Wednesday 12 April 2023

Kroya Trip Taun Baruuuu

Kembali lagi di ngebolang bareng Kang Jaja!

Kali ini meneruskan cita2 sebelum kopit yg gak kesampean yaitu ke Korea hahaha.

Iya, akhir 2019 gw sama Si Bestie pengen jalan2. Si Bestie cita2nya ngebet pengen liat salju pokoknya. Sementara gw, yg notabene a KPop trash, kayak gak afdol banget gak pernah ke Korea tuh, sementara banyak kenalan yang biasa aja atau cuma tau drakor en beberapa artis malah udah pernah. Kayaknya udah pernah diceritain di post ini, kalo waktu itu gak jadi padahal udah bayar lunas ke travel, dengan alesan gak masuk kuota orangnya.

Kali ini Si Bestie yg ngurus2 segalamacem (kayak waktu itu gak aja dah), mulai dari nyari sampe komunikasi sama travel agentnya. Gw bagian minjemin duit LOL. Maksudnya cuma bayarin duluan doang sih buat jajan, uang saku, dll. Dan pada akhirnya semua bakal jadi bayar masing2 kok.

Kami memang cinta yang mepet2 hahaha. Rencana berangkat minggu terakhir Desember dan taun baruan di sono tapi ngurus segala macem baru pertengahan sampe akhir November. Sibukkkk banget keknya kami sama kerjaan. Kalo gw awalnya pengen ijin gak tugas di smt2 2022 ini, tapi ternyata anggaran kantor berkata lain, jadinya semua kebagian ditugaskan. Udah gitu penugasannya di ujung timur Jabar pula di Kuningan, notabene minimal 4 jam dari Bandung. Gak ada waktu bisa dateng ke KVAC di Jakarta 2 kali dalam rentang waktu 2 minggu buat ngurus visa secara pribadi...

Awalnya kami mau ke Korea. Gw kasih pilihan sih, kali mau ke Turki aja secara sama ada saljunya. Tapi semendadak itu, pesawatnya aja seinget gw udah 6-7jut sekali jalan huks (apa segitu harga normal ya? Huf). Setelah perdebatan yg rumit akhirnya kami mutusin untuk ke Korea aja ikut tur biasa gitu walopun pas liat itinerary udah tau kalo banyak kunjungan ke tempat2 gak penting macam jualan make up mahal lah, obat dari ginseng dan pinus lah, dll. Setidaknya untuk urusan visa gak seribet kalo ngurus visa pribadi (karena ini jatohnya visa grup) (yg ternyata cuma selembar kertas aja gak ditempel kayak visa gw waktu ke Jepang atau visa Arab) (tapi pas meratiin lagi paspor gw, ada sih stiker arrivalnya).

Tadi udah cerita kan kalo gw lagi di Kuningan... Salah satu syarat kan ada mesti ngeprint rekening koran dan bank reference letter. Duh peer ya Bun. Ku maksa pulang wiken ke Bdg demi mencari wiken banking yang kata gugel masih ada di Cabang Dago, Bubat, atau Ahmad Yani. Si Bestie juga wiken itu (Minggu) ke Bdg karena seminggu ke depannya doi ada acara, tujuannya biar ngasih dokumennya langsung ke doi di hari Minggu. Ehhhhh Sabtu udah muter2 ternyata gak ada wiken banking-nya. Satpam di Dago bilang semenjak copit belom pernah buka lagi wiken banking di cabang manapun. Zzzzzz. Mana paspor baru gw lupa naro lagih.

Akhirnya di sela-sela kesibukan (idih najis) di wikdeis selanjutnya, gw ke KCU di Kuningan untuk ngurus. Yaampun seperti biasa, ngantri di CS itu harus sabaaaaaaar. CS cuma 2 yang ngantri ada 20 orang, trus 1 CS sempet istirahat pula. Dan pas udah menghadap Mbak CS ternyata gak bisa jadi hari itu juga, harus diambil besoknya. Trus pas besoknya gw dateng, eh si Mbak CS nya lagi istirahat. Huf. Emang sempetnya dateng pas jam 12 sih. Akhirnya gw maksi juga deket situ trus nungguin si Mbak CSnya selesai istirahat.

Trus pulang lagi ke Bdg wiken selanjutnya itu biar bisa kirim dokumen via shuttle yang 4-5jam nyampe ke si Bestie di Jakarta. Sebelnya, itu udah sempet dibikin shock sama si travel agentnya karena tiba2 disuruh cepet2 ngumpulin dokumen (awalnya minta maksimal 5 Des, trus Si Bestie diWA tgl 27 Nov, suruh kumpulin tgl 29 Nov. Untungnya Si Bestie bisa nego (karena doi juga sampe tgl 2 Des masih tugas di Bdg) jadinya masih boleh tgl 5 Des.

Setelah itu ada beberapa kali diminta dokumen tambahan. Awalnya KK (padahal udah kirim deh perasaan), trus malah diminta ID Card. Huf ketauan banget deh peenesnya. Trus gak ada kabar lanjutan sih, katanya kalo udah deket2 bakal dimasukin ke grup WA.

Akhirnya setelah harap-harap cemas takut Visanya gak di-approve (karena kayak kurang mulu dokumennya), tanggal 28 diinvite masuk grup WA turnya. Alhamdulillah,,, soalnya kalo baca2 S&K tuh kalo gak di-approve, angus gitu pembayarannya 100% huhuhu gak kayak waktu sebelum koronces. Ya dulu itu mungkin salah travel agentnya ya karena kurang kuota orang. Kalo sekarang kan jatuhnya jadi kayak salah kita kalo gak ke-approve Visanya. Lucu deh karena Visa Grup, si Visanya cuma kertas gitu seperti yang gw bilang di atas. Gak kayak Visa Arab atau Visa Jepang yang ditempel ke halaman paspor kita. Tapi kalo gak salah meratiin VT orang, Visa Korea emang normalnya cuma kertas biasa gitu sih gak ditempel di halaman paspor kita. Jadi rawan ilang gak seeehhhh. Lucu aja kalo kertas Visa ilang padahal paspor dipegang. Jadi kudu scan sendiri kan, kalo ditanya setidaknya bisa nunjukin di HP. Eh tapi Visa Grup ini beneran cuma pdf doang yg dikasih, aslinya beneran cuma dipegang si travel agent.

