Monday 4 October 2021

Melayani (Untuk Negeri) (???)

Pernah denger kalo toko yang jualan luxury designer itu stafnya sengaja dibikin jutek dalam melayani biar si customer kesel dan akhirnya si customer kayak membuktikan kalo "hey Andah Sales Associate (SA), kalo mau, saya bisa beli Andah kalik" dan malah mborong. Kayak Pretty Woman jaman Julia Roberts sama Richard Gere kali ya? (Wow berasa tua banget contohnya itu)

 

Gw belom pernah masuk semua toko yg jual luxury designer sih, tapi (spoiler alert) kayaknya mitos itu agak setengah bener setengah gak...

 

Masih melanjutkan ke karena gaji yg tibatiba jadi 2 kali lipat pada akhir 2018, gw pernah cerita kalo jadi tertarik sama luxury designer stuff kan. Trus ya jadi kepikiran aja bikin post bandingin pelayanan yang gw pernah dapet dari toko2 lux designer yg gw pernah masukin, baik beli atau gak, dan mungkin rada-rada merembet ke review barang yang gw beli juga kali ya hahaha.

 

I guess i will never be a VIP customer in any of these brands anyway, karena sampe saat ini sih tujuannya cuma pengen punya satu barang dulu aja dari semua lux designer yg gw incer. Dan dari semua brand ini juga lebih tertarik ke tas, sepatu, atau aksesorisnya, gak begitu kepengen baju karena sayang aja.

 

Kalo baju biasanya tipe cari yg murah meriah muntah asal stylish (menurut gw) aja. (Insert tiktik mbakmbak yg tasnya cuma 100rb tapi lipennya 500rb sebatang, i feel you LOL).

 

Soalnya even though i'm not any celebrity in my social media, kayak sebel aja kalo ternyata pernah pake baju yg sama di occasion/taun berbeda trus difoto. Udah pernah kejadian beberapa acara lebaran eh liat taun lalu ternyata pake baju yg ini-ini lagi, nyadarnya pas liat foto beberapa hari kemudian. Tas sama sepatu mah kayaknya wajar dipake di beberapa post, hahahaha.

 

Huf disclaimernya panjang amat ya. Yaudah sekarang ke inti tulisannya ya (yang luas sekali LOL):

 

Kayaknya pertama masuk luxury designer tuh LV deh.. Pernah iseng masuk tokonya di Changi, kepengen tas modelnya namanya Keepall. SA-nya klo gslh Indian dan lumayan membantu, mo ngasih liat segalamacem (tentunya gak beli LOL karena emang blm mampu waktu itu)

 

Oh iya baru inget, way before that pernah masuk Gucci di Sency sama madam deng, belio cuma nanya satu tas, dijawab Rp19juta, trus keluar lagi LOL. Gak ngerti juga kenapa waktu itu madam berani masuk. Kalo gw waktu itu belom punya gaji kayak sekarang makanya belom kepikiran punya hahaha..

 

Toko pertama banget yg dimasukin trus niat ada yg mau dibeli itu ya LV sih, tapi karena gak mampu beli Keepall jadi beli SLG aja.. Udah diceritain gimana perjuangan beli ni barang pake blood sweat tears-nya di post ini. Seinget gw, SA-nya biasa aja sih, gak friendly. Tapi agak sebel aja dikasih barang display yg di metalnya ada gores tipis dengan alesan semua barangnya emang gitu, gak ada yg diplastikin lagi, dan gak ada inventory lain. Eh, tapi satu hal deh yang positip, LV ini ngasih kotak even buat SLGnya (uhukSemuaBrandYang PernahGwBeliLainYangCumaKasihDustbaguhuk).

 

sebenernya pengen punya sepatunya juga huf
Setelahnya pernah masuk Christian Louboutin, ceritanya lanjutan dari post ini juga. SA-nya awalnya kurang oke, kayak kurang aja pengetahuan tentang produk yg dia jual (don't you just hate when sales person don't know much about what they are trying to sell???)

Trus apa karena gw lama nanya2nya atau karena emang gw keliatan niat mau beli, gw dioper ke Senior(?)nya. Lebih friendly trus dicariin barang yang barunya karena sama si Junior(?)nya, barang yang gw mau katanya tinggal display. Wih apik, SLG doang tapi metal si zippernya dibungkus kayak selang karet gitu (uhukLVuhuk) pokoknya cantik rapi aman aja. Ada kotak dan dustbag pula. Overall pengalamannya lebih menyenangkan dibanding uhukLVuhuk.

