip secara fitur karena lebih baru). Honda terkenal sama Ultra Seat tapi gak ada di WR-V, sementara Raize kalo jok belakang dilipet bisa rata bagasi. WR-V terkesan lebih mungil dari Raize baik interior maupun eksterior. Gw rasa sih WR-V itu Brio ditinggiin aja or Brio “on steroids kalo kata orang2 (walopun Agya ya Raize dimungilin juga sih, tapi kayak mending deh dibanding WR-V Brio). Dan fitur2 lain yang lupa lagi yang setelah gw tuangkan ke excel iseng buatan gw, Raize masih jauh lebih tinggi nilai akhirnya. Penjualannya juga masih menang Raize (walopun kayak cuma beda 100an unit doang kalo liat di akun IG @ber.kendara buat data Juli). Tapi kmrn liat review komparasi Moladin, kayaknya WR-V cuma kalah ngebut dan lebih mahal aja dari Raize deh. Hem, galau juga kan gw jadinya LOL.

 

Selain itu kalo mau bawa2 keluarga, Hyundai Stargazer

si alien Stargazer

caem sih. Hyundai ini lagi meledak2nya ya, gak kayak sodaranya Kia, heran gw mah. Versi terbaru yang dasbornya lebih rendah jadi bagus sih, dan seabreg fiturnya yang mirip2 (kayaknya) sama sodaranya yg lebih mahal yaitu Creta. Kadang jadi bingung ini downgrade dari Creta apa ya sampe bisa lebih murah? Hahaha. Untuk Stargazer ini gw saranin yg 7 seater aja sih, kalo yg captain seat agak lebay. 7 Seater atau istilahnya Bench Seat bisa bawa penumpang 5 orang dan bangku ketiga dilipat buat bagasi, kalo Captain Seat mau bawa 5 orang yang 1 udah harus di bangku ketiga yang kelegaannya biasanya dipertanyakan, kadang2 cuma yang penting ada aja. Mungkin negatifnya secara eksterior aja sih bisa dibilang terlalu futuristik dan kurang bisa diterima nurul (semua Hyundai di Indo kek gitu sih, kecuali Palisade yg guantenggg). Tapi gw rasa gw enggak nyaranin Stargazer X sih, soalnya kayaknya purely menang aksesoris aja (sampe ban dan velg sih) beda sampe 20jutaan. Ihhh.

 

Xpander Cross

Satu lagi rekomen gw di rentang budget ini adalah Mitsubishi Xpander Cross. Kalo gw rasa ini gak cuman menang aksesoris aja daripada Xpander biasa sih. Ada fitur2 yang lebih “worth it” untuk nambah 30juta (walopun kalo fitur yg buat berkendara lebih nge-grip whatever itu (AYC Active Yaw Control?) gatau juga guna atau gak buat gw yang supir awam banget). Sebenernya kalah fitur Safety/Drive Assist gitu, Climate Control, sama fleksibilitas kursinya sih sama Toyota Veloz (yang sebenernya beda kelas tapi harga mirip), tapi kayaknya menang kenyamanan nyetir dan jadi penumpang (lebih lega?) deh di Xpander Cross tuh, karena jelas dimensinya lebih gede juga. Desain sih masih menang Veloz buat gw.

 

<400juta

Awalnya gw pikir banyak yang bisa gw rekom dengan budget segini, tapi liat pricelist dari akun2 sales mobil di IG kok jadi udah diatas 400 semuaa ya. Iyuh.

ih makin ganteng kan si CX3 ni kalo Two Tone

Yang gw suka paling Mazda CX-3 (gatau harga terbarunya berapa, tapi kayaknya belom lewat 400 per September 2023 mah yg tipe 1.500 cc). Tiap liat di jalan tuh gak pernah gak nengok dan sedikit sesal tersisa di dada kenapa gak coba cek2 atau test drive dulu sebelum beli Neng Iceu (walopun saat itu kalo beneran beli CX-3 udah gak punya duit lebih lagi). Kalo dibanding2 sama Neng Iceu, sebenernya fitur “safety”-nya masih kalah (gak ada Adaptive Cruise Control), trus eksterior lebih panjang lebar tapi interior kayak sama atau bahkan lebih sempit (kap mesinnya puanjangg buanget, dan secara atap lebih rendah). Selain itu takut aja kalo abis Jabar ini pindah ke IKN misalnya, entah kalo perlu servis kudu ke mana huhu (kayaknya minimal dibawa ke Pontianak deh). Menangnya di build quality, lebih ganteng tentunya (bobotnya gede ini masalah ganteng). Minusnya ya itu, servis, spareparts pasti lebih sulit daripada Nama Besar Toyota, dan kayaknya indennya lama deh dari ttd kontrak sampe mobilnya dateng (secara ni mobil masih CBU (Thailand?) kayaknya).