Oh ya. Awalnya si Bestie wajibbb banget kan tanggal 1 Januari nyuyir2-an di Luar Negeri. Tapi di travel yang dia tanya itu (yang akhirnya kita pake) (berangkat tgl 29 apa 30 Des gitu) bayarnya bisa 25juta sendiri. IHHHH GILA. Gw sih ngikut doi aja sebenernya, karena gak sempet mikir apa2 saking “sibuk”nya. Toh doi yang “misqueen” gw mah biasa aja. LOL. Si Bestie galau juga karena pas tau yang berangkat pas tanggal 1 Januari, bedanya bisa 10juta. Lagian ternyata pas NYE dan tanggal 1 nya gak ada acara apa2, si itinerarynya sama aja. Yaudah akhirnya kita pilih yang berangkat tanggal 1 dari Jkt.

Oh iya belom cerita ya kalo gw kan berangkat ke Kroya nya tanggal 1 Jan, tapi dari 25-29 Des gw ke Jogja sama Madam dan Rombongan Sirkus si Abang... hahahaha. Ribet sih jadinya, mau packing buat Jogja sekalian packing buat ke Kroya. Mana harus siap2in (baca: belabeli) baju yang tebal2 dan juga long john yang tersimpan dalammmm di lemari karena kmrn ke Jepang pas Autumn aja udah lumayan dinginnn kalo kena angin, kali ini beneran Winter yaaa.

1-il:

pose duluuu

Taun baru kemaren2 biasanya tidur setaun, kali ini baru mau tidur jam 1an (padahal pesen travel ke Jkt jam 10). Akhirnya kebangun jam 8 aja dong. Trus karena kepikiran cepet amat buat janjian jam 3 di CGK sama rombongan, akhirnya gw hubungin travel buat mundurin jam 11 aja. Biar sempet mandi hahaha. Dari sampe di Bdg dari Jogja udah galau. Kenapa? Karena itinerary travel yang aneh bin ribet. Dikasih tau kalo koper besar bakal ditinggal di Seoul sementara kita bakal ke Mount Seorak di Sokcho (yaaa kurleb kita naek pesawat dari mana kek, turun di CGK, tapi kita lanjut ke Cirebon apa Semarang gitu, tapi koper besar kita tinggal di Jakarta). Sementara namanya Gunung ya, pas winter, dan itinerarynya juga ke Ski Resort loh, jadi baju kan kudu tebel. Juga ditakutin kalo ke kabin harus 7kg itu. Awalnya mau bawa backpack beroda aja buat di kabin, tapi karena harus bawa jaket puffer juga, baju ganti yang berlapis2, dan initially mau bawa laptop juga, akhirnya bawa koper kabin juga deh (yang kmrn dibawa ke Jogja). Toh backpack beroda dan koper berat kosongnya ternyata cuma beda 250gram (kirain awalnya si koper jauh lebih berat). Setelah ditimbang2, pake laptop jadi ampir 9kg donggg. Akhirnya yaudalah bodoamat gak usah bawa laptop. Itu aja udah 7,5kg sendiri.

engsaiyeti
Sampe CGK sekitar jam 14.00an (tetep ya kecepetan). Yaudah makan dulu ke Shaburi. Pengen aja makan enak (padahal ke Kroya juga gak yang gak berselera makanannya sih, alesan aja) (Marugame-nya juga ngantri gila sih jadi males). Dan Si Bestie nyampe passss jam 15 sesuai janji kumpul. Baru ketemu 15.15-an, trus ke tempat kumpul. Kita taro bagasi untuk check in, foto2 grup, lalu bebas sampe boarding time. Tadinya mikir karena dibilang Tour Leadernya kalo pas check in bagasi, yang punya harus ada. Abis foto grup dan briefing sedikit kan kami cari kopi, eh pas balik udah masuk semua koper2nya. Yaudah deh (which means cabin baggage gak diukur berapa kg donggggg. Sebel khawatir buat sesuatu yang gak terjadi).

Satu lagi yang bikin hufff. Sebenernya memang kalo masuk security sebelum ke boarding room kan memang diatur supaya kita gak bawa2 liquid di atas 100mL. Gw yang super ribet masalah skincare en bodycare ini siapin juga lah ya, semua di bawah 100mL dan gw masukin ke plastik ziplock (sebenernya katanya maksimal 1L tapi gw pake ziplock ikea yang katanya 2,5L), again karena kan harus masuk kabin soalnya yang bagasi bakal ditinggal di Seoul. Ternyata di Indo mah gak dicek acan. Well, paling kalo bawa botol air minum aja yg harus kosong...

Trus lanjut ke boarding gate-nya (kalo gasalah di Gate 4). Oh ya belom bilang ya kalo kami ikut tour yang pake Malaysia Airlines, jadi kudu transit di KL. Berangkat jam 18.15. Lalala biasa aja di pesawat dari CGK ke KUL. Yg berkesan naek Malaysia Air sih si safety announcementnya. Ih seru, dibuat menarik banget ala2 musikal gitu pake nari dan nyanyi nya. Tapi kalo mau sok2 (terlalu) cinta Indonesia sih, ada pake lagu Gelang Sipaku Gelang dan ada dance2 yg kayaknya sih pernah trending di indo kayak buat challenge2 lagu dengan bahasa daerah gitu hahahaha… (ati2 diklaim ah)

safety videonya seruuu

Sampe di KL jam 9an WKL. Trus ternyata flight ke Kroyanya delay donggg, harusnya take off jam 11 tapi jadinya take off jam 1 pagi. Lumayan ya Bun bengong…

si bestie yg niat banget jadi blonde

Trus ya nunggu lah, sempet muter2 liat toko di KLIA, udah rada sepi juga karena udah malem, dan akhirnya beli starbak. Lanjut masuk boarding room, ngantri security, trus di boarding room bengong juga.