 

tas coach mure asli gw hehe

Di post sebelumnya juga pernah cerita pengen beli tas selempang Coach kan ya tapi mahal banget dan orang
-orang (di yutub) jarang yang beli merek ini full price. Kebetulan nih si Spore ada Coach Outlet, dan tas yg gw mau itu ada, harga outletnya jauh banget dong kurleb diskon ampir 70%an lah dr harga aslinya. Gila sih ini mah. Kurangnya sih kalo di outlet gak bisa stamping, jadi dapet semacam gantungan ada kulitnya biasanya bisa kita stamp inisial kita gitu, dan keknya gak tau diri aja klo minta stamp-in di toko non-outletnya setelah beli dengan diskon separah itu.

 

 

 

bitterbalen-ciaga
Karena ketagihan belanja outlet lux designer, gw browsing2 dan ada outlet lux designer di Johor. Lumayan ada Gucci, Bottega Veneta, dan lupa lagi. Trus gw kan tiba-tiba pengen clutch gitu yang bisa masuk laptop macbook air gw. Setelah research (halah) pengen Balenciaga. Lupa apa karena emang niat mo ke tokonya di Spore atau kebetulan kesel abis dari Johor gak dapet apa2 (kayaknya waktu itu ngincer clutch di Gucci tapi gak nemu yg oke) (padahal di Indo ada 2 toko Balenciaga, di PI dan Sency), jadinya masuk toko yg di Spore. SA-nya friendly banget deh, banyak rekomen, mau bantu pas bilang gw mau coba masukin laptop muat atau gak, malah setelahnya gw pengen coba pake sepatunya yg lagi ngetren banget waktu itu, dibolehin dan pas gw coba pas pula ukuran gw setelah dia tanya gw biasa pake ukuran berapa (walopun tetepp gw blahbloh karena diajak ngobrol logat singlish) (gatau juga sih apa dibolehin karena udah fix mo bayar si clutchnya hahaha).

 

tas Omar Bakrie gw.. (what? nyambung!)

Pernah juga iseng masuk tokonya di PI (padahal gaada rencana beli apa2 karena udah beli clutchnya dan again saat itu masih memegang teguh satu lux designer brand satu item dulu), SA-nya tetep friendly ya.. Kayaknya gw pengen masuk juga karena lagi ada sale gitu sih, dan pengen bandingin aja clutch gw ada gak di sini, trus:

si mbaknya: "oh yang dipake Kania ya?"

I'm like: "Kania?"

"Iya, Ka Nia Ramadhani.."

"Oh.. (sotoy) iya.."

"Iya itu sold out" (klo gslh dia ngomong gitu atau apa, pokoknya gak ada aja di tokonya)

gak kembar nasib setidaknya kembar tas lah ya.. (stylo.grid.id)
(ngobrol sedikit sana sini)

"Oke, makasih ya"

"Iya.."

Gw keluar trus search di IG. Bener lah kembaran tas sama Beliau LOL. Tapi gw beli duluan dari Beliau pake hahaha

 

 

 

 

 

 

 

 

galau...
Kan jaman itu lagi ngetren banget Dad Shoes yang bentuknya sneakers tapi haknya tebelll (duh blessing banget buat gw yg merasa kurang tinggi). Dan setelah research (halah) lagi pengen sepatu Alexander McQueen yg kayaknya paling tebel haknya (selain sepatu Balenciaga yang sebenernya pengen coba beli KW supernya aja karena pasaran juga dan aslinya gak pernah diskon LOL).


 

 

 

 

hemmm...
Entah kebetulan atau gimana, pas ke situ pas lagi ada sale. Tanya2 lah model
yg gw pengen namanya Oversized Runner. Ada 2 warna. Bergalau2 lah gw, trus si SA-nya liatin doang gak komen, gak bantu. Malesin deh. Ditanya juga kayak product knowledge-nya gak ada. Gw nanya kan, kalo ini ada terus gak tiap season, jawabnya ada tapi bakal beda warna. Trus besok2nya malah ilang di websitenya (yg buat cowo), yang tetep ada cuma yg namanya Oversized Sneaker. Huf, untung belinya pas diskon.

