Wednesday 10 May 2017

Kabur Sepur Kesekian Kalinya

Maybe you don't know, but i love cities more than countryside. And Singapore of course is my favorite city (that i've gone to, karena portfolio sebagai seseorang yang cinta traveling masih sangat2 minim,, hiks..)

Gak tau kalo buat ditinggalin sih, secara panas, apa-apa mahal, dan negara yang cuman segitu-segitunya aja. Sekarang aja udah mulai mikir kalo ke Spore mau ngapain lagi ya? Tapi kalo cuman punya 3 hari 2 malem buat jalan mau kemana ya juga bingung selain pulang kampung ke Bandung.

Pengen sih liat-liat Palembang juga, yang tentunya lebih "kota" daripada Bengkeles. Tapi susah juga nyamain schedule sama temen penempatan sana atau asli sana. Gak mau ngebolang juga karena takut dan transport dalam kota yang belom tau gimana2nya (ada gojek sih, tapi... hmmmm)

Kenapa juga judulnya kabur? Karena gak ada yang tau dan gw mau gak ada yang tau juga kalo gw ke Spore, dan karena lagi di tengah-tengah Surat Tugas di desa. Hahaha

memandang masa depan tak pasti.jpg
Alhamdulillah gak ketemu siapapun yg kenal di bandara jadi gak perlu nambah ngomong boong.. ngeliat si Uda tapi dia gak nyadar fyuhhh
Take off and land safely.. well i think that was a very smooth landing for a small plane.. BKS-BTH sekarang cuman ada pesawat ATR. Dulu pernah ada 737 tapi siang, gak profitable kali ya makanya sekarang gak ada..

Naek gojek lah dari bandara ke pelabuhan.. kudu jalan ke gerbang masuk dulu.. fuanas and i dont wear my sunscreen. Kzl. hahaha..
Emang ya sekarang taksi online di mana-mana gaboleh masuk bandara buat jemput. huh.. Tapi gojek batam ini segitu gak boleh masuk tapi helm tetep helm ijo mencrang gojek. Gw bilang aja kalo di Bandung gojek gak pake atribut apapun.. biar cari aman seharusnya boleh lah sama perusahaan.. Tarifnya lumayan gila lho, taksi biasa minta 80-100 ribu, naek gojek cuman 25 ribu.. Cacam lah buat solo traveler (sok kebengkulu-bengkuluan dot com eh setelah gugling ternyata bahasa palembang..)

memandang masa depan tak pasti(2).jpg
Hiyah kapalnya delay.. 10.20 malah 10.40 duluan yang boarding. Ternyata bener2 yg dari sono turun dari sini lgsg naek..

Ngantre seperti biasa di imigrasi Harbour Front. But i dont think that will ever beat anything what i've been thru 3 jam ngantri imigrasi sampe diputer ke lantai 2 lorong paling ujung. Sejam aja antri udh ngeluh gitu dasar orang Indonesia. Tapi... Why do i always choose the wrong lane on anything sih kzl. Yang kanan "bisa" pilih 4 jalur pas udah di depan petugas imigrasinya, sementara yang kiri cuman 2 jalur, ya cepetan yang kanan lah. Pas mau pindah pas udah sama aja ngantrinya. Hiks..


Makan siang mekdiiii classic angus cheese burger. Meja gue yg akhirnya kosong setelah mahmud beberes, diserbu turis caucasian. Kirain jerman ato prancis, eh they speak spanish (i guess..)
Don't mean racist, but i thought spanish-ish people are soooo tan, but they all reddish whited skin caucasian as usual.. hahaha

Karena udh jam 3an setelah gw makan, gw langsung ke hotel aja deh naek subway. Seperti biasa agak rempong cari exit tapi sampai dengan selamat sekitar jam stgh5an.

where i stay.. pic from google
Hotelnya lumayan lah daripada kalo kudu sharing kamar sama orang kayak hostel.. pengen gw kosan di Bengkeles kayak gitu sih.. cuman gak ada breakfast jadi kudu nyari..
Aduh sampe kamar langsung mager karena bisa seenaknya guling2, wifi cepet, adem tapi posisi angin ac nya terlalu kena body.. tapi akhirnya gw paksa buat jalan, masa ke spore cuman buat tidur..?? Jadilah gw ke Bugis.