Nunggu kan sambil ngecas. Kebetulan colokan di KL itu kan kaki 3. Kami nyantai aja nyolok dan masuk, sementara banyak orang bulakbalik gak bisa. Ini karena kami yg terlalu jago atau org yg kureeeng sih? Kalo colokan 3
mah tinggal tekan flap yg ada di colokan atas (pake apa aja yg muat dan sturdy, asal jgn penghantar listrik aja) lalu colokan biasa Indo bakal langsung bisa masuk… Kami masih punya stirrer buat gulanya teh/kopi dari flight CGK KUL, jadi bisa nyolok hahaha…

Akhirnya masuk pesawat. Oh iya sblm masuk kami dikasihtau sama tour leader buat mintol tuker tempat duduk sama keluarga berlima yg satu tur juga ini. Entah mereka se-terpisah apa awalnya, tapi kami yg awalnya di aisle dan tengah di 4 seat (pswtnya config 2 4 2) malah jadi tengah2 banget (seat D E jadi E F). Kzl karena kalo mo ke WC pasti ribet, tapi yaudahlah. Akhirnya yg di G (bukan satu tur) (kayaknya org Kroya yang udahan liburannya) pindah ke belakang deket WC karena kosong, trus akhirnya kami jadi duduk di F dan G. Fyuh.

Sumpahnya gak bisa banget tidur pdhl hari kedua bakal full activity dari nyampe sampe malem. Mata merem tapi masih nyadar banget aja gitu si otak, padahal udah matiin musik earphone. Tiba2 udah pagi aja, pramugara/i-nya mulai sibuk bulakbalik aisle mau bagiin makanan.

2-il:

Akhirnya sampe di Incheon International Airport (ICN) kalo gak salah udah jam 9an dari seharusnya sampe jam 7. Ehhhh sampe bandara ngurus koper sendiri, dan ternyata dikasih waktu buat mindahin baju2 yg mau dibawa nginep semalem di Mt. Seorak. IHHHHHHHHHHH tau gitu kenapa harus sampe anxiety attack mikirin isi 2 koper gimana? Tau gitu kan baju ganti masukin koper bagasi aja semua, trus baru diambil pas sampe ICN biar koper yg masuk kabin gak berat2 amat.

Karena masih di lingkungan indoor airport gak berasa dingin ya. BTW turun pesawat sempet pasang long john dulu di WC terdekat (buset kalo dipikir2 antri imigrasi aja belom ini udah heboh pasang long john). Awalnya emang sebelum landing udah mau ganti baju dan pake long john, tapi mager. Jadi aja baju tanggal 1 dipake juga seharian di tanggal 2 (ih bau) (ih bodo amat gak keringetan juga).

local guide hyung

Ngumpul lagi abis beresin koper dan ketemu si Local Guide. Local Guide nya ini bisa bahasa indo, karena katanya sempet 3 taun di Yogya. Namanya Choi Myeong-Jun, tapi biar keren cuman disingkat Jun Choi aja. Otak Kpop trash gw muter, kenapa gak MJ aja (biar keren kek Michael Jackson) kayak Astro MJ yang nama aslinya Myeong-jun juga. #halah

langitnya biruuuu amattt
Trus pas bener2 keluar wihhh lumayan yaa napas sampe beruap. Lewatin juga photo spot bagi seleb Kroya yg mau perjadin #halah ke luar negeri. Jadi ya koper besar ditinggal di Seoul. Koper ini dibawa sama mobil box ke hotel, trus koper kabin kita bawa ke bus. Pagi itu langsung jalan naek bus, maksi di resto namanya Howon Garden (kalo gak salah) di Kota Chuncheon, Provinsi Gangwon. Makan dakgalbi (ayam bumbu trus manggang sendiri gitu). Makan ini berasa buru2 banget deh gatau kenapa. Apa karena emang udah telat trus si ayamnya gak mateng2 pulak. Kalo sapi kan stgh mateng gak apa2 lahya. Trus foto2 dikit di luar resto, baru beneran berasa dinginnya. Dan keringnya itu juga loh. Jadi nusuk banget ke muka gw yg biasanya dehidrasi. Mana hari pertama ini gak sempet skinkeran, abis makan ambil skinker ke bagasi trus cuma gw pakein sunblock aja (en lipbalm). Mataharinya juga lumayan mencrang (spoiler alert: gak nemu awan sedikitpun sampe pas waktunya pulang. Ngerasain hujan salju? Ya gak lah hiks).

Lanjut ke Elysian Ski Resort. Di sini ditawarin foto2 depan Ski Resortnya (gak masuk), masuk sampe naik ke puncak, atau masuk+sewa baju dan peralatan ski. Kami sih ngikut aja orang2 satu tur ngapain. Akhirnya masuk tapi tanpa sewa baju karena gak akan sempet main ski juga (gara2 pesawat delay. Tapi kalopun gak delay keknya tetep gak bakal bisa puas juga sih maen skinya) jadinya harus nambah bayar USD20 atau KRW26.000. Kalo sampe sewa baju dan alat ski jadi 2x-nya.

suka sama halo-nya

Naek kereta gantung kan ke atas, wih gila serem karena si gondola nya kayak ringkih tipiz gitu, udah gitu dinginnnn. Sempet sih bikin video tapi tetep serem hp jatoh huhuhu segitu pake tali wristlet si hp gwnya… Di atas yaaa, cuma foto2 doang sih. Banyak orang lewat juga jadi mau estetique susah…

Abis itu kumpul lagi sama si Local Guide (karena doi yg bayarin gitu), dan turun serombongan, baris bikin 4 orang se-shaf. Pas pergi cuma bedua padahal… Pas turun ini ada lagu Paul Kim – Neoreul Manna dari speaker mau nyanyi maluuuuu sama orang sebelah gw (gw sama Si Bestie di pojok kiri kanan, sementara 2 cewe di tengah temen serombongan tapi belom ada kenal2an) hahahaha… Oh ya, sempet berhenti pula semenit-2 menit tengah jalan di ketinggian 10-15 meteran entah kenapa. Lumayan sport jantung juga, untungnya gak ada yg panik…

beli hotteok

Lanjut ke Nami Island. Gw awalnya mikir ini pulau emang di laut, eh ternyata pulau di tengah sungai yg lebar gitu. Btw kalo jalan sama Si Bestie ini, gak pernah deh berhenti foto. Kadang dia fotoin gw bagus gw fotoin dia jelek, kadang gw gak puas ama foto dia gak sebagus gw ngefotoin dia tapi dia tetep gak puas. Zzzzz. Akhirnya jadi ditinggalin kapal ferry dan jadi ngikut ferry selanjutnya. Eh ferry selanjutnya ini malah gak nyebrang dong, jadinya disuruh turun dan naek ferry selanjutnya lagi. Ngikut ajalah kalo masalah teknis mah, gak lucu kalo kayak Kapal Sewol jaman dulu huserammmm.