 

<450juta

Nah range segini yang lagi rame2nya saingan yaitu Compact(?) SUV/Crossover. Namun harganya gak compact LOL. Mobil di range segini yang gw pikir tadi masih di bawah 400juta.

si grill kisi2 AC HRV

Honda HR-V
masih nomor 1 sih. Secara ganteng dan fitur cukup lah. Di kantor aja ada 2 apa 3 deh yg punya HR-V model terbaru. Tapi gw nyaranin yang Type E aja (berbanding terbalik sama disclaimer di atas kalo gw selalu pilih tipe termahal LOL). Karena tipe SE tuh gw ribet sama atap kacanya sih. Kalopun gak dibuka “tutup warung”nya tetep aja ribet. Soalnya Honda terkenal peredaman suaranya jelek kan dari luar. Itu atap kaca bisa jadi salah satu yg bikin suara dari luar gampang bocor (gak sih?). Juga si “tutup warung”nya tipis banget kainnya, cahaya matahari tembus kalo liat reviu yutuber, panas gampang masuk donggg... Selain itu Lane Watch-nya nanggung deh, kenapa gak pake camera 360 derajat aja sekalian. Kalo tipe E kan gak ada Lane Watch jadi (agak) lebih gampang (gak sih?) pasang camera 360 after market. Jadi beda harga SE sama E kata gw mending buat pasang2 aksesoris, kayak kamera 360 sama bagusin grill depan yang aslinya kayak kisi-kisi AC itu, sama bagusin audio deh karena layarnya kayak kecil banget si tipe E ini.

Kalo ada no 1.5 (hei list gw suka2 gw lah ya) gw suka Toyota Yaris Cross, tapi harus yang Hybrid

Yaris Cross ini gak GR-an, makanya lebih ganteng

punya. Kalah sama HR-V karena lebih mahal ampir 40juta sih, kalo liat pricelist dari IG Sales2 Toyota di Bandung 445juta udah dapet Hybrid Two-Tone non-GR. Tapi dengan nambah 40juta bisa hemat bensin sehari-hari Bund, karena kalo kata reviewer bensinnya bisa 1 liter per 20km dalam kota (yakin sih kalo gw pake PP ngantor doang atau muter2 cari parkir di mol di Bandung yang macet di mana2 gak akan sampe segitu, tapi pasti masih lebih hemat dari Neng Iceu gw yang bisa 1:7 kalo lagi macet2nya atau jalan pelan2 banget hiks). BTW yg gw saranin beli juga bukan versi termahal ya karena termahalnya lewat budget ini 6jutaan (456juta-ish). Tapi mirip kayak Stargazer dan Stargazer X, bedanya cuma aksesoris aja, bahkan Yaris Cross GR ini menurut gw cuma tempelan2 aja yang gak penting dibeli.

Almaz, kalo Hybrid ada biru-birunya

Kalo gak anti mobcin, budget ini yang bagus salah satunya Wuling Almaz kali ya, tapi harus yang RS Hybrid biar gak boros bensinnya. Yang facelift ternyata dibawah 450 dong padahal yg belum facelift 470jutaan... Almaz ini sebenernya lumayan keren sih, cuman kalo bukan yg versi RS atau yg Hybrid bannya agak cingkrang gitu kekecilan karena cuma pake velg 16 atau 17 inch. Kalo fitur kayaknya namanya mobcin sih udah superior ya. Kan Almaz ini kalo di luar negri bahkan gantiin Chevrolet Captiva. Gak tau ukuran sebenernya sama ato gak, tapi malah kayak lebih kecil sih.