Ngeliat Bugis Street isinya bajuuu tapi cewe semua dan harganya rata2 100 rb..
Trus ke bugis junction di mana gw mau cari produk Tony Moly tapi produk yg dicari malah ada di Etude House. Eh di toko Etude ada iklan meet and greet sama Krystal f(x) di spore lahh tapi sayangnya minggu siang.. udh kudu di airport
ㅜ.ㅜ

Bugis Junction nya lagi penuuuuuh banget, ada panggung tapi pake bahasa mandarin, heu capedeh. Trus liat jam Swatch impian juga tapi belum bisa memutuskan mau beli atau gak di situ.. Liat sepatu Onitsuka juga, trus nanya temen yang lagi ke Jepang bedanya apa sama Asics, eh dia malah buka jasa titip beli sepatu.. Hihihi ada aja naluri jualannya tu orang. Tapi kalo harganya sama aja kayak di Spore buat apa juga, kirain lebih murah dan pilihannya banyak. Belom tega juga sih beli sepatu (lagi???) dengan harga diatas sejuta..


Ada bapak2 India sama keluarganya, gatau ngomel apa sama sales Chinese kok ngomongin lipstik.. padahal ada tante2 juga kok malah si om yang rempong sama lipstik.. hahaha

Opa Gesit :)
Dinner di,, yoshinoya.. soooo not special.. karena semua resto yang keliatannya no pork penuh banggetttt, long weekwnd juga kayaknya di sini hiks..
Kali ini pelayannya banyak dan mas-mas semua, etapi ada si Opa ("p" nya satu yaaa berarti bahasa Belanda! Catet!) yg waktu itu gw liat di Orchard apa ya, saking tutup semua toko jadi si resto penuhhhhhh pegawai cuman 3 termasuk dia.
Seperti biasa sibuk banget,, ke depan nawarin brosur, trus ilang ke kitchen, trus balik ke lobby bersih2. Hebatnya masih pake senyum..😗





Indian Pub deket hotel..
blm ada orang udah ada yang muter2 kepala headbang(@,@)
Lelah sangat akhirnya pulang ke hotel. Di sebelah hotel ada kayak pub gitu yg punya orang india, sekilas ada cewe sendirian lagi headbang busettttttt serem amat padahal belom ada orang.
Itu minggu pagi ambil foto pubnya sih jadi tutup.. hahaha

Di hotel, karena wifi ngebut banget, update ipod cepet gila.. nonton yutub 720p50fps teruss gak pake buffer.. etapi udh jam 12.00 malem wifinya putus, ilang gitu, eh muncul lagi, nonton bentar eh putus lagi kzl yaudh tinggal bobo..


cumi goreng tepung enak bener sih.. :0
Sabtu pagi baru bangun jam 8. Karena gadikasih breakfast jadi mau ke stabaks di mall 200 meter dari hotel aja, tapi magerrrr.. yaudah ngabisin cumi goreng model shihlin gitu yg dibeli kmrn malem. Gak kebayang gimana itu cumi ngga kenyal ngeyel pas digigit. Kenyal tapi bisa dipotong kecil2 sama gigi lucu amat.. padahal digorengnya lama 5 menitan.. apalagi yg panggang gak dikasih apa2 langsung kena flat stove apalah itu lupa udh 5taun yg lalu sejak masak pake gituan.





Trus ke Orchard cari toko Missha. Sampe ke Orchard Gateway buuu seeet belom buka. Rata2 buka jam 11 kayaknya sementara stgh 11 gw udh sampe.. yaudh ke Starbucks dulu untuk sarapan ronde 2. Beli cappuccino sama walnut cookies aja sih..