Lanjut ke arah Mt. Seorak, tapi makan malem dulu. Gak inget nama restonya apa, tapi sumpah nori nya enak banget, beda sama nori yg di beli di Indo. Mungkin garemnya bener2 garem laut, dan di Indo udah kebanyakan MSG. Tapi males bawa2 belanjaan sih jadi gak beli. Tapi sekarang malah nyesel huhu.

Hotelnya namanya Seorak For You Resort. Agak aneh dan “seram” sih hotelnya. Entah karena nyampe udah malem jam 8-9an juga jadi agak remang2 gitu. Iseng liat review Agoda sih gak bagus2 amat, kalo gak salah early 7 lah nilainya. Trus masuk hotel malah di lantai 3, karena pas dapet kunci kamar lantai 3, gak naek lift. Trus ada 2 gedung gitu yang terpisah tapi digabungin sama si gedung yang ada resepsionisnya. Masuk kamar hotel, kalo sering liat variety show Kroya sih mirip lah, kayak one bedroom apartment gitu. Tapi si tempat tidurnya kudu naek tangga, jatohnya kayak mezzanine gitu sih bukan 2 lantai. Lengkap ada kompor sama lemari es, tapi gak ada microwave. Oh ya, lantainya pake Ondol jadi anget, malah di kamar tuh ampir gerah lah jatohnya padahal di luar dinginnnn.

Trus abis bersih2, kami iseng ke minimarketnya. Namanya emart24 tapi cuma buka sampe jam 12 malem klo gasalah. Trus cape muter2, akhirnya beli eskrim sama minum doang sih. Gak kepikiran dan gak nemu essential items buat kalo winter2an di Kroya. Keluar kamar dinginnn banget sih ternyata, gw kalo gasalah cuma pake celana pendek doang karena kirain masih ke-conditioned si air-nya, ternyata gak, jadi indoor pun agak beku ya Bund. Si Bestie agak kepengen bir tapi gw takut2in harus bawa ID dan doi males pegang2 paspor, akhirnya beli jus2 gitu doang hahaha (pernah gw ceritain di post2 sebelumnya deh, kalo di Spore sih ketat banget sama ID kalo mau beli liquor walopun mukelu udah kayak mau 40 juga, kali aja di Kroya se-strict itu juga).

3-il:

Udah pagi aja nih. Pagi ini janjian wake up call jam 6, siap2 sampe jam 7, trus sarapan sampe berangkat jam 8. Iseng ngeliat waktu sholat dan jam 6 itu baru banget shubuh donggg... yaudahlah ikutin aja namanya ikutan tour mah. Sarapannya agak lucu, di lantai B1. Tapi emang sih di Kroya kayak sering banget apa2 di basement (kayak dance room, practice room kalo denger vlog idol, cafe2, jual2 baju pernakpernik yg bukan big brand). Makanannya kayak biasa sih, nasi, nasi goreng, sosis2, gorengan, bulgogi, trus ada kimchi, sup, kopi instan, teh, susu, dan sereal. Walopun cuma sejam tapi ngambilnya maruk ya Bund, akhirnya keluar resto buru2 takut ditinggal.

semoga ber-uang biar bisa ke sini lagi

Hari ini ke Mt. Seorak nya. Awalnya ke gunung dulu, naek kereta gantung yang gede bisa 50 orang. Trus lanjut hiking naik tangga sekitar 10 menit. Foto2 di pinggir jurang. Abis itu turun balik ke stasiun kereta gantungnya, dan turun ke “daratan” lagi, lanjut ke Patung Buddha. Cuaca sebenernya manageable, pake jaket seadanya juga bisa, tapi anginnya itu loh nusuk2. Mau selfie susah karena gak bisa pake sarung tangan dan kalo keluar kantong jaket tanpa sarung tangan, langsung beku rasanya.

Setelah itu makan siang kalo gak salah di daerah Yangyang-gun, Gangwon-do. Menunya Seolleongtang, semacam sup gitu deh. Seinget gw yang enak justru banchan-nya yaitu cumi/gurita disaosin pedes manis gitu hemmm (ngetik ini sambil banjir air liur padahal lagi kembung gara2 kebanyakan makan daging kemaren LOL).

spot foto semua turis

Abis dari situ, kami balik ke Seoul. Tujuan pertama ke Starfield Library di COEX Mall. Sebenernya gak jelas banget tujuan ke sini selain cuma foto2 dengan background lemari buku yang tinggi doang. Gak bisa keliling2 mallnya juga karena cuman dikasih waktu 30-40 menit aja.

Lanjut ke Sungai Cheonggye yang merupakan sungai buatan manusia gitu.

bangau di tengah kota

Gak sebegitu estethique juga karena masih siang dan gak ada ornamen2 apa2. Setau gw kalo sore ke malem sih baru lucu. Tapi ada bebek sama bangau(?) sih yang mandi2 di sungainya. Kalo di kita mah Kali meureun nya soalnya kecil pisan, tebih2 teuing ka Seoul hareupeun imah ge aya kali mah. Ku sama Si Bestie jalan en foto kejauhan jadi yang paling akhir masuk bis LOL. HUFFFF IKUT TOURRRR GAK BISA NYANTE YAAAA.