 

 

 

 

Satu lagi kalo gak suka compact crossover dan butuh mobil lebih gede (lebih lega keknya dari Almaz), gw sih nyaranin sekalian aja beli Toyota Innova Reborn.

si Kapal Nabi Nuh mini, Innova Reborn

Masih dijual dan jaaauuuh lebih murah dari Innova Zenix. Reborn 425jutaan, Zenix start from 428juta, dan yang Hybrid start from 471juta. Jadul sih keliatannya, tapi beda harganya sama Zenix bisa buat pasang aksesoris macem2 hahaha... Gw lebih condong ke mesin diesel sih. Kenapa diesel? Karena lebih hemat (gak sih) dibanding bensinnya. Mungkin Zenix yg Hybrid aja yg bisa nyaingin hematnya Reborn Diesel. Walopun mungkin males banget kudu isi Dexlite yang harga seliternya bikin nangis LOL. Keknya kalo bensin borossss walopun mungkin bisa diisi pertalite doang (kalo gak tau malu hahaha).

 

<500juta

New Carens

Harga segini udah mulai galau, mending beli satu mobil apa beli 2 mobil aja sekalian LOL. Karena udah jarang mobil mungil mewah kalo harga udah segini, adanya udah 3 row. Kalo merek Yurep belom ada yg bagus. Kalo agak anti sama mobcin mungkin bisa pilih Kia Carens yang baru. Ganteng loh tiap liat di jalan. Tapi ya gitu sih merek Kia juga gak meyakinkan (setidaknya dibanding Hyundai) tapi Carens versi Hyundai (kalo gak salah namanya Alcazar) gak dijual di Indo (kayak Venue dan Casper, hufff). Soal fitur again Mobkor juga gak perlu ditanya deh (apalagi harga ampir 500juta mah). Pasti lengkapppp. Minusnya buat gw sih selain Nama Nanggung Kia, versi paling mahal cuma ada 6-seater captain seat gitu, tapi versi bawah kayak gak ada mewah2nya.

si imut gagah Jimny
Satu lagi rekom gw buat yang gak suka mobil gede2 sih Suzuki Jimny hahaha. Gatau sih ya masih ghoib atau gak, sekarang makin banyak soalnya di jalan kalo di Bandung (bisa jadi baru pada dianter setelah inden sabar 2 taun atau lebih kaliya). Soal fitur agak2 seadanya sih dengan harga segitu, menang 4x4 nya aja. Cuman memang menarik,,, imut tapi gagah hahaha.

 

 

 

 

Di atas 500juta kayaknya gw loncat budgetnya per 100juta aja yah? Karena makin jarang gitu mobil yg sekelas dan harga bersaing banget. Yang ada kayak sekelas tapi beda harga bisa 50juta.

 

<600juta

unch gantengnya CX30

Mobil yang bener2 impian gw dengan range segini adalah Mazda CX-30. Unch. Guantenggggggg. Tapi harganya ampir 550juta huf ku tak mampu. Tadinya kan impiannya CX-3 aja, tapi kayak kecewa sama fitur2 dan karena semua orang bilang CX-3 sempitttt sih dengan harga termasuk mahal. Kalo next car kan harus kelasnya diatas mobil gw si Neng Iceu. Tapi kalo kelas HR-V nanggung, jadilah pengen ini aja (walopun belom tau bakal masih ada atau gak entar2). CX-30 ini agak lebih gede (dibanding CX-3 ya), ada Adaptive Cruise Control, dan mevvahnya berasa.

Jeleknya Mazda tuh indennya kayak lama banget deh. Kmrn liat ada VT orang yang mau beli Mazda 3 yang bisa dibilang paling laris di merk Mazda aja indennya setaun(?). Ini yang buat VT orang kaya loh, mau ambil Mazda 3 dianter ortu pake Fortuner (jadi kalo DP inden pasti beli, gak yang (kali aja) mau ditarik lagi duitnya). Apalagi CX-30 yang gak terlalu laris. Selain itu ya sama aja sih, sempit buat di kelasnya mah. Dan spion lipat kalo ngunci itu kenapa gak ada sih bahkan sampe CX-5 pun? Oh ya keknya belom camera 360 deh. Huf kalo gak ada rencana khilaf akhir Oktober ini, Neng Iceu yang se-mini itu aja udah gw pasangin camera 360.

Selain itu ku pengen Nissan Kicks. Di atas kan gw masih gak percaya sama mobil listrik, tapi gw suka

Nissan Kicks

Hybrid. Nissan Kicks ini beda lagi sama Toyota Yaris Cross Hybrid, jadi dia penggeraknya 100% listrik, tapi untuk nge-charge mesin listriknya pake mesin biasa. Lucu sih jadi mesin bensinnya baru bakal nyala kalo batre mesin listriknya kurang. Mesin listrik tapi gendong powerbank bensin LOL.