Trus di Missha Orchard ternyata yg gw cari gak ada huhu.. yaudah ke Sephora. Makin ke sini sebenernya makin males belanja make up.. wong gak ada yg bisa jadi korban.. tapi tetep khilaf beli beberapa hal yang gak mahal2 amat karena sample size.. yay i freakin luv sample sizes!!!

kenapalah gw sampe lupa
buka plastik salad sebelom difoto :(
Trus laper. Karena udh jam 3an seharusnya cari yg gampang aja kali ya. Eh malah cari yg rempong ke Ikea yang di Alexandria. Pake salah turun bus, ujan gede, bus lanjutannya gak dateng2, sekalinya dateng langsung diserbu banyak orang yg mau ke Ikea juga..
Orang mah ke Ikea foto2 inspirasi ruangan, beli hordeng, gw malah cari makan. Hahaha
Tapi beli plastic bag yg ada zippernya sih lumayan buat leftovers sama niatnya buat bungkus2 belanjaan make up skin care gw yang isinya liquid semua karena takut disita di Bandara (walaupun akhirnya males dan yg disita malah cologne gw yg botolnya 125mL padahal sebenernya sisa liquidnya 5× semprot lagi aja abis juga kzl)

Trus punya ide pengen cari casing hp dan browsinglah gw. Toko yg gw datengin malah di Orchard lagi aja lahhh.. Namanya Scape, jadi semacam gedung buat bazzar gitu buat anak muda(?) yang mau jualan. Emang niat banget copotin kaki tiap ke Spore.. Di sana malah sakit hati, karena apa? Casing lucu yang dijual cuman buat iPhone 5 6 7, sama paling Samsung S 6 7 8. Susah emang kalo punya hp males yang mainstream karena overrated dan kemahalan.. Tapi paling entar dibeli juga hahaha...

War Memorial Park deket Raffles City
Lanjut ke sekitar Raffles City cari toko Missha (keukeuh),, Gerimis, diarahin ke tangga turun sama Google Maps yang sepi banget, yaitu pintu exit yang jarang orang lewat, pas dibuka, eh foodcourt gitu di Esplanade subway station yang dilengkapin tempat makan dan toko-toko. Rammeee ternyata. Awalnya gue pikir dalem mall dan Google Maps nya salah nunjukkin, tapi percaya aja deh, eh bener nyampe.. Padahal kalo di Jakarta aja belom tentu nyampe, bisa aja di sebrang atau malah ternyata udah pindah.. Gak salah sih ngandelin Google Maps kalo di kota yang besar.. (berasa sponsor :'D )

Trus pengen makan malem di situ ah. Perut kok berasa eneg jadi cari makan kuah-kuah. Ada yang jual semacam baso-baso steamboat gitu, beli itu aja dengan kuah bening, lumayaaan.. at least it's something i don't get in Bengkeles. Tapi gak ada yang jual minum, ribet amat sih..



Orang mah jam 7an baru keluar, gw udah mau balik hotel aja. Abis makan malem gw naek subway ke Clarke Quay Central, itu mall terdekat sama hotel gw dan emang tujuan subwaynya ke situ. Wah rameee... (yaiyalah Malming gitu!)

Kalo gue lagi pengen dessert kalo gak eskrim ya kopi atau tea latte gitu. Hunting lah di mall itu. Ada nitrogen ice cream sama japanese ice cream gitu. Toko yang eskrim nitrogen sepiii dan yang gw tau kalo eskrim nitrogen mahal banget.. Yaudah ke eskrim jepang mereknya Hokkaido. Ngantre lumayan 10 orang yaudah sabar. Akhirnya gue beli cone 2 rasa, green tea sama black sesame. Gak nyambung ya rasanya sebenernya dan mahal juga kalo dibanding di Indonesia (yaealahh) sekitar Rp60rb..
Mall ini emang dipinggir Clarke Quay banget, jadi keluar dikit udah sungai.. Ada lahan outdoornya sih sebelum sungai sekitar 5-10 meter. Pas gw ke situ ada street performance semacam sirkus individu gitu sambil pake mic sendiri dia juggling, akrobat, dst. Males nontonnya takut dimintain duit (halah)..