Setelahnya ke Bukchon Hanok Village. Cantik sih kalo dapet angle-nya, karena udah banyak orang.

nyobain fitur ngehapus obyek di hp dan wih lagi bagus!

Oh iya, dikasih tau juga kalo ini tempat si rumah2nya masih ditinggalin sama orang2. Si Bestie sampe bilang “kebayang gak sih lo, lo pulang ke rumah trus depan rumah lo banyak orang foto2?” LOL! Iya sih, kayak, ih ni orang apaan dah gw mau masuk rumah gw nih malah foto2. Trus kayaknya jalan cuman 2-2,5 meter lebarnya ini tetep deh dilewatin mobil yg rumahnya daerah situ. Agak, gimanaa gitu aja sih. Mungkin kalo di Indo kayak Petak Sembilan(?) yang masih ditinggalin orang tapi jadi tempat esthethique buat anak jaman sekarang buat foto2.

Terakhir di hari ketiga ini, kita ke Mall di Dongdaemun namanya Doota Mall. Ehem, ke tempat wajib pertama ini tur yang jualan suvenir2 ala2 Kroya. Males sih tapi akhirnya beli juga dompet2 gitu buat si dua ponakan, trus kaos ROKA (Republic of Korea Army) (bukan Army betees ya) buat si Abang. Bingung nih satu dompet lagi mau dikasih ke Emaknya Ponakan apa ke Madam, gatau deh gimana entar. Si Doota Mall ini kok agak kecil ya, kayak gak ada yang menarik. Toko fashionnya sih keren tapi terlalu winter, gak akan kepake di Indo, bari mihil. Cardigan aja IDR 700ribu gitu hiii seram. Gak nemu juga baju/kemeja yang sering gw liat dipake Idols macam kemeja yang setengah2 gitu jadi kayak pake dobel padahal satu baju. Kalo ada bisa IDR 1,5 jut sendiri kali.

Malem ini gak dikasih makan sama tour, jadinya harus beli sendiri. Karena kehabisan ide dan udah harus kumpul jam 7 buat balik hotel, jam 6 kita beli Shake Shack aja yang gede di lantai 1 nya Doota Mall.

tebih pisan ka kroya, spore ge aya

Gatau masuknya dari mana, akhirnya kita keluar mall dulu trus masuk ke resto. Jauhnya gak peer, tapi di luar winter ya Bunnnd walopun gak turun saljuu! Oh ya, mau cerita, ada satu stereotipe tentang kayak waiter, sales assistant, dll yang gw dapet dari nonton tiktok atau video orang. Yaitu, mereka sama sekali gak ngerti kalo kita ngomong inggris pake logat Inggris biasa, dan kalo kita rubah logat jadi Konglish baru ngerti. Si kasir Shake Shack ini wew, sebelum kita kan ada orang Kroya, trus dilayanin lancar. Ada juga orang pake Inggris juga si kasir lancar kok, gak yang Konglish gitu logatnya, fluent ah inggrisnya. Tapi pas ngambil makanannya kan sama orang lain, mungkin crew yang ini keknya yg bisa jadi kayak gitu LOL. Kurasa kalo touristy place mah gak perlu takut gak ada yang bisa Inggris sih.

Trus dilama-lamain kan makan di situ. Eh pas gw gugling ada toko MLB yang gw pengen banget sepatunya semenjak banyak Idols yang pake. Waktu ke Bangkok ada sih tokonya tapi gak sempet liat dan beli huhu. Lalu kami buru2 ke tokonya deh. Ternyata kalo mau masuk dari dalem mall ke resto, kita harus masuk toko Nike dulu. Ih mall yang aneh. Jadi kita keluar resto lewatin dalemnya toko Nike, baru bisa masuk mall. Lanjut ke lantai B1 kalo gasalah tempat toko MLBnya. Si Bestie langsung dapet yang doi mau, langsung beli, gw nunggu dilayaninnya lama karena si Salesnya lama bungkusin punya orang setelah ambilin sepatunya Si Bestie. Ku udah nyerah aja sih kirain ukuran yang kumau gak ada. Yaitu karena si salesnya sendirian dan sibuk banyak customer. Trus gw tanya lagi dan si Sales bilang “Wait”. Another proof kalo pake English dan atau Body Language mah bisa lah kalo di mall atau Salesnya orang muda. Akhirnya ketemu deh sepatu impian fufufu... Untung gak gw jastip ini sepatu karena ternyata gw pake ukuran 270 (mm) dong di sepatu ini wic is sekitar 42-43 kali ya, padahal normalnya panjang kaki gw cuma 250-260 mm aja. Oh iya emang disesuaiin pake kaos kaki dobel sih (masih kedinginan loh kaki gw BTW), tapi yaudah kayaknya mending kegedean sih karena emang bahan yang ngebalut kaki keras dan tebel juga “leather”nya.

masih suasana krismes

Tetep jadi yang paling terakhir ngumpul. Tapi sekarang sih masih pada nunggu dalem mall bukan udah di bus kayak di Sungai Cheonggye tadi. Lanjut ke hotel deh. Di hotel kan bagasi kita udah menunggu di lantai B2. Koordinasinya ribet deh ini si Tour Guide sama Local Guide, masa suruh nunggu di B2 kalo udah dapet bagasinya, mana sempit gelap pula dan kita ada 38 orang. Gw sama Si Bestie udah naek ke Lantai 1 jadi balik lagi ke B2, lupa sih apa udah dibagi kunci apa malah dibagi kunci di lantai B2 nya. Ribetttt. Yaudah trus lanjut ke kamar kan di lantai 9. Oh iya kmrn di Hotel Seorak tuh kami sekasur dong hahaha (udah biasa juga sih kalo ada yg nginep hotel di Kota Bengkeles dulu). Malesnya pas rebutan selimut aja sih. Jadinya kami request twin bed ke si Tour Guide. Fyuh akhirnya kami misah tempat tidur di Seoul.