Kalo fitur masih kurang lebih ya, sama kayak Mazda CX-30 yg di mobil murah(an dikit) udah standar aja kayak spion lipat elektrik otomatis kalo pintu dikunci aja gak ada deh kayaknya (jadi kalo mau ngelipet harus inget sebelum matiin mesin dulu gitu). Tapi kalo gasalah kamera 360 udah standar (tapi kualitasnya bagus ato gak sih, lupa). Trus ini mobil kayak kecil banget, tapi kalo liat spek lumayan panjang lebarnya, kayaknya mengecil keatas gitu sih makanya keliatannya segede Neng Iceu aja. Selain itu jeleknya mirip2 Mazda, bengkelnya gak tersebar se-Indonesia. Soalnya kemaren denger istri bos yang mobilnya Nissan Livina (model sebelum yang sama kayak Xpander) kaget pas pindah ke Bengkulu gak ada bengkel Nissan padahal di Bangka Belitung aja ada. Dan karena CEO internasional (?) nya yang korup (?) jadi kayak hemmmmmmmm aja.

 

<700juta

Dengan range segini masih juga susah dapet mobil Yurep yang bener deh, jadi pilihan tetep ke jepang aja paling, korea juga range segini gak apdet soalnya. Pilihan pertama gw sih Toyota Voxy.

Voxy Metal Stream, fotonya gak bagus padahal aslinya wuih

Gatau ya lebih eksklusif aja dibanding Innova Zenix yang paling mahalpun di range harga yang sama ini (setelah liat2 websitenya emang inden karena kayaknya CBU Jepang deh, trus kata berita rencana mau CBU Thailand biar lebih bisa handle indennya). Juga kalo Innova Zenix mau keliatan bener harus pake spacer (?) di bannya biar agak keluar dikit, soalnya mendelep banget padahal udah pake velg 18”. Oh ya bannya ketipisan juga sih buat gw kalo Innova. Kalo Voxy udah bisa dibilang Alphard Mini (kayak iPhone 12 dan 13 mini gitu) karena cuma kecilan dikit tapi fitur gak banyak kepotong. Dan warna Metal Stream nya yaampun ganteng amat kayak silver tapi gak glitter jadi kayak satin gitu.

Mungkin minusnya lebih boros bensin kaliya, secara bongsor banget (namanya Minivan). Innova dengan range harga mirip2 (lebih mahal sih 10-30juta) dapet mesin mirip tapi Hybrid, jadi pastinya lebih hemat.

versi kuro CX5 uh... kalo atapnya item mungkin lebi keren sih

Selanjutnya masih tetep suka ama Mazda CX-5 walopun sekali lagi mobil ampir 700juta gak ada spion lipat otomatis kalo pintu dikunci itu, hihhhh (tau karena ada akun tiktok CX5 yang jualan produk2 aftermarket yang pasang modul spion di CX-5 2023 aja dong). Tapi karena Honda CR-V yang baru mahalnya gila gak ketulungan, CX-5 ini jadi worth banget dicoba deh dengan harga under 700jt. Gak ngerti sih sama kelegaan kabin yang pasti dipermasalahkan kalo Mazda (masalah semua Mazda itu kepanjangan moncong sih sebenernya). Yang model 2023 ini juga lebih ganteng dibanding sebelum2nya karena lampu belakang agak gedean (taun2 sebelumnya sipit banget gak cocok sama fantat yang lega banget itu LOL).

Satu lagi sebenernya galau sama Toyota Corolla Altis atau Honda Civic RS. Altis tuh keliatan kayak

jadi kayak maxi Vios, Corolla Altis

lebih kompak sih, tapi udah berapa lama gak ganti model, eh facelift 2023 kalo gasalah malah naek drastis gitu harganya dengan perubahan yang ya... gitu2 aja sih.. Menang dari Civic karena yg paling mahal mesinnya Hybrid. Civic udah ada sih mesin e:HEV tapi baru di Thailand. Indo mungkin bakal baru lonching taun depan kaliya. Secara model Altis ini biasa aja, (apa karena pernah ke Bangkok liat Altis yang lama2 jadi taksi ya?). Dan bener2 mirip Vios baru deh sekilas.