(Eh liat website Spore-nya barusan pas ngetik ini post ada deng si Runner. Cuma gak se-stable piece dan sebanyak pilihan si Sneaker aja, tapi emang si Sneaker ini buanyak buanget yg KW-in/inspired by-in makanya males juga (selain lidah sepatunya yg tajem bener ke kaki gw pas mau beli waktu itu).

Kalo packaging, agak sebel juga karena dusnya udah diselotip2 ini gitu, gak cantek lah pokoknya. Mungkin karena emang barang impor jauh dan dusnya gede sih tapi ya kzl aja...

 

gatau, jadi pose andalan tiap beli lux designer 😅

Di weekend yang sama, gw beli tas Givenchy (iya karena kesambet setan PI lagi diskon soalnya waktu itu untuk beberapa toko). Seinget gw udah agak research juga sih, pengen punya semacam bumbag gitu (bahasa kerennya: tas pinggang), tali detachable jadinya bisa jadi clutch kecil buat ke pesta, tapi kudu muat hp gw yg segede gaban, si Giyongchy (karena dulu pernah ada hubungan sama Abang GD
ragon, apa fake2 gitu ya...) ini ada yg oke. Kalo pengalamannya mirip2 sih sama di AMQ, SA-nya gak bantu-bantu amat selain ngasih tau diskonnya cuma wiken itu doang, dan bilang kalo tas gw ini stable piece juga, eh ternyata besok2nya udah gak ada, sebel. Oh ya, packaging-nya juga cuma dustbag aja.

 

Entahlah kapan ya, pokoknya karena gw agak sering masuk PI (karena lux designer ngumpul situ semua) pernah masuk Fendi juga. Waktu itu sih pengen liat tas namanya Peekaboo klo gaksalah. Ada juga kok diceritain/ada gambarnya di post onoh. SA-nya? Gak suka, gak ramah. Padahal tiap ke PI gw rasa dandanan gw gak kayak orang kampung kok, selalu pake Apple Watch, sepatu juga yg (menurut gw) terlihat mahal, tas juga setidaknya nenteng Coach gw itu. Emang gak mampu sih sama harganya si tas yang gw mau itu, tapi jadi males aja karena SA-nya.

 

tas tapi minta shopping bag kecil aja, ribet...
Masih dalam rangka nyari bumbag yang bisa jadi tas selempang/bumbag dengan tali detachable, dan karena Gucci lagi ngetrend banget dengan kata-
kata atau lirik lagu “Gucci Gang” dan “feels like Gucci”, gw pengen dong punya sesuatu dari brand ini. Setelah gw research (lagi) (halah), ada yang lucu. Tapi masih galau beli atau gak. Sempet masuk cuman nanya tapi gak beli di Sency. SA-nya? Biasa aja sih, gak keliatan merendahkan or anything bad. Trus akhirnya masuklah ke yang di PI. Hm, lumayan lah membantu. Biasa aja gak se-friendly pengalaman gw di Balenciaga. Untuk barangnya yang gw pengen dibilangin staple item sih (dan masih ada sampe sekarang di website-nya). Ada dua warna dominan item dan dominan coklat. Coklatnya lucu sih ada kepala singanya, tapi jatohnya lebih cewek dan susah matchingin sama baju, jadi ambil yang monogram item.
Oh ya, packaging-nya cuma dustbag aja gak ada kotaknya huf.

 

Pernah masuk Burberry di PI juga, kayaknya karena lagi sale. Sebenernya

topi gini lo, tiba2 pengen huhu (youtube: 내주제에 Dare U Naeju)

pengen punya trench coat ataupun muffler-nya, tapi kapanlah makenya secara Indonesa itu puanas, dan kalopun Bandung lagi dingin-dinginnya, gak cocok aja. Kudu dipake pas winter gitu pokoknya. Kmrn liat beberapa kemeja yang staple printnya gitu. Lucu sih, cuman buanyak banget KW-nya juga. Dan gak ridho kemeja doang harganya segitu setelah diskon. Liat juga tas selempang model baru, tapi kurang menarik karena (kalo gak salah) talinya gak detachable atau kekecilan banget gitu. Dan setelah keluar dari toko beberapa hari kemudian liat Youtuber yang punya salon namanya Park Naeju pake topi dengan print staple Burberry jadi pengen kan... Kalo gw topi kudu dicobain banget secara kepala gw gede jadi gak berani beli BNIB, NBU, ataupun second di toko online yang jual authentic. Oh iya. SA-nya cukup bantu sih, agak-agak push sell gitu juga waktu gw tanya-tanya tentang tasnya dengan ceritain tasnya gini gitu blabla. Ya maap mas, lucu sih tasnya tapi not my cup of tea... heuheuheu