Setelah bersih2, kami iseng ke minimarket di sebelah pintu masuk hotel. Lebih gede sih daripada mini market waktu di Hotel Seorak, tapi muter2 gatau mau beli apa. Mau beli mie instan agak males ya takut ada bebongnya LOL. Trus bir juga gak terlalu sih, gak bawa paspor juga (dan sebenernya agak mau ngurangin juga ide “babi gak makan tapi alkohol minum” juga sih gw LOL). Akhirnya beli Mie Samyang yang walopun gak ada cap halal, gw cek di ingredientsnya gak mengandung bebong. Hem tebih2 di indomaret caket imah ge aya. Oh ya ada content creator yang suka beli minum dalam plastik trus tuang ke gelas isi es gitu, nah gw cobain juga hihi. Beli teh gitu trus tuang ke gelas plastik (si gelasnya cari yang nyesuaiin ukuran minumnya) yang ada esnya (suhu minus 2 sampe 5 tapi tetep ya minum es) (setidaknya minumnya di kamar yang anget ACnya).

4-il:

ginsengnya udah kayak jenglot LOL

Pagi ini sarapan seperti biasa, terus jalan ke perhentian wajib selanjutnya yaitu ke Ginseng Museum. Duhhh local guide-nya gak berenti2 jualan ya Bun sepanjang jalan, cape dengernya apalagi dengan bahasa Indo pake logat Koreanya yang masih patah2. Sebenernya agak kejual sih, pengen sih beli, apa sih rasanya minum ginseng gitu2? Terus sampe kita dengerin cerita blablabla dari orang Ginseng Museumnya. Oh ya, si museum ini sama kayak toko souvenir di hari kemaren, memperkerjakan orang2 dari berbagai macam negara, kayak Indonesia, Chinese, mungkin ada Viet, Thai, gitu, jadi yg nyeritain ini buat rombongan kami emang asli orang Indo. Jadi lancar lah bahasa Indonya. Trus setelah denger bulakbalik, akhirnya kita boleh liat mau beli apa. Buset harganyaaaa, kita katanya harus beli persediaan min 3 bulan gitu kalo mau berasa ada bedanya, dan total2 minimal keluar IDR 5-6juta. HIHHHHHH. Mundur teratur lah kami yang middle class ngehe. Untung sih segrup travel sama yang kaya beneran, jadi gak kayak gak berkesan “ih grup lo miskin amat gak ada yang belanja sini samsek” hahaha...
foto2 gak jelas (1)

Oh ternyata kita ke K-Cosmetic Shop dulu setelahnya. Sama, ada sales kayak tukang obat gitu kalo di Indo (ganteng sih tapi), orang Indonesia juga dan jualan make up dan skin care merek,,, apa ya tuh kan lupa. Saking kayaknya gak dijual ke luar Korea juga jadinya pas digoogling yang keluar cuma Sulwhasoo sama History of Whoo doang. Teteppp waktu di bus sama si Local Guide diceritain puanjjjjanggg lebbarrrr mengenai si merek ini, tapi sekarang udah lupa brandnya apa hahaha. Padahal ini orang se-bus cuma pengen lanjutin tidur karena masih pada jetlag. Hampir mau beli sunscreennya tapi agak lebay ya IDR250-300rb sebotol 30ml. Anessa aja gw beli karena tiba2 dapet vocer Blibli IDR100rb kemaren. Dan belom ceki2 ke Olive Young juga yang pasti banyyyyyyyak pilihannya, jadi cancel.

semur tulang ayam

Trus lanjut maksi ke Hongdae. Restonya lumayan jauh dari kita diturunin bus, jadi ada jalan
beberapa ratus meter. Siang ini makan Jjim Dak(?) (udah lupa udah 3 bulan lalu LOL) jatohnya kayak semur ayam gitu sih. Yang gw inget banyak banget tulangnya ih cape makannya. Mana sempit tempatnya secara di tengah kota gitu.

cape ngapusin orang2nya LOL
Trus lanjut dijemput bus lagi. Ngelewatin Blue House kantornya Presiden Korea. Trus lanjut ke Gyeongbok Palace. Tapi sebelum masuk kita sewa baju Hanbok dulu. Gatau kenapa ada toko yang gede, tapi yang kita tuju toko yang kecil sebelahnya bertempat di B1 yang mau turun aja seram karena curam. Tokonya sempit pula karena kita 38 orang tea. Agak2 sketchy deh intinya si tour ini tuh jadinya. Trus kita pilih2 baju kan. Si pegawainya jutek2 banget ih sebel. Si toko yang gede sebelahnya masih agak senyum loh padahal, dan kayaknya pilihan Hanboknya lebih banyak secara 2 lantai tokonya. Entahlah kalo emang si yang di B1 ini lebih murah, karena udah masuk paket gak bayar lagi.

senyum pepsoden maksa
Lanjut masuk ke Palacenya. Udah rame ya Bun, susah dapet foto yang gak ada orang lewat2.
Si Bestie gak mood banget juga foto2 gatau karena salah pilih warna baju jadi kayak bladus banget sama rambut blonde-nya, gatau karena dijutekin si pegawai sewa Hanbok tadi LOL.

Udah nih foto2. Balik ke tempat sewa bajunya. Again karena sempit kan harus gantian mau masuk trus balikinn baju. Dan bukan kita doang yang nyewa dari tempat sempit di B1 itu ternyata. Trus karena males nunggu ada sebagian dari kita buka sendiri si baju hanboknya karena didobel2 ini juga kan, biar kalo gilirannya bisa ke bawah tinggal nyerahin aja bajunya. Yang kaget malah yang jaga toko sebelah yang gede tadi, ”no, no, no, gak oleh buka di sini” kira2 gitu lah ngomongnya. Yaudah yg udah buka masa pake lagi, yang belom jadinya rempong ke bawah dulu buat ganti bajunya.