 

 

Civic RS, sekilas mirip ikan Hiu LOL

Sementara itu Civic kayak lebih “gepeng” karena lebih lebih rendah tapi lebih panjang dan lebar (dan kayaknya lebih ceper) (padahal sedikit sih bedanya kalo liat spesifikasi mah). Sebenernya model terbaru ini lebih suka versi hatchback sih, tapi cuma ada di Yurep doang gak masuk Indo. Dan kalo tetep mau hatchback paling bisanya versi Type R yg 2x lipat harganya, ihh. Kalo yang keluaran sebelumnya emang lebih mending sedan, karena versi hatchbacknya kayak dipotong banget.

 

 

versi Type R, harga 2x lipet aja
Oh ya tapi Type R grill emang bener lebih ganteng sih. Sedan RS depan itu loh kayak ada jidatnya, kalo Type R keren grill honeycomb gitu. Soal fitur kayaknya sama aja sih cukup lengkap, mungkin build quality aja yang kata orang agak kurang gampang goyang2 kriyet2.

 

 

 

 

 <800juta

Di range harga ini aku mulai mengalah untuk mau mobil listrik. Karena tiap liat Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 yang ganteng tapi problematik

di jalan kok keren bangetttt ya? Mau yang Signature Long Range yang kayaknya turun ampir 70juta ke 790an juta karena kebijakan PPN 1% buat mobil listrik itu lho. Tapi intinya sih gw pasti pasang SPKLU sendiri di rumah sih yg minimal 7.000 VA itu, biar ngecasnya “hanya” semaleman aja. Soal fitur sih gak usah ditanya lah ya.

Tapi minusnya selain cape ngecas, body kayak gedha banget gak sih di jalan Bandung yg seuprit-uprit itu? Oh ya udah entah berapa banyak juga Ioniq 5 yang viral batre rusak lah cat ngelupas lah apa lah, kayak QC nya gak beneran jalan sih itumah saking demandnya kebanyakan kaliya. Serem juga sih.

eh warna body nya doang sih yg beda si 6 Estate anniv edition ni

Selain itu, another Mazda. Sumpah Mazda 6 Estate itu gantengnya yaTuhannnnnn. Apalagi kalo kebagian yang 20th anniversary edition mah hemmmm. Sebenernya entah sih mau dipake kemana kalo gw karena gedha bingits. Selain kurangnya Mazda yang keknya sampe yang paling mahalpun tetep ada kayak yang di atas2 tuhh.

 

 

 

starter kit arrow gun -> Pajero Sport
Satu lagi mau Mitsubishi Pajero Sport yang 4x4 paling mahal. Karena kayaknya kok kurang guna ya punya Pajero tapi 4x2? Kek SUV banci gak sih jadinya hahahha. Menang di arrow gun aja. Sama Fortuner kayak lebih mewah Pajero aja sih buat gw walopun sekarang Fortuner ada mesin yang lebih ngebut.

 

 

 

 

<900juta

Nah harga segini baru mulai bisa rekomen mobil Yurep. Etapi kadang gak ngerti juga sih under 900 di internet tuh udah sama BBN segalamacem apa belom, soalnya brand Yurep lebih “secretive” masalah harga dibanding brand Jepang yang suka2 salesnya aja mau ngumbar pricelist di story IG mereka ato gak. Kalo ternyata belom harga full yg customer harus bayar ya maap deh heuheu.

si ganteng 218i Grand Coupe, sekalian sama no HP salesnya tuh LOL

Nomor 1 yang paling keren yaitu BMW 218i Grand Coupe. Sebenernya gw tipe yang lebih suka Mercy dibanding BMW, tapi 218i ini lebih keren (dan lebih murah sih) daripada CLA200 yang paling murah pun. Secara desain si CLA kayak panjang gak jelas gitu, sementara 218i ini pas aja. Setelah dicek emang lebih panjang 10 cm sih si CLA nih. Trus kayaknya fitur gak ada yang dipretelin juga. Pokoknya udah keren dari sononya deh. Kaca pintunya frameless pula unch. Jeleknya paling body yang panjang banget untuk interior yang semenel. Kan namanya juga Grand Coupe, coupe 4 pintu jadi belakang mah seadanya ya LOL.