Selama jalan sebelum ke situ, gw mikir, kok gak nemu orang Korea sih ya di jalan. Pas lagi makan eskrim sambil duduk di kursi dalem mall, eh disamperin sepasang om-tante yang makan eskrim juga. Abis mereka pergi, eh ada 1 om sama 2 anaknya nyamperin tempat duduk gw juga. Haha lucu sih ini kebetulannya.. Si Tante mukanya mirip sama Suga BTS atau Lamuqe beauty youtuber, buat gw ngehayal aja kalo beneran.. Hahaha..

Lelah beneran akhirnya pulang ke hotel udah jam 9an. Tetep ngelewatin Indian Bar, tetep masih sepi, dan tetep ada mbak-mbak lagi headbang. Ini aneh banget buat gue hihihi.. Udah deh mandi, yutuban, trus tidur..

Besoknya kan harus di bandara jam 12 siangan :( jadi cari sarapan Mekdi (teteup) yang gampang dan pasti buka. Eh ngeliat orang Indonesia juga, yang masuk Mekdi cuman numpang ke WC doang. Beli apa kek gak modal banget kezel liatnya. Bikin rusak image turis Indonesia aja kayaknya (lebay sih,, cuman ya..).

ku SMS chaffeur-nya deh kok kamuh yang bales..
Abis sarapan, beberes, trus ke bandara deh. Awalnya naek bus aja, tapi kudu pindah bus. Dan untuk ke sekian kalinya, Google Maps bilang kalo bus yang gue bakal naekin bakal dateng lamaaa banget, seinget gue 30 menit-1jam lagi. Ya Tuhan kalo gak jam 12 sampe bandara gak akan sempet belanja huhuhu.. Trus gw coba naek Uber aja deh, pas dicek cuman 3 menit nunggu. Pesen dan gw text supirnya bilang gue di halte bus, tapi si Uber (app nya, buka si supir) balesnya aneh.. Iya sih emang gw sms dari nomer yang bukan disambungin ke akun gue, tapi kan sms nya ke hp supirnya bukan melalui Uber..?
Tapi setidaknya dateng lah supir Uber gue, mobilnya Mazda 3 yang kalo gue liat buanyyyyaaaaakkkkkk banget di jalan Spore.. Laku abis ni mobil.. Supirnya orang India.. Kayaknya ras di Spore tuh identik sama kerjaannya deh, kalo India seringnya pekerja kasar semacam konstruksi, dll. Kalo Chinese lebih di toko, atau kalo udah tua sering jadi waiter yang beresin meja atau jagain toilet. Kalo Malay macem-macem sih, sama kalo Pinoy kayaknya punya toko di Lucky Plaza Orchard.. Heuheu


Check in tapi gak naro bagasi soalnya gak bawa kunci gembok. Trus jalan-jalan di tempat yang gak perlu cek boarding pass dulu, istilahnya public area. Ada cuman resto-resto sama toko koper, ah bosen, trus masuk aja cek boarding pass sama cap paspor, di dalem atau istilahnya transit area lebih banyak toko, mau makan, shopping, de el el. Gue Maksi di Subway sebelum check paspor dan boarding pass.. Pengen semacam salami tapi ternyata pork.. Fuh ampir aja, akhirnya turkey-turkey lagi trus cuman 1 macem jadi kurang kenyang :(( . Oh iya sempet mikir dihemat-hemat makanannya karena gue tinggal punya SGD 7 yang receh, ahirnya cuman makan SGD 5, padahal bisa tambah dagingnya hiks..