 

Tetep ya pengen clutch dengan tali detachable, trus April 2021 Dior baru banget

huhuhu lucu (dior.com)

ada divisi cowonya launching di PI, wajiblah gw liat. Wih mo masuk ngantri dong. Kadang2 gw suka parno yang ngantri itu khusus undangan doang atau gimana, secara kan baru buka. Tapi ternyata emang dibatasi aja di dalem toko dan secara koronces juga ya bun... Kemaren malah katanya ada pegawai Dior yang di PS positif trus tutup tokonya berapa lama gitu kan, tapi tetep gak mau gembar-gembor banget takut jadi pada parno dan gak belanja. Sempet nanya juga kayaknya gw sama petugas yang jagain pintu, bebas kan ya masuk asal tunggu giliran, akhirnya masuk juga. Gw jadi pengen punya Dior awalnya ada filter2 gitu kan di IG, brand apa yang cocok sama lo, dan gw dapet Dior. Trus research lagi lah gw kan. Gw suka banget sama saddle bag-nya, tapi talinya gak detachable. Trus ada nih clutch ala-ala saddle bag yang lebih mini, yang bertali bisa diselempangin dan detachable. Liat di akun IG yang jual authentic second aja harganya lumayan 1 ¼ kali gaji bun. Sebel. Tapi penasaran sama gedenya. Akhirnya liat langsung dan, buset mini banget. Gw pengguna apple dan android kan ya, masukin 2 hp aja keknya udah gak bisa ditutup deh. Belom perintilan lain yang kudu gw bawa kalo mo kemana-mana kan... Bawa tas Gucci gw aja kayak banyak pengorbanannya yg kudu gw tinggal. Oh ya, SA-nya biasa aja, gak friendly tapi kalo ditanya mau jawab en bantu, dan lumayan ngerti apa yg gw tanya.

ada aksen blood gitu di jantung hahaha

Ada juga shirt gitu yang dipake Dedek Jacob The Boyz di album atau majalah, gw tanya ke SA-nya dan katanya udah gak keluar lagi gitu, huf sedih...

 

 

 

 

 

 

 

Setelah demam clutch dengan tali detachable (agak) berkurang, jadinya pengen

yaTuhan lucu😭

totebag gitu yang bisa masuk segala macem. Hal ini karena tiap naek pesawat terutama pas mau balik ke kenyataan, pasti tas beranakpinak no matter how rapi I repacked my “suitcase” kan kesel. Dan terinspirasi dari totebag kain biasa yang wajib buat Jakartans kalo mau belanja, so how about lux designer totebag? Salah satu yang gw incer adalah dari merk Valentino. Tapi pas ke tokonya yang cuma ada di PI, mereka gak jual tote bag cowo, kayaknya lebih fokus ke baju sama aksesoris kali ya buat cowo.

 


Baru-baru ini (kayaknya)
Valentino

SuperVeeee!
ngeluarin style baru gitu kan, kayak huruf V dalam kurung gitu “[V]”. Yang ikonik dari Valentino kan studs-nya biasanya. Kalo gak salah modelnya namanya Supervee. Setelah dipikir2 wih lucuuuu, bisa jadi SuperVeza (halah). Trus kayak banyaaaaak banget idol/aktor cowo yang pake kaos atau shirt doang dengan style ini, dan nemu ada belt dengan gesper si Supervee ini lucu bangbangs! Awalnya mau yang matte finish gitu. Di tokonya gak lengkap gitu, cuma ada yang gespernya warna gold. I don’t now why but me and gold colored stuffs are not close, lebih suka silver aja sih. Dan lebih mudah jatoh ke Gaya lo, Tingkah lo, Muka Lo, Kamseupay (you sing you lose LOL) aja kalo gold menurut gw di gw... Selain itu banyak juga yang bikin KW-nya kalo gold sebel. Trus kayak gak ada usaha dari SA-nya untuk cariin kek, upsell si gold kek, hih malesin.