A-Klasse Limousine
 

Kalo keukeuh mau Mercy di harga segini, gw suka sih sama A-Class Sedan. Lebih masuk akal aja dibanding CLA juga bentuknya. Paling jeleknya ya sempit aja di belakang (gatau kalo dibanding 218i mungkin gedean dikit kaliya). Dulu waktu kecil inget pernah naek C-Class kayak ihhh, ngapain sih ni sodara beli C-Class, sempit gini, dan image nya Mercy kan mobil disetirin dan kita duduk manis di belakang. Tentu gak ngomong langsung, karena nebeng Bund, ntar diturunin di jalan raya mampus. Nah pasti A-Class sedan ini kalo gak sama sesempit itu, ya lebih sempit lagi LOL.


 

si gagah CR-V

Selain itu paling Honda CR-V Hybrid. Ganteng banget sih, tapi biasanya Honda kalo gak pelit fitur, pelit build quality. Gatau deh kalo harga 800sekianjuta masih pelit ato gak karena baru pada inden belom ada di yutub Indo yang test drive. Katanya konsumsi BBM bisa 22,6 km/L dong, kurleb mirip sama Neng Iceu gw kalo jalan tol ke tol yang rata dan sepi.

 

 

<1M

Sebenernya mau rekomen BMW X1 yang terbaru, karena ganteng aja kalo liat di Yurep, jendela pintu

terlalu "biasa" buat mobil ampir 1M si BMW X1 versi Indo nih

baris kedua nya full sepintu dibanding versi sebelumnya yang dibagi dua ada part kecil nya. Tapi tipe yang masuk Indo sampe saat ini (
sDrive18i xLine) kok kayak kemahalan ya. Velgnya jelek banget kayak pelek kaleng pake dop doang, trus spionnya juga aneh kenapa warna abu buat semua pilihan warna body. Kalo spionnya warna item sih oke lah. Oh ya, mesinnya cuma 3 silinder, katanya kalo mesin yang silindernya ganjil cenderung lebih berasa getarannya daripada yang silindernya genap. Well, sebenernya gak gw rasain amat sih di Neng Iceu gw yang 1.000 cc turbo 3 silinder, apa gw aja yang kurang banyak referensi bawa mobil ya? Sampe saat ini cuma pernah bawa Corona ’86, Ayla lama yang kayaknya 3 silinder juga, Yaris 2012, sama Mobilio 2015an sih hahaha.





ni kan cakepan GLA drpd X1

Dibanding Mercy saingannya (GLA) juga gw lebih suka X1 karena bentuknya lebih proper SUV, kalo GLA sampe sekarang masih kayak hatchback ditinggiin doang (padahal secara ukuran mirip sih, GLA lebih “gepeng” sedikitttt aja dibanding X1). Tapi dengan harga yang lebih murah (kayaknya) si GLA dapet versi GLA 200 AMG Line yang jatohnya udah ganteng dari sananya. Soal fitur, yaa,, 11 12 lah ya mobil Yurep harga segini, X1 karena baru lonching aja jadi kayak lebih apdet.

 

Di atas 1M, gw bikin range harganya loncat per 250juta aja ya biar (gw) gak bingung hahaha. Soalnya kadang harga yg ditayangin juga off the road, eh pajak dll bisa >100juta sendiri S333R4444M. Pilihan mobilnya juga makin sedikit sih yang menarique buat gw.

 

<1,25M

Yang nomor 1 di range ini Volvo XC40. Ganteng banget, nama Volvo yang build quality pasti

Volvo XC40 unch

khanmaen, dan kayaknya dapet Plug In Hybrid di harga segini. Unch banget. Yang jelek paling bangku kedua yang sempit aja kalo dibanding mobil non-Yurep/Amrik seukuran. Itu karena tunneling tengahnya juga yang tinggi banget jadi yang duduk tengah pasti gak nyaman. Satu lagi kalo gak salah kata reviewer mobil, user interface layar entertainment terutama kamera mobilnya yang aneh gak intuitive gitu bikin repot. Eh liat websitenya harganya udah 1,05M huhuhu padahal kemaren masih 900jutaan.

 

 

Hyundai terganteng

Selain itu kalo mau yang gedha, gw suka Hyundai Palisade tipe Signature AWD. Hyundai terganteng saat ini buat gw. Kalo di Amrik kok ada tipe Calligraphy yang lebih mewah lagi ya tapi di Indo gak masuk? Ih. Juga kurang ngerti sih katanya fitur ADASnya gak selengkap mobil Jepang gitu?

 

 

kalo liat website indo udah apdet sih interior si Lexus UX ni
Satu merek yang gw suka karena bisa dibilang Toyota Mewah adalah Lexus. Gw punya saudara (jatohnya sih ponakan, tapi doi lebih tua dari gw) yang kerja di Lexus, gatau masih atau gak. Makanya agak pengen tapi mobilnya gak ada yg murah huhuhu. Kalo Yurep udah lonching model baru paling murah namanya LBX, tapi di Indo yang paling murah cuma UX dan di range harga ini. Etapi gw gak mau yang belom improvement deh yang layar infotainmentnya belom segede iPad, gatau apakah di Indo udah ada improvement itu hiks.


moncongnya panjang amat yak si CX60 ni

Balik lagi ke Mazda. Di harga segini gw jadi pengen CX-60 deh. Ganteng banget, model terbaru juga, mesin gahar (walopun ya gw mah gak perlu2 amat sama mesin bagus). Cuma ya Mazda tuh kayak eksklusif sih, kayak jarang yang pake jadi kayak keren aja kalo pemakai Mazda model2 baru.

 

 

 

<1,5M

NX ni grill depan lebih masuk haikal desainnya dibanding UX
Yang kepengen di harga segini paling Lexus NX deh.
Udah lonching resmi versi yang layar infotainmentnya gedha banget soalnya di model ini. Tentunya pilih yang sekalian hybrid ya (NX350h Sport) biar caem hahaha. Grill depan lebih guanteng dibanding UX yang mungkin karena kegedean buat mukanya jadi maksa.

 

 

 

>1,5M

sedan jangkung impian GLC Coupe

Udah susah banget mobil harga di atas 1,5M yg gw suka deh. Makanya bukan loncat 250juta lagi tapi malah buatnya over 1,5M hahaha. Lagian juga gw kalo punya duit segini mending beli rumah dan mobil gak sih, budget segini cuma buat beli mobil doang itu udah kayak delulu of the delulu banget buat gw LOL. Ada sih yang gw mau, tapi belom lonching di Indo huhu. Boro2 di Indo, di Amrik aja belom lonching loh model 2nd generation ini! Tau dari tiktok sales Mercy USA yang sering muncul FYP, GLC biasa 2nd gen aja masih awam banget buat dia. Gatau juga bakal masih di bawah ini atau malah bakal deket atau ngelewatin 2M ntar. Mobil itu adalah my dream car of the dream cars: Mercy GLC Coupe. Awuuuuuu sumpah ini mobil terganteng yang pernah ada buat gw. Dari GLC Coupe sebelumnya juga udah ganteng sih, tapi buat gw kalo ada yang baru mending nunggu model baru walopun harganya bisa 150% lebih mahal keknya. BTW ini di website Mercy Jerman aja konfigurasi yang gw mau bisa 80ribu Euro. Sampe indo sih yakin 2x lipetnya apalagi kalo CBU from sono.

Versi lebih mahalnya yaitu GLE Coupe sebenernya udah lonching di Indo, tapi GLC Coupe aja udah segede bahtera Nabi Nuh LOL soalnya kata orang di tiktok yang bawa Innova aja udah kayak bawa kapal Nabi Nuh, GLC ini segede Innova panjangnya, malah lebih lebar. GLE Coupe udah 5meter panjangnya loh. Kayak, cape aja mikir bawanya hahah.

garang (tapi bukan asem) banget si Audi RS4 ni

Satu lagi yang menarik paling Audi RS4 Avant. Liat di website Carmudi harganya 2,3M aja bu set. Tapi beneran ganteng sih, saingan lah sebenernya sama Mazda 6 Estate yang ada di list gw ini. Mahal di mesin dll sih soalnya tipe RS. Kalo A4 Avant doang paling 1M lewat dikit.

 

 

Di luar itu semua, banyak yang belom lonching internationally atau gak akan dibawa ke Indo sama Agen Pemegang Merek. Beberapa contoh yang gw pengen adalah Toyota Crown, Toyota Prius Prime, VW T-Roc Cabriolet, Fiat 500e dan 600e, dan mobil2 Kei Cars yang imut2 tapi kalo gak resmi harganya amit2. Yang ini ngehayalnya harus beda channel, bukan cuma kalo punya budget segini pengen beli mobil apa, tapi "kalo punya budget segini dan uang bukan masalah dan gak kerja kayak sekarang, pengen mobil apa?" HAHAHAHAHA.

No comments:

Post a Comment