untung bukan ini yang
disita imigrasi.. (google)
Masuk ke Shilla Duty Free. pengen beli Mac SFP+F tapi gak ada shade nya, akhirnya malah gak beli apa-apa. Mau ke gate jauhnyaaaaaaaaaaa jadi mau coba skytrain aja. Eh skytrain-nya lama niaaan, akhirnya udah pada masuk pesawat gw baru masuk scanner tas. Seperti biasa gw masuk lane yang lama, dan cologne gw disita karena volume botolnya 125 mL seperti yang udah gw ceritain. Untung sih itu doang yang disita, padahal gw beli sabun muka 150 mL, ada botol minum kosong Evian yang sengaja gw bawa karena niat abis di-scan mau diisi ulang pake aer minum yang buat umum yang bentuknya kayak aer mancur itu, dan lain-lainnya. Lupa siiih bawa gembok, tapi namanya juga kabur, persiapannya gak sempurna deh..




Intinya sih salah strategi ya gw kmrn tuh. Emang lebih enak kalo ke Spore naek pesawat trus pulangnya baru naek ferry (Bandara Bengkulu-Cengkareng-Changi pergi, pulangnya Harbour Front-Batam Center-Bandara Batam-Bandara Bengkulu).Kenapa? Karena pas dateng biasanya lo gak bawa apa-apa selain baju, jadi sebisa mungkin bawa tas di kabin aja. Bandara Indonesia ternyata lebih nyantai daripada Bandara Changi kalo lo bawa botol lebih dari 100 mL, sehingga lewat2 aja pas di-scan mau ke boarding room, cuman mereka maksa minum yang kita pegang (e.g. kalo lo bawa cup stabaks) untuk segera diabisin. Mungkin biar gak nyampah aja di boarding room, secara boarding room flight internasional. (abis kayaknya tiap ke Bengkeles gapernah serempong itu.. Malah pada piknik gelar tiker dan rantang di ruang tunggu..)

Udah gitu, kalo pulang naek ferry, di Harbour Front bawaan kita diceknya gak seketat kalo di Changi. Bawa koper segede alaihim waladh-dholin aamiin aja nyantai kayaknya deh. Mungkin sih suruh di-check in, cuman pas turun kita bisa langsung ambil juga si koper kita, karena disimpennya gak di kompartemen khusus kayak di pesawat, jadinya what's the point..? Selain itu, imigrasi di Changi kok ya lebih manusiawi antrinya, apa karena emang tiketnya pasti lebih mahal daripada di Harbour Front jadi orang yang pilih pesawat lebih sedikit..?

Kalo terpaksa pulangnya kudu naek pesawat juga sih boleh aja, cuman pastikan belanjaan segala macem masuk bagasi ya. Kalo misalnya beli tiker AirA**a yang belom termasuk bagasi, relakan uangmu untuk nambah bagasi perjalanan pulang, kalo bisa sih ya pas pesen tiket. Apalagi kalo emang tujuannya cuman belanja macem gue. Pernah tuh lupa beli dan baru nambah bagasi pas hari-H mau berangkat, saat check in online. Lumayan kena charge-nya lebih gedha daripada nambah pas beli tiket :'( apalagi kalo pas print boarding pass baru nambah bagasi.. Uhlala ku tak sanggup..

Strategi diatas berlaku juga kalo lo dari Jakarta, Bandung, atau yang bisa pilih antara ke Changi langsung dan lewat Batam. Misalnya kalo pesawat Changi-Jakarta siang jam 12an sementara Batam-Jakarta sore atau malem jam 17an atau malah 20an kan mending lewat Batam, bisa dilama-lamain di Spore atau maen dulu di Batam. Oh iya, tips buat yang males antri tapi mau naek ferry dari Batam ke Spore, jangan naek ferry yang arrival-nya lebih dari jam 12 siang deh kalo bisa, apalagi pas Indonesia lagi long weekend. Bisa bulukan antri imigrasinya.

No comments:

Post a Comment