alhamdulillah akhiii
Setelahnya kita lanjut ke Itaewon. Sempet liat “saksi bisu” kejadian serem waktu Halloween 2022, tapi cuma sampe depan gang masuknya doang sih.
Trus lanjut ke Masjid Itaewon. Entah kenapa kayak kesambet harus ke sini secara jalan kaki lumayan jauh dan nanjaknya itu loh... Padahal bisa muter2 di Itaewon jalan gedenya cari spot syuting Itaewon Class kek apa kek. Trus Si Bestie nungguin gw di suhu 5(?) derajat di luar mesjid, nungguin gw yang (terpaksa) sholat dulu hahahaha. Tapi karena jauhnya dan nanjaknya itu jadi abis khan waktu. Setelah balik ke jalan gede lagi, kami masuk Tous Le Jour (yang di mana2 juga ada di Bandung en Jakarta mah). Pesen minum take away. Pas udah jadi, kami gak boleh dong duduk2 di dalem cafenya karena pesen take away tadi huks... Agak kzl ya mana di luar dinginnnnn dan di dalem café anget, tapi setelah dipikir2 lagi mungkin mereka bakal charge pelayanan gitu kalo kita dine in. Huf.

foto2 gak jelas (2)
Setelahnya kita dianter ke Hongdae lagi. Acara bebas dan gak dikasih makan jadi suruh cari sendiri. Kami yang kelaparan dan pengen pipis bingung mau ke mana secara harus belanja dulu ke satu resto/café kalo mau pipis.

Akhirnya setelah muter2 kami ke satu resto namanya,, tuh kan lupa lagi.

harus ada watermark hp ya Bund

Padahal seinget gw sempet foto luarnya tapi gak ada di hp. Dia di atas pub(?) gitu restonya. Kalo makanannya sih foto, gw pesen nasi pake sashimi gitu dan kuning telor mentah hahaha (again satu dari sedikit yang non-bebong, tapi gatau kalo pake mirin dsb mah huhu). Si Bestie pesen Donkatsu gitu lah. Akhirnya bisa pipis hahahaha soalnya emang laper jadi kami yang pelit ini gak mau masuk café beli apa demi pipis doang trus ke resto lagi (sempet sih masuk doang satu café yg deket tempat diturunin bus dan emang toiletnya dikunci) (ih gatau malu). Selanjutnya dijemput bus lagi di tempat tadi diturunin untuk dianter ke hotel lagi deh...

5-il:

Hari ini ada dong jadwal kunjungan wajib lagi, Pertama ke Red Pine shop, salah satu yang katanya berkhasiat banget juga buat kesehatan. Tentunya “tukang obat”nya orang Indo juga. Sampe ngecek gitu pembuluh darah via mikroskop, yang kalo sehat katanya bentuknya lurus2, kalo gak sehat bentuknya keriting dan keplintir2. Gw? Tentu yang keriting dan keplintir2 LOL. Tapi tetap ya harganyaaaaa... Kayak kurang worthed aja buat spend IDR 5juta buat suplemen yang sering lupa minum juga lama2.

aaa Haechan NCT, eh, bukan deng

Lanjut
toko yang jualan Nori gitu, namanya Haechan Songhak Laver. Ini anak2 kicik ternyata pada favorit sama NCT mungkin heboh kali ya “wah ini punya Bapaknya Haechan???” padahal Haechan NCT nama aslinya aja Donghyuk. #halah (gw doang keknya yang heboh dalem hati). Trus disini bikin kimbap gitu yang boleh dimakan sendiri, trus disuruh cobain snack2nya blablabla. Kami berdua? Gak beli apa2 hahaha ih pelit banget. Kalo gw sih lebih karena nyesel gak beli pas deket laut kemaren, sama snack yang enak yang gw pengen beli mahal bangettttt IDR300rb cuma isi 8 gituh apa lebih kecil lagi.

porsinya kek sedikit banget dah
Trus brunch makan Bibimbap di resto belakang Haechan tadi. Sumpah pas liat foto di galeri, baru jam 10 aja loh, apa jamnya masih ngikut jam Indo ya? hebat bertahan gak laper sampe malem padahal...

keur naon nya?
Terus lanjut ke toko yang jualan Amethyst. Batu kayak giok gitu lah tapi yang warnanya ungu. Di sini gw lupa kayaknya gak ada sales orang Indo nya deh. Tapi ya gitulah, gelang apa cincin yang paling murah aja mulai dari USD 400. Cantik tapi jadi gak kepengen beli. Gw gak meratiin ini Geng satu tour apa tiap toko wajib ini ada yang beli atau gak, tapi kayaknya pas
ginseng sama kosmetik ada sih yg beli.

ahjussi nyasar
Trus lanjut ke Duty Free Shop yang ternyata mall sebelah Doota Mall yang kemaren didatengin.
Ih kurang menarik ya isinya, tapi gw beli losyen Skinfood yang Propolis gitu sih (padahal yang gw screenshot untuk beli serumnya. Agak2 pengen beli luxury something juga agak males dan keburu2 waktu. Oh ya, MLB ada dong huf. Tapi sama aja sih jadinya harganya, soalnya kemaren udah request tax refund,,, merek yang laen yang gw mau cek kayak Nerdy cuman ada baju cewe. Sepatu Discovery agak males karena udah beli sepatu MLB, sisanya kurengggg.

selfie di bawah sutet

Setelahnya lanjut ke Namsan Tower. Turun bus di kayak terminal gitu, trus naek bus umum. Sampe halte terakhir bus umum, keatasnya jalan kaki. Wihhhhhhhhhh hiking sih ini mah jatohnya. Sampe atas pun harus ambil napas dulu, baru bisa foto2. Dan kembali karena dikejar waktu, cuma setengah jam bisa foto2 trus harus turun lagi. Ke halte awal tadi tapi turunnya lebih cepet, dan langsung dijemput bus travel. Aneh deh posisi2nya tuh.

Stop terakhir adalah ke Myeongdong.

foto2 gak jelas (3)

Lumayan agak lama tapi gak semua yg gw pengen bisa didatengin huf. Pengen ke Olive Young yang gede biar lengkap banget, sama pengen ke SPAO yang gede kali ada baju kolab lagi kayak cardigan Hogwarts yang gw dulu jastip. Karena tujuan awal udah jauhhhhhhhhhh banget ternyata ke toko yang jualan Album Kpop. Ada sekitar sekilo apa lebih tapi masih daerah Myeongdong juga. Beli 3 album, SNSD, Kara, sama Dreamcatcher. Yang disesali adalah kenapa gw gak nanya apa bisa tax refund ato gak huhuhu secara itu duit paling gede yang gw keluarin selama ke Korea kemaren. Trus pas masuk SPAO cabang yang lebih kecil isinya basic doang semua, dan gak ada toilet umum juga LOL. Terus lanjut ke tengah2 deket tempat kita turun tadi. Nyobain roti telor panggang gitu, sama sate ayam gitu, duh ngiler deh pas ngetik ini udah puasa dan sejam lagi baru buka. Pengen seafood2nya gitu tapi kayaknya kemahalan deh jadi gak beli. Si Bestie beli sepatu 1 lagi merk AKIII Classic yang doi keukeuh kirain itu merk Discovery yang kmrn liat di Duty Free. Terakhir kita masuk Starbucks buat pipis haha. Beli kok kopinya. Trus nangkring di tempat bus ngejemput deh ke Hotel.
udah isya malah ngopi

Sampe hotel, kami berdua mau keluar lagi karena gw pengen ke Olive Young yang ternyata ada deket hotel. Tapi gak lengkap huhuhu. Ada sih yang bisa kebeli kayak Kahi Multibalm, toner2, sama sunscreen2. Trus foto2 di “pinggiran” Seoul gitu (bukan tempat ramenya, gak strategis deh pokoknya walopun masih 500m-an dari subway). Tadinya mikir apa mau makan lagi ya tapi mager juga sih...

6-il:

Huaaaa hari terakhir di Korea. Trus kami berdua baru tau kalau ternyata ada 2 keluarga gitu yang ternyata mereka gak dapet tiket pesawat KL-CGK bareng kita, jadinya mereka extend sehari di KL dan nginep di Bukit Bintang. Ihhhhh kalo dikasih tau bisa extend dari kapan tau pasti kami mau ikutan extend, secara Si Bestie belom pernah ke KL baru kali ini transit doang pula.

Trus kami harus jalan jam 5 apa 6 kalo gaksalah, sarapan Udon trus belanja duty free dan lanjut ke Incheon. Gw beli Pocky yang gak pernah liat ada di Indo aja, yang lain2 kayak banana milk apa segala macem mah pabalatak. Setelahnya langsung ke Incheon. Ngantri masukin bagasi. Kebetulan kami berdua termasuk yang paling depan antri dibanding rombongan, tapi udah mengularrrrr. Eh pas itu ternyata ada Newjeans dong mau perjadin, yah gak liat samsek deh karena di antrian check in.

Udah nih masukin bagasi, trus nginput data tax refund sebelum security en imigrasi. Kan kami gatau nih kirain harus nungguin seluruh rombongan dulu, dadah2 sama si local guide, trus baru masuk security. Dan ternyata pas kita masuk security, rombongan kita yang di belakang dapet cap priority security checking dong karena udah mepet, sementara kami enggak. IHHH kan kami mau setia kawan ya masuk bareng, eh malah rombongan kami yang belakangan check in yang bisa motong security yang ngularrrrrrrr. Kita yang duluan ini mau motong antrian malah dijutekin sama buibu depan kita, trus malah disusul banyak orang karena kita mau manggil security juga gak diwaro. Akhirnya Cici2 yang bareng kita inisiatif ngomong lagi ke security biar kita bisa maju. Dan akhirnya bisa motong. Haduhhhh heboh lah itu udah waktu boarding soalnya. Trus gw pas mau gesek paspor gak kebaca donggggg kezel, jadi harus ke yg cek paspor manual dan orang2 lain udah jalan ke arah gate. Lolos imigrasi gw sempetin lari2 ke gate 28(?) untuk ambil tax refund yang tak seberapa itu dulu, trus lari lagi ke gate (48?) yang untungnya gak jauh2 amat dari masuk imigrasi, tapi lumayan harus ke kiri, ke kanan dulu. Pas orang2 udah ngantri mau masuk pesawat kirain udah masuk semua, eh ternyata boarding group gw baru mau dipanggil. HUF cape.

lupa main course-nya apa, tapi cakenya enak, air kimchinya  kena baju huf

Trus agak mundur gitu kan take offnya. Kebayang sampe KL harus lari2 lagi ngejar pesawat ke CGK karena transitnya jadi gak sampe sejam dong. Sampe KL udah disambut sama staf yang pake papan2 gitu ngarahin ke pesawat selanjutnya. Mana harus naek skylink dulu pindah terminal. Tapi kalo yang sekarang katanya ditungguin jadi gak lari2 amat. Sementara si Tour Guide juga termasuk rombongan yang transit semalem di KL jadi gak ngerasain kerempongan yang kita (geng transit 1 jam di KL) alamin, jadi ih sebel deh kayak tour guide yang gak tanggung jawab.

Akhirnya sampai gate, udah ngantri masuk pesawat. Yaudah kita ikutan ngantri deh. Aman lah sampe jakarta, trus dadah2 sama rombongan lain. Lapor ke WA grup kalo udah aman damai. Eh ternyata ada dong rombongan kami yang rumahnya di Surabaya kan berdua, satu orang bagasinya gak ada. Heboh lah mereka berdua. Again si Tour Guide ini kayak ngegampangin, “yaudah lapor aja ke baggage claim.” secara doi udah di hotel di KL kali. Entahlah akhirnya gimana si Mbak Surabaya berdua ini pulangnya. Gw sih akhirnya transit dulu di Jakarta (dari Jumat sampe Minggu) sebelum Hari Minggu balik ke Bandung.

H+96

Duh nulis ginian aja sampe ketunda 3 bulan dong, dari yang awalnya excited, pas dijalanin kok gini, udah selesai jadinya gak puas. Huf,,, andaikan ngurus Visa Tourist ke Korea semudah cuma bayar IDR 2 juta pasti approve kayak Visa Abu Dhabi (apa Dubai ya lupa. Ketuker mulu dah ini dua kota Arab) (tau karena kalo mau ke Turki yang murah transit dulu jadi sempet baca Visa Requirementsnya), pasti gw setaun minimal 3x ke Korea dah #halah...