 

Beberapa bulan kemudian setelah berani (dan baru sempet) ke Jakarta lagi, cek

huf...

lagi tu toko Valentino. Kali ini ada yang silver tapi agak hitam gitu, talinya hitam dan cuma satu ukuran tebel 3 atau 4 cm gitu. Not what I really want karena pengennya yang reversible item biru kayak di website Spore-nya, dan/atau finish gespernya matte black. Tapi yaudahlah ini juga lucu.

I have been fat all of my live, jadi lately I always wear everything oversized, jadinya beli belt ini juga ukuran panjangnya 110 cm gitu. Padahal cobain asal aja (gak gw masukin ke buat ikat pinggang celana) dan muat, kegedean dikit lah.

 

 

 

 

Pas beli ini si SA-nya yaaa, standar lah gak friendly tapi cukup membantu. Bahkan nawarin bisa cicil 12x pake cc. Trus kan abis belanja lanjut ke Bandung. Eh pas iseng mau pake buat jalan di Bandung, gede banget donggg... Sebel. Dan gw baru inget biasanya cd Uniqlo gw 92 cm tuh udah pas cenderung logor. Ah pokoknya sebelum balik Kulu kudu mampir buat tuker ah. Eh pas sempet ke tokonya, si SA-nya gak mau terima tuker karena udah lebih dari 7 hari. Dan suruh bolongin sendiri ke Stop N Go yg biasa ngurus sepatu/aksesoris gitu karena katanya gak punya alatnya. IHHHH.

 

Pas ke Stop N Go itu, ada yang mau pasang sol di sepatu mahalnya dengan biaya 450rb. Langsung shock gw takutnya ngebolongin belt doang mahal banget. Taunya setelah jadi cuman minta 10rb sih. Fyuh. Eh pas ngetik post ini dipake ngantor ternyata masih kelonggaran padahal udah bolongin 2 step dari yang paling kecil huhuhu.

 

huhuhu

Dan terbaru sih ke
YSL karena suka sama tote bag-nya yang pake kancing cetet dan masih (agak) terjangkau. Awalnya sih ke YSL ini ngidam sama boots-nya namanya Wyatt, dan tas namanya Sac Du Jour. Tapi sekarang udah agak males beli sepatu lebih dari jutajuta hahaha, dan Sac Du Jour itu juga lebih banget dari budget, selain tasnya terbuka banget juga sih. Udah 2-3x lah ya kurleb masuk YSL ini yang di PI dan Sency, sama aja, SA-nya gak friendly tapi cukup membantu. Pas mau beli liat si tote bag-nya, lumayan dikasih tau gini gitu, ini lebih structured itu kagak, ini tas stable items, yg putih lebih gampang dekil tapi yang item tinggal pake lint roller aja bersihinnya, jarang diskon, yang ada malah naek. Ya lumayan upsell lah ya. Trus pas gw ok, dikasih barang yang baru, walaupun gak ada boxnya, cuman dapet dustbag. Dan ditawarin bisa cicil 12x hahaha senang (halah). Gw lupa lagi request kalo minta paperbag-nya yang kecil aja, eh dikasihnya segede gaban.

 

misqueen mendadak
BTW kan yang kecil ini handle-nya cuma sampe pergelangan tangan aja, gak
bisa di-kelek-in kalo kata madam gw. Tapi yang gede kayak lebar banget, gak gitu suka (padahal liat Kiu Ssem pake kok keren huhu padahal dia katanya gak tinggi-tinggi amat). Trus gw ngide beli tali kulit detachable gitu yang hardware/kaitannya bisa dikaitin ke kancing cetetnya tadi. Jadi lucu sih cuman gak mampu bawa2 barang yang lebih berat dari laptop karena si hardware bakal maksa ngebuka si kancing cetetnya hiks (dan dia sekarang malah jual tas yang mirip banget sama si Rive Gauche ini tapi mereknya punya dia huf).

 

 

 

Kayaknya baru segitu sih toko lux designer yang pernah gw masukin. Kadang pengen masuk Chanel, tapi yang bisa gw pake paling clutch buat macbook air gw aja dan harganya 2x Balen gw. Kayaknya Chanel belom pernah secara resmi ngeluarin divisi cowo juga. Yang lagi naik daun juga Celine, tapi sama kayak belom pernah resmi ngeluarin divisi cowo juga... Selain itu kalo di PI paling watches and jewellery, gak begitu tertarik walopun kadang pengen punya Rolex, hahaha...

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment